•  
  •  
 

Keywords

flipbook, Islamic literacy, instructional media, 3d pageflip professional, literasi Islam, media pembelajaran fisika

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan serta mengetahui kelayakan dan kemenarikan media pembelajaran fisika berbasis literasi Islam yang dikembangkan dengan menggunakan software 3D pageflip professional. Media yang dikembangkan berupa flipbook untuk materi dinamika partikel. Hasil prapenelitian yang dilakukan di beberapa SMA terutama di MA menunjukkan bahwa perlu dikembangkan media pembelajaran berbasis literasi Islam ini. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan yang dilakukan sesuai tahapan model pengembangan ADDIE (analyze, design, development, implementation, dan evaluation). Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis literasi Islam yang sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran fisika SMA/MA.

Flipbook based on Islamic literacy: The development of physics learning media using 3D pageflip professional

Abstract

This study aims to develop and determine the feasibility and attractiveness of Islamic literacy-based physics learning media developed using professional pageflip 3D software. The media developed is a flipbook for particle dynamics material. The results of pre-research conducted in several high schools, especially in MA, show that it is necessary to develop this Islamic literacy-based learning media. This type of research is development research carried out according to the stages of the ADDIE development model (analyze, design, development, implementation, and evaluation). This study resulted in Islamic literacy-based physics learning media that was very feasible and very interesting to use as a medium of physics learning for SMA / MA.

First Page

234

Last Page

244

Page Range

234-244

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v4i2.20819

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/20819

References

Abdullah, S. B. (2008). Kitab tauhid 1. Jakarta: Daru Haq.

Agustian, N. O., Asrizal, A., & Kamus, Z. (2013). Pembuatan bahan ajar fisika berbasis web pada konsep termodinamika untuk pembelajaran menurut standar proses siswa kelas XI SMA. PILLAR OF PHYSICS EDUCATION, Vol. 2 , 9-16. doi: http://dx.doi.org/10.24036/724171074

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan konstektual. Jakarta: Prenadamedia.

Ambarwulan, D., & Muliyati, D. (2016, June 30). The design of augmented reality application as learning media marker-based for android smartphone. JPPPF (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 2(1), 73 - 80. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.02111

Anwarul, M. I. (2010). Assessing information literacy competency of information science and library management graduate students of Dhaka University. IFLA Journal , 306-316.

Arsyad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asyhari, A., & Silvia, H. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran IPA terpadu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 1-13. doi:http://dx.doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.100

Cahyati, F., & Suseno, N. (2015). Pengembangan LKS materi listrik statis berorientasi nilai Al-Qur'an untuk siswa kelas IX sekolah Muhammadiyah. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. 3(2) doi:http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v3i2.252

Diani, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter dengan model problem based instruction. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 243-255. doi:http://dx.doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.96

Diani, R. (2016). Pengaruh pendekatan saintifik berbantukan LKS terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas XI SMA Perintis 1 Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 83-93. doi:http://dx.doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.108

Diani, R. (2016). Pengembangan modul dengan pendekatan saintifik berbasis pendidikan karakter untuk kelas X SMA/MA pada materi suhu dan kalor. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Fisika.

Ghaliyah, S., Bakri, F., & Siswoyo, S. (2015). Pengembangan modul elektronik berbasis model learning cycle 7E pada pokok bahasan fluida dinamik untuk siswa SMA kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) Snf2015 (pp. 149-154).

Hamzah, N. L. (2011). Teknologi komunikasi dan informasi pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasanah, U., & Nulhakim, L. (2015). Pengembangan media pembelajaran film animasi sebagai media pembelajaran konsep fotosintesis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 1(1), 91-106. doi:http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v1i1.283

Hayati, S., Budi, A.S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan media pembelajaran flipbook fisika untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, 5 (pp. 49-54).

Hidayani, F., Rusilowati, A., & Masturi. (2016). Pengembangan bahan ajar berbasis literasi sains materi fluida statis. UNNES Physics Education Journal, 5(3), 26-31. doi: https://doi.org/10.15294/upej.v5i3.13726

Hull, S. S., & Chaparro, B. S. (2006). Usability evaluation of digital flipviewer® online flipbooks. Proceedings of the Human Factors and Ergonomics Society Annual Meeting, 50(17), 1839-1843. https://doi.org/10.1177/154193120605001726

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas IX. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95-102. doi:http://dx.doi.org/10.22216/jit.2016.v10i2.422

Kurniawati, H., Desnita, D., & Siswoyo, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis 3D pageflip fisika untuk materi getaran dan gelombang bunyi. JPPPF (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 2(1), 97-102. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.02114

Kurniasih, I., & Sari, B. (2014). Implementasi kurikulum 2013 konsep & penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Latifah, S. (2015). Pengembangan modul IPA terpadu terintegrasi ayat-ayat Al-Qur'an pada materi air sebagai sumber kehidupan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 4(2), 155-164. doi:http://dx.doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.89

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berorientasi nilai-nilai agama Islam melalui pendekatan inkuiri terbimbing pada materi suhu dan kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43-51. doi:http://dx.doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104

Lubis, I., & Ikhsan, J. (2015). Pengembangan media pembelajaran kimia berbasis android untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi kognitif peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 191 - 201. doi:https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7504

Mardayani, S, Hamdi, H., & Murtiani, M. (2013). Pengembangan bahan ajar fisika yang terintegrasi nilai-nilai ayat Al-Qur'an pada materi gerak untuk pembelajaran siswa kelas X SMA. Pillar of Physics Education. Vol. 1 (2013). doi: http://dx.doi.org/10.24036/1067171074

Miharja, F. J. (2016). Literasi Islam & literasi sains sebagai penjamin mutu kualitas manusia Indonesia di era globalisasi. Research Report, (2), 1010-1018

Miharja, F. J. (2015). Peran media pembelajaran Islam dalam mengembangkan kualitas pendidikan nasional di era global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan-Reformasi Pendidikan dalam Asean Economic Community (AEC). FKIP Universitas Jember.

Mulyadi, D., Wahyuni, S., & Handayani, R. (2016). Pengembangan media flash flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 4(4), 296 - 301. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPF/article/view/2728

Sada, H. J. (2016). Alam semesta dalam perspektif Al-Qur'an dan Hadits. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 259-276. Retrived from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/1507

Sada, H. J. (2017). Kebutuhan dasar manusia dalam perspektif pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 213-226. Retrived from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/2126

Safitri, A., Rusilowati, A., & Sunarno. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis literasi sains bertema gejala alam. UNNES Physics Education Journal, 4(2), 33-40. doi: https://doi.org/10.15294/upej.v4i2.7432

Sari, D.L, Rusilowati, & Linuwih, S. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA terpadu berbasis literasi sains bertema perpindahan kalor dalam kehidupan. UNNES Physics Education Journal , 37-42. doi: https://doi.org/10.15294/upej.v4i3.9972

Setiawan, A., Sutarto, S., & Indrawati, I. (2013). Metode praktikum dalam pembelajaran pengantar fisika SMA: studi pada konsep besaran dan satuan tahun ajaran 2012-2013. 285-290.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian dan pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sulistyani, N. H. D., Jamzuri, J., & Rahardjo, D. T. (2013). Perbedaan hasil belajar siswa antara menggunakan media pocket book dan tanpa pocket book pada materi kinematika gerak melingkar kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 164-172. Retrived from http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/1784

Susanti, M., Rusilowati, A., & Susanto, H. (2015). Pengembangan bahan ajar IPA berbasis literasi sains bertema listrik dalam kehidupan untuk kelas IX. UNNES Physics Education Journal, 4(3), 44-49. doi: https://doi.org/10.15294/upej.v4i3.9973

Syahrowardi, S., & Permana, A. H. (2016). Desain handout multimedia menggunakan 3D pageflip professional untuk media pembelajaran pada sistem android. JPPPF (Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika), 2(1), 89 - 96. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/1.02113

Wati, W., Ardian, A., & Diani, R. (2016). Pengembangan bahan ajar pembelajaran fisika berbasis pendidikan karakter dengan model pembelajaran kooperatif pada materi rotasi benda tegar. Seminar Nasional Program Studi Pendidikan Fisika.

Yuberti, Y. (2015). Peran teknologi pendidikan Islam pada era global. AKADEMIKA: Jurnal Pemikiran Islam, 20(1), 137-148. Retrieved from http://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/akademika/article/view/439

Yuda, I.G. N. H., Suma, S., & Candiasa, I.M. (2014). Pengembangan e-learning fisika dalam bentuk website berorientasi sains teknologi masyarakat untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA, 4(1), 1-11. Retrived from http://oldpasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1393

Share

COinS