•  
  •  
 

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Keywords

alat praktikum, pembiasan cahaya, kemampuan pemecahan masalah

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain alat praktikum pembiasan cahaya yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, mengetahui respon siswa terhadap alat praktikum pembaisan cahaya, dan mengetahui pengaruh penggunaan alat praktikum pembiasan cahaya terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R & D). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 di MAN 2 Rembang. Sampel yang digunakan adalah dua kelas, yaitu XI MIA 2 (kelas eksperimen) dan XI MIA 3 (kelas kontrol). Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design. Hasil uji kelayakan oleh ahli memperoleh nilai sebesar 97,5% yang berarti alat tersebut layak digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan berdasarkan tanggapan siswa yaitu sebesar 90,63% siswa setuju bahwa alat ini efektif digunakan saat pembelajaran. Berdasarkan hasil posttest yang lebih besar dibanding pretest menunjukkan bahwa alat tersebut dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) pengembangan alat yang meliputi bahan yang digunakan, desain alat, sumber cahaya, busur dan teknis penggunaan alat, (2) siswa memberikan respon positif terhadap alat praktikum pembiasan cahaya dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat praktikum pembiasan cahaya terhadap kemampuan pemechan masalah siswa.

Desaign of refraction of light practical tools to help increase the problem solving ability of students

Abstract

This research aimed to develop refraction of light practical tools that can increase the to increase problem solving ability of students, to find out the student's response to the light mixing practicum tool, and to find out the influence of refraction of light practical tool to increase problem-solving abilities. The type of this research is research and development (R & D). This research was conducted in the even semester of the academic year 2017/2018 at MAN 2 Rembang. The sample used was two classes, namely XI MIA 2 (experimental class) and XI MIA 3 (control class). Sampling technique using a purposive sampling technique. The design used in this research was quasi experimental design. The result of feasibility test by expert get value equal to 97,5% which means the tool is suitable for learning process. In addition, based on the responses of students of 90.63% of students agreed that this tool effectively used during learning process. Based on a posttest results greater than the pretest indicated that the tool can increase the problem solving ability of students. It can be seen from a posttest results greater than the pretest. This research resulted in: (1) the development of tools that covers materials used, tools design, arc, light source, and technical use of the tools, (2) the students give a positive response to refraction of light practical tools and (3) there is a significant influence on the use of refraction of light practical tools against the problem solving ability of the students.

First Page

169

Last Page

180

Page Range

169-180

Issue

2

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v4i2.20703

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/20703

References

Arief, M. K., Handayani, L., & Dwijananti, P. (2012). Identifikasi kesulitan belajar fisika pada siswa RSBI : Studi kasus di RSMABI se Kota Semarang. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I2.1354

Azhar, A. (2008). Pendidikan fisika dan keterkaitannya dengan laboratorium. Jurnal Geliga Sains, 2(1), 7-12. Retrieved from https://ejournal.unri.ac.id/index.php/JGS/article/view/1582

Azizah, N., & Edie, S. S. (2014). Pendekatan problem solving laboratory untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar siswa kelas XI MA Al Asror Gunungpati Semarang. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(3). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V3I3.4328

Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2015). Kesulitan pemecahan masalah fisika pada siswa SMA. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 5(2), 44. https://doi.org/10.26740/jpfa.v5n2.p44-50

Çal?şkan, S., Selçuk, G. S., & Erol, M. (2010). Effects of the problem solving strategies instruction on the students' physics problem solving performances and strategy usage. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 2(2), 2239-2243. https://doi.org/10.1016/J.SBSPRO.2010.03.315

Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. (2015). Conceptual problem solving in high school physics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 020106. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020106

Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode pemecahan masalah menurut polya untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematis di sekolah menengah pertama. EDU-MAT, 2(1). Retrieved from http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/603

Ifanali, I. (2014). Penerapan langkah-langkah polya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah soal cerita pecahan pada siswa kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1(2). Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3217

Irawati, D. R. (2014, September 11). Analisis penguasaan konsep fisika pada pokok bahasan besaran dan satuan kelas X SMA Negeri 1 Sale Rembang. Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://lib.unnes.ac.id/22999/

Jonassen, D. H. (2010). Research issues in problem solving. In The 11th International Conference on Education Research New Educational Paradigm for Learning and Instruction (pp. 1-15).

Jozwiak, J. (2004). Teaching problem-solving skills to adults. Journal of Adult Education, 33(1), 19. Retrieved from https://www.questia.com/library/journal/1P3-1366808331/teaching-problem-solving-skills-to-adults

Komariah, K. (2011). Penerapan metode pembelajaran problem solving model polya untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah bagi siswa kelas IX J di SMPN 3 Cimahi. In Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA 2011. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from https://eprints.uny.ac.id/7195/

Nurita, T., Hastuti, P. W., & Sari, D. A. P. (2017). Problem-solving ability of science students in optical wave courses. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 341. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.8184

Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan alat peraga kit optik serbaguna (AP-KOS) untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 189. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14496

Organisation for Economic Co-operation and Development. (2014). PISA 2012 results: Creative problem solving: Students' skills in tackling real-life problems (Volume V). OECD, Paris, France.

Polya, G. (2014). How to solve it: A new aspect of mathematical method. New Jersey, NJ.: Princeton University Press.

Rahayu, A. S., Serevina, V., & Raihanati, R. (2016). Pengembangan set praktikum pembiasan cahaya untuk pembelajaran fisika di SMA. In Prosiding Seminar Nas ional Fisika (E - Journal) SNF2016. Yogyakarta: Universitas Negeri Jakarta. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/prosidingsnf/article/view/3934/2940

Riduwan. (2007). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i1.12554

Salamah, A. A. A. (2015, November 30). Analisis miskonsepsi siswa menggunakan pendekatan kognitif menurut teori Piaget pada materi optik kelas VIII MTs NU Mu'allimat Kudus. UIN Walisongo. Retrieved from http://eprints.walisongo.ac.id/5002/

Saputri, D. F., & Nurussaniah, N. (2015). Penyebab miskonsepsi pada optika geometris. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Setyono, A., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2016). Analisis kesulitan siswa dalam memecahkan masalah fisika berbentuk grafik. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 5(3), 32-39. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V5I3.13729

Sitanggang, A. (2013). Alat peraga matematika sederhana untuk sekolah dasar. Medan: Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Sumatera Utara.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252-261. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278

Sugiyono. (2006). Statistika untuk penelitian. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sujarwanto, E., Hidayat, A., & Wartono, W. (2014). Kemampuan pemecahan masalah fisika pada modeling instruction pada siswa SMA kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.15294/jpii.v3i1.2903

Suprayitno, T. (2011). Pedoman pembuatan alat peraga kimia sederhana untuk SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Supriyadi, S., Misto, M., & Hartanti, Y. (2014). Pengukuran indeks bias minyak kelapa sawit dengan menggunakan metode difraksi Fraunhofer celah tunggal. Jurnal Ilmu Dasar, 15(2), 9 7-101.

Wahyudi, W., & Suseno, N. (2014). Efektifitas penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika kelas X semester ganjil SMAN 1 Kalirejo tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1). https://doi.org/10.24127/jpf.v2i1.109

Wakhid, F. N. (2015). Upaya peningkatan pemahaman siswa pada topik pembiasan cahaya melalui analisis pencemaran air dengan metode percobaan indeks bias. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 6(1), 128-131. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/2085

Warimun, E. S. (2012). Penerapan model pembelajaran problem solving fisika pada pembelajaran topik optika pada mahasiswa pendidikan fisika. EXACTA, 10(2), 111-114. Retrieved from http://repository.unib.ac.id/507/

Widayanti, W., & Yuberti, Y. (2018). Pengembangan alat praktikum sederhana sebagai media praktikum mahasiswa. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 2(1), 21-27. https://doi.org/10.30599/jipfri.v2i1.161

Share

COinS