Pengembangan soal penilaian tengah semester 2 mata pelajaran IPA kelas VIII sekolah menengah pertama
Keywords
Soal Penilaian Tengah Semester 2, IPA, SMP, An Assessment Test in the Middle of Semester 2, science, Junior High School
Document Type
Article
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan soal Penilaian Tengah Semester 2 untuk mengukur ketercapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII SMP, (2) mengetahui kualitas secara teoretis soal Penilaian Tengah Semester 2 IPA kelas VIII, dan (3) mengetahui kualitas secara empiris soal Penilaian Tengah Semester 2 IPA Kelas VIII menurut teori klasik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dengan tujuh langkah dari 10 langkah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi. Penelitian ini telah menghasilkan : (1) soal Penilaian Tengah Semester 2 IPA berupa soal pilihan ganda sederhana dengan empat pilihan jawaban yang terdiri dari 38 butir soal yang dihasilkan melalui prosedur tahap-tahap penelitian dan pengembangan, (2) berdasarkan validasi oleh ahli dan reviewer soal PTS 2 IPA kelas VIII merupakan soal yang valid dengan perbaikan sesuai dengan masukan dari ahli dan reviewer; (3) berdasarkan uji coba empiris kualitas soal Penilaian Tengah Semester 2 menurut teori klasik terdiri dari 38 butir soal yang valid dengan tingkat reliabilitas? = 0,839 yaitu dalam kategori sangat baik.
Developing an assessment test in the middle of semester 2 in the VIII science class of junior high school
Abstract: This study aims to: (1) develop the Middle Semester 2 assessment questions to measure the achievement of science competencies of class VIII junior high school students, (2) know the theoretical quality of the Middle Semester 2 Science class VIII Middle Assessment questions, and (3) determine the empirical quality of the questions Middle Semester 2 Science Assessment Class VIII according to classical theory. This research is a research and development which is adapted with seven steps from the 10 steps of the Borg & Gall research and development model which includes: (1) preliminary research, (2) planning, (3) initial product development, (4) small group trials, (5) revisions, (6) field trials, and (7) revisions. This research has resulted in: (1) Middle Semester 2 Science Assessment questions in the form of simple multiple-choice questions with four answer choices consisting of 38 items produced through the research and development stages procedure, (2) based on validation by experts and question reviewers PTS 2 IPA class VIII is a valid question with corrections according to input from experts and reviewers; (3) based on an empirical trial of the quality of the Middle Semester 2 assessment items according to classical theory consists of 38 valid items with a reliability level of? = 0.839 which is in the very good category.
First Page
34
Last Page
46
Page Range
34-46
Issue
1
Volume
7
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jipi.v7i1.38852
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/38852
Recommended Citation
Hartini, H. (2021). Pengembangan soal penilaian tengah semester 2 mata pelajaran IPA kelas VIII sekolah menengah pertama. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 7(1), 34-46. https://doi.org/10.21831/jipi.v7i1.38852
References
Alika, M. F., Darsono, T., & Linuwih, S. (2018). Pengembangan soal model PISA untuk mengukukur kemampuan bepikir tingkat tinggi siswa SMP pada materi pemanasan global. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 58-65. https://doi.org/10.15294/upej.v7i3.27678
Anderson, T.W. & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, Adn Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives, Abriged Edition. New York: Addison Wesly Longman, Inc.
Anggraini, S., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan instrumen penilaian ulangan harian online untuk mengukur penguasaan materi fisika dan mengetahui respon belajar peserta didik SMA. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(2), 155-163.
Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skill, Seventh Edition. Boston: Allyn and Bacon.
Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.
Gronlund, N. E. (1998). Assessment' of Student Achievement (6th ed.). Boston: Allyn Bacon.
Gronlund, N. E. & Linn, R. L. (1987). Measurement and Elvaluation in Education. New York: MacMillan Publishing Company.
Hartini, H., & Sukardjo, S. (2015). Pengembangan higher order thinking multiple choice test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis IPA kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 86-101. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4535
Liu, F. (2010). Essentials of Science Classroom Assessment. Los Angeles: Sage Publications Ltd.
Kemendikbud. (2011) Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.
Kemendikbud. (2019). Modul Pengembangan Penilaian oleh Pendidik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan
Martin, R., Sexton, C., Franklin, T., & Gerlovich, J. (2005). Teaching Science for All Student Inquiry Methods for Constructing Understanding. Boston: Pearson.
Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of student (6th ed.) Boston: Pearson Education, Inc.
Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan soal penalaran model TIMSS untuk mengukur high order thinking (HOT). THABIEA: Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3874
Sukardjo. (2012). Buku Pegangan Kuliah Bahan Pembelajaran IPA untuk Mahasiswa S2 Program Studi Sains. (Tidak diterbitkan) Yogyakarta: Universitas Negeri Yogykarta.
Surapranata, S. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suwanto. (2011) Teori tes klasik dan teori tes modern (Versi elektronik). Widyatama, 20, 69-78.
Zulaiha, R. (2008). Bagaimana Menganalisis Soal dengan Program Iteman. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.