•  
  •  
 

Keywords

Kesiapan mahasiswa, e-learning, Covid-19, pandemic Covid-19, Student's readiness, e-learning

Document Type

Article

Abstract

Efektivitas dari penerapan e-learning di perguruan tinggi pada situasi pandemi Covid 19 dipengaruhi beberapa faktor. Faktor yang paling penting adalah kesiapan mahasiswa menggunakan ­e-learning dalam proses perkuliahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa pendidikan fisika dalam menggunakan e-learning. Dengan mengetahui tingkat kesiapan mahasiswa, dosen dan pemangku kebijakan dapat mempersiapkan kebijakan pengembangan lebih lanjut. Metode yang digunakan adalah survei. Kesiapan mahasiswa menggunakan e-learning diukur dengan menggunakan angket kesiapan mahasiswa. Angket kesiapan mahasiswa yang dikembangkan berdasarkan pada instrumen model Aydin dan Tasci. Angket kesiapan mahasiswa ini memiliki 25 pernyataan dengan 4 indikator. 75 mahasiswa pendidikan fisika dilibatkan dalam penelitian ini. Hasil pengisian angket dianalisis dengan menggunakan metode suksesif interval kemudian dikategorikan ke dalam skala penilaian kesiapan e-learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika UNY termasuk dalam kategori siap pada 3 indikator dan tidak siap pada 1 indikator. Hal ini dapat dijadikan evaluasi bagi para dosen dan pemangku kebijakan agar kesiapan mahasiswa dapat lebih ditingkatkan.

Analysis of e-learning readiness on physics education students during Covid-19 pandemic

Abstract

The effectiveness of e-learning implementation in University during Covid-19 Pandemic is depending on several factors. The most important factor is the readiness of students using e-learning in the studying process. The aim of this research is to know physics education student's readiness in using e-learning. By knowing student's e-learning readiness, lecturer and stakeholders would be able to prepare further development of e-learning. The method in this research is survey method. Student's e-learning readiness is measured by using student's e-learning readiness questionnaire. This questionnaire is developed based on Aydin and Tasci Model. This questionnaire has 25 statements and 4 indicators. 75 students involved in this research. The results are analyzed using successive interval method then categoryzed using e-learning readiness scale. The results show that Physics Education Students of UNY are ready in 3 indicators and not ready in only 1 indicator. This result could be an evaluation for lecturers and stakeholders to increase student's e-learning readiness.

First Page

59

Last Page

70

Page Range

59-70

Issue

1

Volume

6

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v6i1.31562

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/31562

References

Al-Said, K. M. (2015). Students' perceptions of edmodo and mobile learning and their real barriers towards them. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 14(2), 167-180. http://www.tojet.net/articles/v14i2/14220.pdf

Ali, M., Djatmiko, I. W., Sigit, Y., & Munir, M. (2010). Studi pemanfaatan e-learning sebagai media pembelajaran guru dan siswa SMK di Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Angraini, A., & Suryadi, D. (2015). Pengukuran tingkat kesiapan penerapan e-learning menggunakan TRI (Technology Readiness Index), Studi kasus: UIN SUSKA Riau. Sisfo, 05(03). https://doi.org/10.24089/j.sisfo.2015.03.003

Aydin, C. H., & Tasci, D. (2005). Measuring readinesss for e-learning: Reflection from emerging country. Educational Technology and Society Journal, 8(4), 244-257. https://www.learntechlib.org/p/75035/

Azwar, S. (2015). Reliabilitas dan validitas. Pustaka Pelajar.

Dinata, P. A. C., Suparwoto, S., & Sari, D. K. (2020). Problem-based online learning assissted by whatsapp to facilitate the scientific learning of 2013 Curriculum. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 1. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i1.7647

Fariani, R. I. (2013). Pengukuran tingkat kesiapan e-learning (e-learning readiness) (Studi kasus pada perguruan tinggi ABC di Jakarta). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 1(1). https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/3063

Faslah, R., & Santoso, H. B. (2017). Analisis kesiapan implementasi e-learning menggunakan e-learning readiness model. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(2), 113. https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.431

Hasan, B. (2017). Teaching elementary mathematics using power point based screencast O-Matic videos. INA-Rxiv. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/728V9

Lawshe, C. H. (1975). A quantitative approach to content validity. Personnel Psychology, 28(4), 563-575. http://caepnet.org/~/media/Files/caep/knowledge-center/lawshe-content-validity.pdf

Muthuchamy, I., & Thiyagu, K. (2011). Technology and teaching: Learning skills. Gyan Publishing House.

Ravitz, J., & Blazevski, J. (2014). Assessing the role of online technologies in project-based learning. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 8(1). https://doi.org/10.7771/1541-5015.1410

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020a). Instruksi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran, layanan akademik, dan layanan umum untuk pencegahan penyebaran Covid-19 di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020b). Keputusan Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 31.16/UN34/III/2020 tentang tim Covid-19 Crisis Center (3C). Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020c). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2020 tentang antisipasi penyebaran virus corona di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020d). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 2 Tahun 2020 tentang kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020e). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 3 Tahun 2020 sebagai tindak lanjut dari Instruksi Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2020 tentang pelaksanaan kegiatan pembelajaran, layanan akademik, dan layanan umum untuk pencegaha. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta. (2020f). Surat Edaran Rektor Universitas Negeri Yogyakarta Nomor 9 Tahun 2020 tentang pelaksanaan perkuliahan semester genap 2019/2020 pada masa tanggap darurat bencana Covid-19 di Universitas Negeri Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosenberg, M. J., & Foshay, R. (2002). E-learning: Strategies for delivering knowledge in the digital age. Performance Improvement, 41(5), 50-51. https://doi.org/10.1002/pfi.4140410512

Setiaji, B., & Jumadi, J. (2018). Developing physics subject-spesific pedagogy on problem based learning model assisted by e-learning to enhance student's scientific literacy skill. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), 37(3). https://www.gssrr.org/index.php/JournalOfBasicAndApplied/article/view/8933

Setiawan, R., Mardapi, D., Pratama, A., & Ramadan, S. (2019). Efektivitas blended learning dalam inovasi pendidikan era industri 4.0 pada mata kuliah teori tes klasik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27259

Setyoningsih, S. (2015). E Learning: Pembelajaran interaktif berbasis teknologi informasi. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1443

Shawar, B. A. A., & Al-Sadi, J. A. (2010). Learning management systems: Are they knowledge management tools? International Journal of Emerging Technologies in Learning (IJET), 5(1). https://doi.org/10.3991/ijet.v5i1.887

Wannemacher, K. (2006). Functional differentiation of incentives for e-teaching at universities. Current Developments in Technology-Assisted Education, 72-76.

Wardono, Waluya, S. B., Mariani, S., & Candra D, S. (2016). Mathematics literacy on problem-based learning with Indonesian realistic mathematics education approach assisted e-learning edmodo. Journal of Physics: Conference Series, 693, 012014. https://doi.org/10.1088/1742-6596/693/1/012014

Waryanto, N. H., & Insani, N. (2013). Tingkat kesiapan (readiness) implementasi e-learning di sekolah menengah atas Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 117-124. https://doi.org/10.21831/jpms.v2i2.2478

World Health Organization. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait Coronavirus. Who.Int. https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19)Situation Report -71. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200331-sitrep-71-covid-19.pdf?sfvrsn=4360e92b_8

Share

COinS