•  
  •  
 

Keywords

Soal Penilaian Tengah Semester 2, IPA, SMP, An Assessment Test in the Middle of Semester 2, science, Junior High School

Document Type

Article

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan soal Penilaian Tengah Semester 2 untuk mengukur ketercapaian kompetensi IPA peserta didik kelas VIII SMP, (2) mengetahui kualitas secara teoretis soal Penilaian Tengah Semester 2 IPA kelas VIII, dan (3) mengetahui kualitas secara empiris soal Penilaian Tengah Semester 2 IPA Kelas VIII menurut teori klasik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dengan tujuh langkah dari 10 langkah model penelitian dan pengembangan Borg & Gall yang meliputi: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba kelompok kecil, (5) revisi, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi. Penelitian ini telah menghasilkan : (1) soal Penilaian Tengah Semester 2 IPA berupa soal pilihan ganda sederhana dengan empat pilihan jawaban yang terdiri dari 38 butir soal yang dihasilkan melalui prosedur tahap-tahap penelitian dan pengembangan, (2) berdasarkan validasi oleh ahli dan reviewer soal PTS 2 IPA kelas VIII merupakan soal yang valid dengan perbaikan sesuai dengan masukan dari ahli dan reviewer; (3) berdasarkan uji coba empiris kualitas soal Penilaian Tengah Semester 2 menurut teori klasik terdiri dari 38 butir soal yang valid dengan tingkat reliabilitas? = 0,839 yaitu dalam kategori sangat baik.

Developing an assessment test in the middle of semester 2 in the VIII science class of junior high school

Abstract: This study aims to: (1) develop the Middle Semester 2 assessment questions to measure the achievement of science competencies of class VIII junior high school students, (2) know the theoretical quality of the Middle Semester 2 Science class VIII Middle Assessment questions, and (3) determine the empirical quality of the questions Middle Semester 2 Science Assessment Class VIII according to classical theory. This research is a research and development which is adapted with seven steps from the 10 steps of the Borg & Gall research and development model which includes: (1) preliminary research, (2) planning, (3) initial product development, (4) small group trials, (5) revisions, (6) field trials, and (7) revisions. This research has resulted in: (1) Middle Semester 2 Science Assessment questions in the form of simple multiple-choice questions with four answer choices consisting of 38 items produced through the research and development stages procedure, (2) based on validation by experts and question reviewers PTS 2 IPA class VIII is a valid question with corrections according to input from experts and reviewers; (3) based on an empirical trial of the quality of the Middle Semester 2 assessment items according to classical theory consists of 38 valid items with a reliability level of? = 0.839 which is in the very good category.

First Page

34

Last Page

46

Page Range

34-46

Issue

1

Volume

7

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v7i1.38852

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/38852

References

Alika, M. F., Darsono, T., & Linuwih, S. (2018). Pengembangan soal model PISA untuk mengukukur kemampuan bepikir tingkat tinggi siswa SMP pada materi pemanasan global. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 7(3), 58-65. https://doi.org/10.15294/upej.v7i3.27678

Anderson, T.W. & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, Adn Assessing: A Revision of Bloom's Taxonomy of Educational Objectives, Abriged Edition. New York: Addison Wesly Longman, Inc.

Anggraini, S., & Ruwanto, B. (2017). Pengembangan instrumen penilaian ulangan harian online untuk mengukur penguasaan materi fisika dan mengetahui respon belajar peserta didik SMA. E-Journal Pendidikan Fisika, 6(2), 155-163.

Chiappetta, E. L. & Koballa, T. R. (2010). Science Instruction in The Middle and Secondary Schools: Developing Fundamental Knowledge and Skill, Seventh Edition. Boston: Allyn and Bacon.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th ed.). New York: Longman Inc.

Gronlund, N. E. (1998). Assessment' of Student Achievement (6th ed.). Boston: Allyn Bacon.

Gronlund, N. E. & Linn, R. L. (1987). Measurement and Elvaluation in Education. New York: MacMillan Publishing Company.

Hartini, H., & Sukardjo, S. (2015). Pengembangan higher order thinking multiple choice test untuk mengukur keterampilan berpikir kritis IPA kelas VII SMP/MTs. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 86-101. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4535

Liu, F. (2010). Essentials of Science Classroom Assessment. Los Angeles: Sage Publications Ltd.

Kemendikbud. (2011) Panduan Pengembangan Pembelajaran IPA Secara Terpadu. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar.

Kemendikbud. (2019). Modul Pengembangan Penilaian oleh Pendidik Mata Pelajaran Bahasa Inggris Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan

Martin, R., Sexton, C., Franklin, T., & Gerlovich, J. (2005). Teaching Science for All Student Inquiry Methods for Constructing Understanding. Boston: Pearson.

Nitko, A. J. & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of student (6th ed.) Boston: Pearson Education, Inc.

Nurwahidah, I. (2018). Pengembangan soal penalaran model TIMSS untuk mengukur high order thinking (HOT). THABIEA: Journal of Natural Science Teaching, 1(1), 20-29. http://dx.doi.org/10.21043/thabiea.v1i1.3874

Sukardjo. (2012). Buku Pegangan Kuliah Bahan Pembelajaran IPA untuk Mahasiswa S2 Program Studi Sains. (Tidak diterbitkan) Yogyakarta: Universitas Negeri Yogykarta.

Surapranata, S. (2009). Analisis, Validitas, Reliabilitas, dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwanto. (2011) Teori tes klasik dan teori tes modern (Versi elektronik). Widyatama, 20, 69-78.

Zulaiha, R. (2008). Bagaimana Menganalisis Soal dengan Program Iteman. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Share

COinS