•  
  •  
 

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Keywords

Kemampuan interpretasi, laporan praktikum, science writing heuristic, SWH, interpretation skills, practicum report

Document Type

Article

Abstract

Kemampuan interpretasi merupakan bagian dari kemampuan berpikir tingkat tinggi yang penting dimiliki oleh siswa untuk dapat menafsirkan dan menyimpulkan perolehan data agar siswa dapat memahami maknanya dengan baik. Kemampuan interpretasi siswa tergolong masih kurang sehingga diperlukan adanya pendekatan pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan interpretasi yang dimiliki siswa dalam laporan praktikum dengan format SWH yang melibatkan penggunaan kemampuan multipel representasi kimia pada konsep asam basa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan melibatkan dua kelompok subjek yaitu eksperimen dan kontrol pada siswa kelas XI MIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interpretasi siswa dengan pendekatan SWH secara keseluruhan dikatakan baik yaitu dapat melatih kemampuan interpretasi siswa, meskipun tidak diperoleh peningkatan hasil penelitian. Implikasi penerapan pendekatan ini mampu mendorong siswa untuk menggunakan kemampuan multipel representasi kimia yang sekaligus dapat mengindikasikan kemampuan interpretasi siswa.

Implementation of science writing heuristic approach in practicum reports based on multiple representations on interpretation skills

Abstract

Interpretation skills are part of high-order thinking skills that are important to have by students in order to interpret and conclude the acquistion of datas that students are can understand the meaning of the datas in good. The students' interpretation skills are still less, so needed the right learning approach. This research aims to determine the interpretation skills of students in the SWH format practicum report which involves multiple representations in chemistry on the acid-base concepts. The research used the quantitative descriptive design involving two groups of a subject are experiment and control were students of class XI MIA. The results showed that students' interpretation skills with the SWH approach as a whole got to be good it's able to train students' interpretation skills even didn't get an improvement of research results. Implication application of this approach was able to encourage students to use multiple representations skill in chemistry which to can indicated students' interpretation skills.

First Page

195

Last Page

208

Page Range

195-208

Issue

2

Volume

6

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v6i2.31078

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/31078

References

Afriansi, E. A., & Nasrudin, H. (2014). Development of students worksheet based refresentation of sub-microscopic level in colloid 11th grade. Journal of Chemical Education, 3(3), 66-74.

Amry, U. W., Rahayu, S., & Yahmin, Y. (2017). Analisis miskonsepsi asam basa pada pembelajaran konvensional dan dual situated learning model (DSLM). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 2(3), 385-391. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i3.8636

Cahyaningtyas, L. P., & Saptorini, S. (2013). Penerapan tugas berbasis modified free inquiry pada praktikum untuk meningkatkan pemahaman konsep. Chemistry in Education, 2(2). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined/article/view/3122

Facione, P. A. (2016). Proceedings of the World Molecular Imaging Congress 2016, New York, New York, September 7-10, 2016: General Abstracts. Molecular Imaging and Biology, 18(S2), 1-1278. https://doi.org/10.1007/s11307-016-1031-0

Kumala, L. H. (2017). Kemampuan argumentasi ilmiah peserta didik kelas XI IPA MAN 1 Pati melalui penulisan laporan praktikum asam basa dan larutan penyangga berorientasi science writing heuristic (SWH) [UIN Walisongo]. http://eprints.walisongo.ac.id/7861/

Latifah, R., Murni, F., & Widoretno, S. (2017). Penerapan guided inquiry learning untuk meningkatkan keterampilan interpretasi data siswa kelas XI IPA 4 tahun pelajaran 2016/2017 pada materi sistem ekskresi manusia. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 355-360. https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/18812

Magfirah, U. S., Hairida, & Sartika, R. P. (2015). Penerapan metode praktikum berbasis inkuiri terbimbing pada materi larutan penyangga kelas XI IPA SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(10), 1-12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11656

Muhaemin, M. H. (2017). Penerapan pendekatan science writing heuristic (SWH) untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan proses sains siswa SMA pada materi suhu dan kalor [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/31101/

Novia, R. Y., Hairida, H., & Hadi, L. (2015). Analisis keterampilan proses sains melalui self-assessment dan peer-assessment melalui self-assessment dan peer-assessment. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(8), 1-15. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11175

Nurhalimah, S. R., Suhartono, S., & Cahyana, U. (2017). Pengembangan media pembelajaran mobile learning berbasis android pada materi sifat koligatif larutan. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 7(2), 160-167. https://doi.org/10.21009/JRPK.072.10

Pan, H., & Henriques, L. (2015). Students' alternate conceptions on acids and bases. School Science and Mathematics, 115(5), 237-243. https://doi.org/10.1111/ssm.12124

Pritananda, R., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2017). Kemampuan berpikir kritis siswa pada aspek inference dalam menyelesaikan soal cerita teorema pythagoras. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(9), 1-8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21708

Putra, I. A., & Sujarwanto, E. (2017). Analisis keterampilan proses sains peserta didik melalui bahan ajar multimedia interaktif alat ukur dan pengukuran dengan pendekatan behavioristik. Momentum: Physics Education Journal, 1(2), 91. https://doi.org/10.21067/mpej.v1i2.2013

Romine, W. L., Todd, A. N., & Clark, T. B. (2016). How do undergraduate students conceptualize acid-base chemistry? Measurement of a concept progression. Science Education, 100(6), 1150-1183. https://doi.org/10.1002/sce.21240

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada membantu guru mengembangkan kompetensinya dalam pengajaran matematika untuk meningkatkan CBSA. Tarsito.

Rustaman, N. (2015). Keterampilan proses sains. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sari, R. P., & Seprianto, S. (2018). Analisis kemampuan multipel representasi mahasiswa FKIP Kimia Universitas Samudra Semester II pada materi asam basa dan titrasi asam basa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 55-62. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10745

Setyaningsih, A., Rahayu, S., Fajaroh, F., & Parmin, P. (2019). Pengaruh pembelajaran process oriented-guided inquiry learning berkonteks isu-isu sosiosaintifik dalam pembelajaran asam basa terhadap keterampilan berargumentasi siswa SMA kelas XI. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 168-179. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.20693

Shui-Te, L., Kusuma, I. W., Wardani, S., & Harjito, H. (2018). Hasil identifikasi miskonsepsi siswa ditinjau dari aspek makroskopis, mikroskopis, dan simbolik (MMS) pada pokok bahasan partikulat sifat materi di Taiwan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(1). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/13295

Stephenson, N. S., & Sadler-McKnight, N. P. (2016). Developing critical thinking skills using the Science Writing Heuristic in the chemistry laboratory. Chemistry Education Research and Practice, 17(1), 72-79. https://doi.org/10.1039/C5RP00102A

Subali, B., Rusdiana, D., Firman, H., & Kaniawati, I. (2015). Analisis Kemampuan Interpretasi Grafik Kinematika pada Mahasiswa Calon Guru Fisika. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015(Snips), 269-272.

Sudjana, N. (2004). Metode penelitian pendidikan. Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, N. (2011). Penelitian dan penulisan pendidikan. Sinar Baru Algesindo.

Suhanda, S., & Suryanto, S. (2016). Penerapan pembelajaran kimia berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 2 Purworejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2). https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/15471

Sunyono, S. (2014). Validitas model pembelajaran kimia berbasis multipel representasi untuk meningkatkan model mental siswa pada topik struktur atom. Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains), 1689-1699. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/5097

Tseng, C. (2014). The effects of the science writing heuristic (SWH) approach versus traditional instruction on yearly critical thinking gain scores in grade 5-8 classrooms [University of Iowa]. In ProQuest Dissertations and Theses. https://doi.org/10.17077/etd.gn2rlgs5

Warianto, W. (2011). Keterampilan proses sains. Kencana Prenada Media Group.

Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Pustaka Pelajar.

Yaman, F. (2018). Effects of the science writing heuristic approach on the quality of prospective science teachers' argumentative writing and their understanding of scientific argumentation. International Journal of Science and Mathematics Education, 16(3), 421-442. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9788-9

Yaman, F. (2020). Pre-service science teachers' development and use of multiple levels of representation and written arguments in general chemistry laboratory courses. Research in Science Education, 50(6), 2331-2362. https://doi.org/10.1007/s11165-018-9781-0

Yusefni, W.-, & Sriyati, S. (2016). Pembelajaran IPA terpadu menggunakan pendekatan science writing heuristic untuk meningkatkan kemampuan komunikasi tulisan siswa SMP. EDUSAINS, 8(1), 9-17. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1562

Share

COinS