•  
  •  
 

Keywords

meta-analisis, model pembelajaran kooperatif, effect size, pembelajaran Biologi

Document Type

Article

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Metode yang digunakan adalah meta-analisis yaitu analisis hasil-hasil penelitian yang telah dipublikasikan secara nasional yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Dari 70 jurnal mengenai pembelajaran kooperatif dianalisis lebih lanjut sebanyak lima belas jurnal nasional terakreditasi sinta 1 sampai 3 yang diterbitkan pada rentang tahun 2010-2019 pada jenjang SMP dan SMA, yang membahas penenelitian eksperimen penggunaan model pembelajaran kooperatif terhadap pembelajaran Biologi. Instrumen penulisan berupa lembar pengkodean yang merangkum data dan informasi jurnal. Berdasarkan analisis nilai pengaruh secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata besar pengaruh sebesar 0,30 yang berarti dalam kategori efek besar. Temuan analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif memberikan pengaruh dan efektif pada jenjang SMP dan SMA, juga pada semua wilayah penelitian yaitu Jawa, Kalimantan dan Sumatera, serta pada variabel terikat, dan berbagai jenis metode kooperatif yang digunakan. Hal ini menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran kooperatif lebih efektif digunakan dalam pembelajaran Biologi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dalam studi ini.

Meta-Analysis of Cooperative Learning in Indonesia'


Abstract: This study aimed to analyze the effect of cooperative learning models on Biology learning. The method used is a meta-analysis that is analyzing research results that have been published nationally related to the use of cooperative learning models for Biology learning. From the 70 journals on cooperative learning, further analyzed were fifteen national journals accredited by Sinta 1 to 3 published between 2010-2019 at the junior and senior high school levels, which discussed experiments using cooperative learning models in Biology learning. The writing instrument is a coding data that summarizes the journal data and information. Based on the analysis of the overall effect value, the average value of the influence is 0.30 which means that it is in the large effect category. The findings of the analysis also show that the cooperative learning model is influential and effective at the junior and senior high school levels, as well as in all research areas, namely Java, Kalimantan and Sumatra, as well as on the dependent variable and various types of cooperative methods used. This shows the conclusion that the cooperative learning model is more effective in learning biology compared to the conventional learning model in this study

First Page

106

Last Page

115

Page Range

106-115

Issue

1

Volume

7

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v7i1.39574

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/39574

References

Aisyah, S., & Ridlo, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran jigsaw dan problem based learning terhadap skor keterampilan metakognitif siswa pada mata pelajaran biologi. Unnes Journal Bioloy Education, 4(1), 22-28. https://doi.org/10.15294/jbe.v4i1.5229

Alamsyah, M & Yulistiana. (2017). Peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan alam pada siswa dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA. 7(2), 180-189. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1803

Amanningrum, W. K., Susilowati, S. E. M, & Setiati, N. (2016). Efektivitas TGT dengan quick and smart terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 5(3), 286-293. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14862

Anisa, A. (2017). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik melalui pembelajaran IPA berbasis potensi lokal Jepara. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 1-11. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i1.8607

Anugraheni, I. (2018). Meta analisis model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis di sekolah dasar (A Meta-Analysis of Problem-Based Learning Models in Increasing Critical Thinking Skills in Elementary Schools). Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(1), 9-18.

Arikunto, Suharsimi. (1985). Memacu Pelaksanaan Cara Belajar Siswa Aktif (CBSA) Melalui Pelayanan Supervisi. Cakrawala Pendidikan, 4(2), 20-31. https://dx.doi.org/10.21831/cp.v2i2.7414

Asror, A. H. (2016). Meta-Analisis: PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 508-513.

Boisandi & Darmawan, H. (2017). Meta analisis pengaruh penerapan pembelajaran berbasis konstruktivisme pada materi fisika di Kalimantan Barat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 179-185. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1762

Boleng, D. T. (2014). Pengaruh model pembelajaran cooperative script dan think-pair-share terhadap keterampilan berpikir kritis, sikap sosial, dan hasil belajar kognitif biologi siswa SMA Multietnis. Jurnal Pendidikan Sains, 2(2), 76-84.

Cahyani, N. P., Dantes, N., & Rati, N. W. (2020). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar IPS. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 362-370. http://dx.doi.org/10.23887/jppp.v4i3.27410

Dahlan, S. (2012). Pengantar Meta-Analisis Seri 12: Disertai Aplikasi Meta-Analisis dengan Menggunakan Program Excel. Jakarta: PT. Epidemiologi Indonesia.

Dewi, L. R. (2014). Pembelajaran student team achievement divisions (stad) dan group investigation (GI) pada materi pokok ekosistem ditinjau dari sikap peduli lingkungan siswa. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 3(1), 107-116. https://doi.org/10.26877/bioma.v3i1,%20April.654

Ernawati, R., Toharudin, U., &an Ibrahim, Y. (2017). Penerapan model pembelajaran aktif-kooperatif tipe LSA terhadap peningkatan hasil belajar siswa SMA pada subkonsep sistem imun manusia. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi (BiosferJPB), 10(2), 12-29. https://doi.org/10.36989/didaktik.v2i1.40

Febriyani, S., Isnaeni, W., & Irsadi, A. (2016). Pengaruh penerapan strategi bioedutainment model teams games tournament pada pembelajaran materi alat indera manusia terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa. Journal of Biology Education, 5(3), 330-337. https://doi.org/10.15294/jbe.v5i3.14867

Gravetter, F. J., & Wallnau, L. B. (2004). Statistics for the Behavioral Sciences: A Short Course and Students Manual. University Press of America.

Hadi, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitaif untuk Akuntansi Keuangan. Yogyakarta: Ekonisia.

Hilk, C. L. (2013). Effects of Cooperative, Competitive, and Individualistic Learning Structures on College Student Achievement and Peer Relationships: A Series of Meta-Analyses. Retrieved from the University of Minnesota digital Conservancy.

Huda, M. (2017). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, cet. 12.

Isjoni. (2016). Cooperative Learning: Efektivitas Pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabeta.

Johnson, D. W., Maruyama, G., Johnson, R., Nelson, D., & Skon, L. (1981). Effects of cooperative, competitive, and individualistic goal structures on achievement: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 89(1), 47-62. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0033-2909.89.1.47

Kadir. (2017). Meta-analysis of the effect of learning intervention toward mathematical thinking on research and publication of students. Tarbiyah Journal of Education in Muslim Society. 4(2), 162-175. http://dx.doi.org/10.15408/tjems.v4i2.8010

Kristin, F. (2018). Meta-analisis pengaruh model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar IPS. Refleksi Edukatika; Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 171-176. https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2356

Lie, A. (2004). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Marpuah, S., Rahayuningsih, M., & Sukaesih, S. (2015). Efektivitas model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dengan mind mapping. Journal of Biology Education, 4(3), 244-250. https://doi.org/10.15294/jbe.v4i3.9548

Marti, S & Pandjaitan, R. G. P. (2014). Efektivitas pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan media visual terhadap hasil bealajar siswa pada materi organisasi kehidupan di kelas VII SMP Rehoboth. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 5(2), 21-27. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v5i2.13336

Muthi'ah, A., Anwar, Y., & Santoso, L. M. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan kognitif dan keterampilan sosial di sekolah menengah atas. Edusains, 10(1), 58-64. https://doi.org/10.15408/es.v10i1.7148

Newmann, F. M., & Thompson, J. A. (1987). Effect of Cooperative Learning on Achievement in Secondary Schools: A Summary of Research. Wahington: Wisconsin Center for Education Research.

Nurdayanti, I., Endang, S. M., Susilowati & Sukaesih, S. (2012). Pembelajaran kooperatif tipe berpikir berpasangan berempat dengan bantuan catatan terbimbing materi pengelolaan lingkungan. Journal of Biology Education. 1(1). 60-65. https://doi.org/10.15294/jbe.v1i1.382

Nurdyanto, H. E., Indana, S & Agustini, R. (2017). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) dengan pendekatan spices continuing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPP-IPA), 2(2), 58-65. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p58-65

Piaget, J. (1964). Cognitive development in children: Development and learning. Journal of Research in Science Teaching, 2, 176-186.

Roviati, E. (2012). Pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajat biologi dengan pengantar bahasa inggris pada siswa SMA RSBI. Jurnal Scientiae Educatia, 1(1), 1-17. http://dx.doi.org/10.24235/sc.educatia.v1i1.469

Setyowati, B. E., Widiyatmoko, A., & Sarwi. (2015). Efektivitas model pembelajaran kooperatif jigsaw ii berbantuan LKS untuk meningkatkan pemahaman konsep dan karakter siswa. Unnes Science Education Journal, 4(3), 982-989. https://doi.org/10.15294/usej.v4i3.8844

Slavin, R. A. (2011). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Terj. dari Cooperative Learning: Theory, Research and Practice oleh Narulita Yusron. Bandung: Nusa Media.

Suryanda, A., Azrai, E.P., & Wari, N. (2016). Pengaruh penerapan model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan berpikir analisis siswa pada materi pencemaran lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37-44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6

Syafrial. (2018). Meta-Analisis Cooperative Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA/Fisika Siswa. JoTaLP: Journal of Teaching and Learning Physics, 3(1), 27-33. https://doi.org/10.15575/jotalp.v3i1.6550

Widodo, A., & Nurhayati, L. (2005) Tahapan Pembelajaran yang Konstruktivis: Bagaimanakah Pembelajaran Sains di Sekolah? In Seminar Nasional Pendidikan IPA. (Universitas Pendidikan Indonesia) Bandung.

Share

COinS