•  
  •  
 

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Keywords

attitude, learning activity, natural science, Sikap, Keaktifan Belajar, IPA

Document Type

Article

Abstract

Abad ke-21 merupakan abad pengetahuan yang menghendaki segala aktivitas berbasis pada pengetahuan. Pada abad ke-21 ini sangat dibutuhkan keterampilan berpikir kritits, kreatif, kemampuan kolaboratif, metakognitif, kemampuan komunikasi, dan menguasai teknologi komunikasi. Selain itu, sikap dan keaktifan belajar merupakan hal penting yang harus dimiliki peserta didik dalam pembelajaran pada abad ke-21. Oleh karena itu penelitian ini dirancang untuk melihat bagaimana hubungan sikap dengan keaktifan belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Penelitian ini adalah penelitian mix methods metode asosiatif jenis korelasional. Prosedur penelitian ini dimulai dengan menyebarkan angket, dokumetasi, dan wawancara. Pengambilan data angket data kuesioner diberikan kepada 147 siswa di SMPN 18 Kota Jambi. Dari data tersebut kemudian dilakukan analisis data yaitu pengkodean data, penyariangan data-data yang layak dan analisis dari data tersebut. Teknik analisis data menggunakan uji korelasional untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara sikap dan keaktifan belajar. Hasil dari penelitian ini terdapat hubungan yang positif antara sikap dan keaktifan siswa pada mata pelajaran IPA yang ditunjukkan dari hasil analisis pearson correlation sebesar 0.046.

Science education in urban secondary school: How attitude towards science and learning activity?

Abstract

The 21st century is the age of knowledge which requires all knowledge-based activities. In the 21st century, critical thinking skills, creative skills, collaborative abilities, metacognitive skills, communication skills, and communication technology are needed. Besides, learning attitudes and activeness are important things that students must have in learning in the 21st century. Therefore this study was designed to see how the relationship between attitudes and student learning activeness in science subjects. This research is mixed-method research with an associative type of correlational method. This research procedure begins with distributing questionnaires, documentation, and interviews. Retrieving questionnaire data was given to 147 students at SMPN 18 Jambi City. From the data, data analysis was then carried out, namely data coding, filtering the appropriate data, and analyzing the data. The data analysis technique uses a correlational test to determine whether there is a relationship between attitudes and learning activeness. The results of this study showed a positive relationship between student attitudes and activeness in science subjects as indicated by the results of the Pearson correlation analysis of 0.046.

First Page

135

Last Page

145

Page Range

135-145

Issue

2

Volume

6

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v6i2.32425

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/32425

References

Adeyemo, S. A., & Babajide, V. T. (2012). The Influence of Social and Economic Disadvantage on Students' Academic Achievemnet in Senior Secondary School Physics. International Journal of educational Research and Technology (IJERT), 3(2), 1-10.

Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTSN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1), 1-16.

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Subandiyo, M., & Amalina, N. (2019). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi IPA Terhadap Calon Guru Sekolah dasar PGSD FKIP Universitas Jambi. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 41-49.

Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 1-7.

Astalini, & Kurniawan, D. A. (2019). Pengembangan Instrumen Sikap Siswa Sekolah Menengah Pertama Terhadap Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 1-7.

Astalini, Kurniawan, D. A., Melsayanti, R., & Destilanti, A. (2018). Sikap Terhadap Mata Pelajaran IPA Se-Kabuoaten Muaro Jambi. Lentera Pendidikan, 7(1), 214-227.

Astalini, Pathoni, h., Kurniawan, D. A., & Kurniawan, N. (2019). The Correlation Between Attitudes And Decipline Toward Science Of Secondary School. Jurnal Pendidikan Sains, 7(1), 9-14.

Astuti, T. P. (2019). Model Problem Based Learning Dengan Mind Mapping Dalam Pembelajaran IPA Abad 21. Proceeding of Biology Education, 3(1), 64-73.

Effendi, M. (2013). Integrasi Pembelajaran Active Learning dan Internet-Based Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan dan Kreativitas Belajar. Nadwa, Jurnal Penelitian Islam, 7(2), 1-27.

Emosda, & Anggraini, E. P. (2018). Hubungan Gaya Mengajar Guru Dengan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala, 3(1), 93-110.

Etherington, M. (2011). Investigative Primary Science: A Problem-Based Learning Approach. Australian Journal of Teacher education, 36(9). doi:http://Dx.Doi.org/10.14221/Ajte.2011v36n9.2

Guido, R. M. (2013). Attitude and Motivation Towards Learning Physics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2(11).

Hadibarata, T., & Rubiyanto, R. (2019). Active Learning Strategies in Environmental Engineering Course: A Case Study In Curtin University Malaysia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 8(4), 456-463.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.

Huang, L. J., Abdullah, F. A., & Bunyamin, M. A. (2013). Aplikasi Konsep Fizik Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berasaskan STEM Bagi Pelajar Tingkatan Enam Atas. International Seminar on Quality and Affordable education (ISQAE).

Indriati, D. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran ScienceEdutaiment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 192-197.

Kara, A. (2009). The effect of a Learning Theories' Unit on Students' Attitudes Toward Learning. Australian Journal of Teacher Education, 34(1). doi:http://dx.doi.org/10.14221/ajte.2009v34n3.5

Koohang, A., Paliszkiewicz, J., Goluchowski, J., & Nord, J. H. (2016). Active Learning For Knowledge Construction In E_Learning: A Replication Study. Journal of Computer Information System, 56(3), 238-243.

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2018). Evaluasi sikap siswa SMP terhadap IPA di Kabupaten Muaro Jambi. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 19(1), 124-139.

Kurniawan, D. A., Astalini, Darmaji, & Melsayanti, R. (2019). Students' Attitude Toward Natural Sciences. International Journal of Evaluation and Research and Education (IJERE), 8(3), 445460.

Lin, J., Cheng, M., Chang, Y. C., & Li, H. (2014). Construct Evaluation Of Student Attitudes Towards Science. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 10(5), 415-426.

Maradona. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keaktifan Belajar Siswa Kelas IVB SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17(5), 1619-1628.

Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis (2nd ed). SAGE: Thousand Oaks, CA. Muah, T. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Problem based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9B Semester Gasal tahun Pelajaran 2014/2015. Scholaria, 6(1), 41-53.

Nuryasintia, I., & Wibowo, L. A. (2019). Learning Activeness Through Learning Media and Class Management. Advances in Economics, Business and Management Research, 65, 145-148.

Ong, K. J., Chou, Y. C., Yang, D. Y., & Lin, C. C. (2020). Creative Drama In Science Education: The Effects On Situational Interest, Career Interest, And Science-Related Attitudes Of Science Majors And Non-Science Majors. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(4), 1-18.

Purbosari, P. M. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Mebuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Untuk Meningkatkan Academic Skill Pada Mahasiswa. Scholaria, 6(3), 231-238.

Putri, R. F., & Jumadi, J. (2017). Kemampuan Guru Fisika Dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Serta Kendala-Kendala yang Dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 201-211.

Ratnawati, A., & Marimin. (2014). Pengaruh Kesiapan belajar, Minat Belajar, Motivasi Belajar, dan Sikap Siswa Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Jurusan Administrasi Perkantoran Pada Diklat Produktif AP di SMK Negeri 2 Semarang.

Economic Education Analysis Journal, 3(1), 77-82. Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239-2253.

Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan Antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar Dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.

Riwahyudin, A. (2015). Sikap Siswa dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Kabupaten Lamandau. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 11-23.

Sari, N., Erika, E., & Neldawati, N. (2020). Student Attitudes Towards Natural Science: Review of Pleasures and Career Interests At Junior High School 17 Jambi City. International Journal of Indonesian Education and Teaching, 4(1), 102-109. doi:https://doi.org/10.24071/ijiet.2020.040408

Sayekti, I. C. (2015). Peran Pembelajaran IPA di Sekolah Dalam Membangun Karakter Anak. Prosiding Seminar Nasiona dan Call for Papers, 140-146.

Schwab, K. (2016). The Fourth Industrial Revolution. Switzerland, World Economic Forum. Stefan, M., & Cimos, F. (2010). The 8th and 9th Grades Students' Attitude Towards Teaching and Learning Physics. Acta Didactica Napocensia, 2(1), 7-14.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat Dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Florea, 2(1), 29-35.

Sugiarto, A., & Djukri. (2015). Pembelajaran Berbasis SETS Sebagai Upaya Meningkatkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(1), 1-11.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumilia, E., Puspita, H., & Elfrida. (2019). Students' Responses Toward Teachers' Bengkulu. Journal of Aplied Linguistics and Literacy, 3(2), 108-121.

Suryani, & Hendryadi. (2015). Metode Riset Kuantitatif: Teori dan Aplikasi Pada Penelitian Bidang Manajemen dan Ekonomi Islam. Jakarta: Kencana.

Syahrial, Asrial, Kurniawan, D. A., Pratama, R. A., & Perdana, R. (2019). Towards Improving The Critical Thinking Skills of Pre-Service Teachers in Indonesia. Journal of education and Learning (Edulearn), 575-582.

Tasign, A., & Coskun, G. (2018). The Relationship Between Academic Motivations and University Students' Attitudes Towards Learning. International Journal of Instruction, 11(4), 935-950. doi:https://doi.org/10.12973/iji.2018.11459a

USTA, E., & AKKANAT, C. (2015). Investigating Scientific Creativity Level of Seventh Grade Students. Procedia Social and Behavioral Sciences, 19(1), 1408-1415.

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA Sekolah Dasar Berbasis Problem-Based Learning Untuk Siswa Learning Disabilitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 191-202.

Virtanen, P., Niemi, H., & Nevgi, A. (2017). Active Learning and Self-Regulation Enhance Student Teachers Professional Competence. Australian Journal of Teacher Education, 42(12), 1-20.

Wati, M., Mahtari, S., Hartini, S., & Amalia, H. (2019). A rasch Model Analysis on Junior High School Students' Scientific Reasoning Ability. iJIM, 13(7), 141-149. doi:https://doi.org/10.3992/ijim.v13i07.10760

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 1(2), 128-139.

Widiadnyana, I. W., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. e-Journal Program Pascasarjana Pendidikan Ganesha, 4, 1-13.

Winarso, W. (2016). Assessing The Readiness of Student Learning Activity and Learning Outcome. Jurnal Pencerahan, 10(2), 74-88.

Share

COinS