Keywords
upaya peningkatan, problem based learning, kemandirian belajar, edmodo
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaaran problem based learning yang dibantu dengan media edmodo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode eksperimen dengan desain penelitian one grup pretest posttest. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI penjurusan MIPA SMA Negeri 1 Demak tahun ajaran 2017/2018. Aspek kemandirian yang diteliti meliputi aspek persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kemandirian belajar, wawancara terhadap siswa dengan kemandirian rendah, sedang, dan tinggi, angket respon siswa, dan lembar keterlaksanaan pembelajaran untuk mengetahui tingkat keefektifan penerapan model problem based learning berbantuan edmodo. Berdasarkan analisis hasil penelitian tingkat keefektifan pelaksanaan pembelajaran dengan model problem based learning berbantuan edmodo adalah 94,11%. Peningkatan kemandirian belajar diketahui dengan menggunakan uji n-gain didapatkan hasil sebesar 0,32 dengan kriteria sedang. Peningkatan kemandirian yang paling optimal terjadi pada indikator evaluasi kegiatan belajar dan penarikan kesimpulan pengalaman belajar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi edmodo dalam pembelajaran dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa.
Efforts to increase student self-regulated learning with problem-based learning model use Edmodo
Abstract
The purpose of this study is to improve students' self-regulated learning by applying model problem based learning use edmodo. The research method is experimental method with one group pretest posttest research design. The subjects of the study were the students of science class grade XI of SMA Negeri 1 Demak academic year 2017/2018. The aspects of self-regulated learning examined include aspects of preparation, implementation, and evaluation. Data collection techniques used questionnaire of self-regulated learning, interviews of students with low, middle, and high self-regulated learning, student response questionnaires, and learning activity sheet to determine the level of effectiveness of the implementation of problem-based learning model use edmodo. Based on the analysis of research results, the effectiveness level of learning implementation with problem based learning model use edmodo is 94.11%. Increased learning independence is known by using the n-gain test results obtained by 0.32 with middle criteria. The most optimal improvement of independence occurs in indicators of evaluation of learning activities and conclusions of learning experiences. So it can be concluded that the use of edmodo applications in learning can improve student's self-regulated learning.
First Page
69
Last Page
78
Page Range
69-78
Issue
1
Volume
5
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jipi.v5i1.18707
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/18707
Recommended Citation
Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69-78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707
References
Afandi, A. (2011). Pembelajaran biologi menggunakan pendekatan metakognitif melalui model reciprocal taching dan problem-based learning ditinjau dari kemandirian belajar dan kemampuan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(2), 1-8. https://doi.org/10.26418/jpmipa.v2i2.2182
Basori, B. (2013). Pemanfaatan social learning network "Edmodo" dalam membantu perkuliahan teori bodi otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 6(2). https://doi.org/10.20961/jiptek.v6i2.12562
Bidaki, M. Z., Naderi, F., & Ayati, M. (2013). Effects of mobile learning on paramedical students' academic achievement and self-regulation. Future of Medical Education Journal, 3(3), 24-28. https://doi.org/10.22038/fmej.2013.1524
Boekaerts, M., Zeidner, M., & Pintrich, P. R. (1999). Handbook of self-regulation. Elsevier.
Buyung, B. (2017). Analisis keterlaksanaan model problem-based learning (PBL) dan pengaruhnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis di SMA. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Retrieved from http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/8
Elfeky, A. I. M., & Masadeh, T. S. Y. (2016). The effect of mobile learning on students' achievement and conversational skills. International Journal of Higher Education, 5(3). https://doi.org/10.5430/ijhe.v5n3p20
Ellianawati, E., & Subali, B. (2012). Penerapan model praktikum problem solving laboratory sebagai upaya untuk memperbaiki kualitas pelaksanaan praktikum fisika dasar. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2). https://doi.org/10.15294/jpfi.v6i2.1119
Endedijk, M. D., Brekelmans, M., Sleegers, P., & Vermunt, J. D. (2016). Measuring students' self-regulated learning in professional education: bridging the gap between event and aptitude measurements. Quality & Quantity, 50(5), 2141-2164. https://doi.org/10.1007/s11135-015-0255-4
Fadhillah, N., & Faradina, S. (2016). Hubungan kelekatan orangtua dengan kemandirian remaja SMA di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Psikologi, 1(4). Retrieved from http://jim.unsyiah.ac.id/Psikologi/article/view/1429
Fidiana, L., Subali, B., & Jananti, P. D. (2012). Pembuatan dan implementasi modul praktikum fisika berbasis masalah untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas XI. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(2), 38-44. https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I2.1377
Lee, C., Yeung, A. S., & Ip, T. (2017). University english language learners' readiness to use computer technology for self-directed learning. System, 67, 99-110. https://doi.org/10.1016/J.SYSTEM.2017.05.001
Munawaroh, R., Subali, B., & Sopyan, A. (2012). Penerapan model project-based learning dan kooperatif untuk membangun empat pilar pembelajaran siswa SMP. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V1I1.773
Nurdani, A. R. (2016). Penggunaan media Edmodo untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar-dasar perhitungan survei pemetaan kelas X Geomatika SMK N 3 Salatiga dan SMK N 1 Kedungwuni Pekalongan. Universitas Negeri Semarang.
Oktavera, S. (2015). Pengaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 327-338. Retrieved from http://pps.unj.ac.id/journal/jpd/article/view/342
Rizkianingsih, R., Sukisno, M., & Susilo, S. (2013). Pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan inkuiri pada pokok bahasan pemantulan cahaya kelas VIII MTs. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 2(3). https://doi.org/10.15294/UPEJ.V2I3.2930
Rogers, Y., & Price, S. (2008). The role of mobile devices in facilitating collaborative inquiry in Situ. Research and Practice in Technology Enhanced Learning, 03(03), 209-229. https://doi.org/10.1142/S1793206808000525
Sahin, A., Top, N., & Delen, E. (2016). Teachers' first-year experience with chromebook laptops and their attitudes towards technology integration. Technology, Knowledge and Learning, 21(3), 361-378. https://doi.org/10.1007/s10758-016-9277-9
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Selçuk, G. S. (2010). The effects of problem-based learning on pre-service teachers achievement, approaches and attitudes towards learning physics. International Journal of Physical Sciences, 5(6), 711-723.
Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi madrasah aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427
Sungur, S., & Tekkaya, C. (2006). Effects of problem-based learning and traditional instruction on self-regulated learning. The Journal of Educational Research, 99(5), 307-320. https://doi.org/10.3200/JOER.99.5.307-320
Tahar, I., & Enceng, E. (2006). Hubungan kemandirian belajar dan hasil belajar pada pendidikan jarak jauh. Jurnal Pendidikan Dan Jarak Jauh, 7(2), 91-101.
Vassallo, S. (2011). Implications of institutionalizing self-regulated learning: An analysis from four sociological perspectives. Educational Studies, 47(1), 26-49. https://doi.org/10.1080/00131946.2011.540984
Verstegen, D. M. L., de Jong, N., van Berlo, J., Camp, A., Könings, K. D., van Merriënboer, J. J. G., & Donkers, J. (2016). How e-learning can support PBL groups: A literature review. In Educational Technologies in Medical and Health Sciences Education (pp. 9-33). Springer, Cham. https://doi.org/10.1007/978-3-319-08275-2_2
Virgiana, N. A. (2015). Hubungan kemandirian belajar dan pemanfaatan media pembelajaran dengan hasil belajar siswa kelas X pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Talun. Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sejarah/article/view/44616
Yuanita, L. (2016). Efektifitas problem based learning berbantuan Edmodo untuk meningkatkan prestasi belajar fisika studi pada suhu dan kalor kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Tunas Bangsa Wanareja. In ReTII. Retrieved from https://journal.itny.ac.id/index.php/ReTII/article/view/446
Zimmerman, B. J. (2008). Investigating self-regulation and motivation: Historical background, methodological developments, and future prospects. American Educational Research Journal, 45(1), 166-183. https://doi.org/10.3102/0002831207312909