•  
  •  
 

Keywords

perangkat pembelajaran biologi, ecotourism, keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan kegiatan ecotourism dari aspek isi, penyajian, kebahasaan dan kegrafisan berdasarkan hasil validasi, (2) aspek biologis perkebunan buah naga Sabila Farm sebagai sarana kegiatan belajar bagi peserta didik, (3) kualitas pembelajaran dengan kegiatan ecotourism untuk mengukur keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan peserta didik, (4) kelayakan dan kesesuaian perangkat pembelajaran dengan kegiatan ecotourism yang dikembangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) model Borg & Gall dengan melaksanakan: studi pendahuluan, desain produk, penyusunan draft penelitian, validasi instrumen, uji coba dan revisi produk, dan penyempurnaan produk akhir. Subjek coba dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Pakem kelas X MIA 2 dan X MIA 3. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dengan kegiatan ecotourism yang dikembangkan, berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan memiliki kualitas baik, (2) perkebunan buah naga Sabila Farm mempunyai potensi biologis untuk menunjang pembelajaran biologi kelas X SMA pada materi keanekaragaman hayati, (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan kegiatan ecotourism dapat mengukur keterampilan proses sains dan sikap peduli lingkungan peserta didik. Penerapan produk yang dikembangkan mampu mengukur keterampilan proses sains peserta didik dengan kategori baik. Penerapan produk yang dikembangkan juga mampu menanamkan kepedulian lingkungan dengan kategori baik, (4) perangkat pembelajaran dengan kegiatan ecotourism dinyatakan layak dan sesuai untuk proses pembelajaran biologi.

Kata kunci: perangkat pembelajaran biologi, ecotourism, keterampilan proses sains, sikap peduli lingkungan


Biological learning kits for ecotourism activity for sharping science process skills and attitude of environment awareness


Abstract

This study aimed to determine: (1) the quality of ecotourism learning kits from aspects of content, presentation, linguistic, and design based on the results of the validation, (2) biological aspects at dragon fruit Sabila Farm as learning activity for students, (3) quality of learning with ecotourism to measure science process skills and environment awareness, (4) the feasibility and suitability of ecotourism to the learning process. This research was development research developed by Borg & Gall. The steps of the development included: preliminary study, designing product, constructing research draft, validating the instruments, small-scale field testing and revision, main field testing and revision, and making final product. The subjects of the research were the student of SMA 1 Pakem, class X MIA 2 and X MIA 3. The data obtained in this study were the qualitative and quantitative data. The results of this study indicate: (1) The product of the ecotourism learning kits developed, based on validation results as whole has a good quality. (2) Dragon fruit Sabila Farm has a biological potential to support the learning biology in Xth grade students for biodiversity theme, (3) Biological learning ecotourism kits can measure science process skills and environment awareness. Implementation of product can measure science process skills with "good" category. Implementation of product can measure environment awareness with "good" category, (4) Learning kits developed with ecotourism activity is considered feasible and suitable for learning biology. Keywords: biology learning kit, ecotourism, science process skills, environment awareness

First Page

230

Last Page

240

Page Range

230-240

Issue

2

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v2i2.12252

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/12252

References

Airlanda, G.S. 2012. Peningkatan keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran biologi melalui blended learning pada siswa kelas XI IPA 3 putra SMA RSBI pondok pesantren modern Islam Assalam Sukoharjo tahun pelajaran 2011/2012. Skripsi, tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret.

Cristin C., Danu P.P, Deny W.T, Marmorittarieta S.G. (2005). Pengembangan potensi wisata sejarah perpustakaan Persada Bung Karno kota Blitar sebagai model wisata pendidikan. PKMI-1-19-1, Jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Devi, P. K. (2010). Keterampilan proses dalam pembelajaran IPA untuk guru SD. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. 2006. "Pedoman memilih dan menyusun bahan ajar". Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Donald, J.G. (2002). Learning to think, disciplinary perspectives. John Wiley & Sons, Inc.

Fandeli, C. (2000). "Pengertian dan konsep dasar ekowisata." Yogyakarta: Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada.

Harjito, A., Sriyana, J., Suhartini. (2010). Recovery pengembangan wisata pasca bencana erupsi Merapi di kawasan kabupaten Sleman. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Higgins, P and Nicol, R. (2002). Outdoor education: authentic learning in the context of landscape (volume 2). Sweden: KISA.

Howard, A.W. (1968). Teaching in middle schools. Pennsylvania: International Textbook Company.

Kementerian Pendidikan Nasional.( 2010). Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Jakarta: Pusat Kurikulum.

Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). "Pedoman pelaksanaan pendidikan karakter". Jakarta: Badan Peneliti dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Dokumen kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman tahun 2009.

Lickona, T. (2008). Educating for character. New York: Bantam Book.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan perangkat tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Muhlisin, A. (2013). Ekowisata sebagai penunjang pembelajaran kontekstual menumbuhkan sikap kepedulianlingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 4, No. 2.

Paramita, D. (2007). Skripsi:peningkatan hasil belajar siswa melalui pendekatan salingtemas materi pokok pengelolaan lingkungan". Semarang: Unnes.

Rustaman, N.Y. (2005). Strategi belajar mengajar biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Semiawan, C., Tangyong A.F., Belen S., Matahelemual Y., Suseloardjo, W. (1989). Pendekatan keterampilan proses, bagaimana mengaktifkan siswa dalam belajar?. Jakarta: Penerbit PT Gramedia.

Solehat, D. (2012). "Implementasi model pembelajaran konstruktivisme tipe Novick untuk meningkatkan pemahaman konsep pembiasan cahaya dan keterampilan generik siswa SMKN". Universitas Pendidikan Indonesia.

Subali, B. (2013). "Kemampaun berpikir pola divergen dan berpikir kreatif dalam keterampilan proses sains". Yogyakarta: UNY Press.

Subali, B. (2012). Prinsip asesmen dan evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suratsih. (2010). "Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis potensi lokal dalam kerangka implementasi KTSP SMA di Yogyakarta". Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Yogyakarta UNY.

Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang Republik Indonesia nomor 10 tahun 2009 tentang kepariwisataan.

Triatmodjo, S. (2006). Developing eco-edutourism at Yogyakarta. Yogyakarta: Indonesia Institute of the Arts

Wood, M.E. (2002). Ecotourism: principles, practices, & policies for sustainability. The International Ecotourism Society.

Wuryadi. (1999). Pengelolaan lingkungan: Paradigma keilmuan dan tantangan bagi pembangunan di Indonesia. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Zuchdi, D., Prasetya, Z.K., Masruri, M.S. Pengembangan model pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran bidang studi di sekolah dasar. Cakrawala Pendidikan, Mei 2010, Th XXIX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY.

Share

COinS