•  
  •  
 

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Keywords

Alat gelas laboratorium kimia, Metode 4D, Pengembangan video, 4D Method, Chemistry laboratory glassware, Video development

Document Type

Article

Abstract

Telah dilakukan peneletian tentang pengembangan media video penggunaan alat gelas di Laboratorium pada mahasiswa tahun I Program Studi Pendidikan Kimia. Penelitian ini bertujuan menghasilkan video penggunaan alat gelas di laboratorium yang layak digunakan sebagai panduan mahasiswa program studi pendidikan kimia FKIP Universitas Khairun dalam melakukan praktikum. Media video pengguaan alat gelas di Laboratorium ini dikembangkan berdasarkan kaidah pengembangan media pembelajaran yang diadaptasi dari tahap pengembangan 4D. Hasil pengembangan berupa video pengenalan dan penggunaan alat gelas di laboratorium dengan durasi 18 menit. Dari segi validitas media video, kedua produk tersebut dinyatakan sangat valid oleh 3 orang validator dengan nilai rata-rata 3,81 dari skala 4 dengan kategori sangat valid. Produk media video juga diukur keterbacaannya oleh 10 mahasiswa prodi pendidikan kimia FKIP Universitas Khairun dengan persentase keterbacaan sebesar 79,17%. Sedangkan angka keterlaksanaan praktikum menggunakan panduan kedua video tersebut di Laboratorium sebesar 67,50%.

Video Development of Use of Chemical Laboratory Equipment in University

Abstract

The research has been conducted to develop of video use of glassware in the laboratory at the first year students of the educational chemistry department. This study aims to produce a video of glass tools usage in a laboratory that was suitable to be used as a practicum module for students of educational chemistry department FKIP Khairun University. Video development methods based on learning media development principles adapted from the 4D development stage. The results of the development of a video introduction and use of glassware in the laboratory with a duration of 18 minutes. The validity of both was expressed by 3 validators with an average rating of 3.81 from a scale of 4 with very valid categories. Video products are also measured legibility by 10 students of educational chemistry department FKIP Khairun University with a percentage of legibility of 79.17%. While the practical implementation the video usage on practicum in the Laboratory of 67.50%.

First Page

161

Last Page

171

Page Range

161-171

Issue

2

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v3i2.15667

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/15667

References

Agustina, A., & Novita, D. (2012). Pengembangan media pembelajaran video untuk melatih kemampuan memecahkan masalah pada materi larutan asam basa. UNESA Journal of Chemical Education, 1(1).

Asmara, A. P. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 156. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.578

Hofstein, A., & Mamlok-Naaman, R. (2007). The laboratory in science education: the state of the art. Chemistry Education Research and Practice, 8(2), 105-107.

Ismail, O. M. S. (2016). Green approach for chemical education in chemistry lab. American Journal of Chemistry, 6(2), 55-59. https://doi.org/doi:10.5923/j.chemistry.20160602.05

Lestari, A., & Azizah, U. (2012). Development of science-chemitry student workheet oriented somatic, auditory, visual, and intellectual (SAVI) in the topic matter changes for junior high school. Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 41-46.

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran (Sebuah pendekatan baru). Jakarta: Bumi Aksara.

Purwono, J., Yutmini, S., & Anitah, S. (2014). Penggunaan media audio-visual pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2). Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tp/article/view/3659

Riyani, A. F., Kusumo, E., & Harjito, H. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa berpendekatan inkuri terbimbing pada konsep kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11(2). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/artikel_nju/JIPK/10626

Tatli, Z., & Ayas, A. (2013). Effect of a virtual chemistry laboratory on students' achievement. Educational Technology & Society, 16(1), 159-170. Retrieved from http://www.ifets.info/journals/16_1/14.pdf

Trianto, T. (2010). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif : konsep, landasan, dan imlementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Share

COinS