•  
  •  
 

Jurnal Inovasi Pendidikan IPA

Keywords

perangkat pembelajaran, model project based learning, keterampilan proses sains, kreativitas

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi; (2) menghasilkan perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta; dan (3) membandingkan pembelajaran yang menggunakan perangkat pembelajaran model PjBL dengan pembelajaran yang menggunakan perangkat konvensio-nal dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa. Metode penelitian diadaptasi dari Borg & Gall yang terdiri dari sembilan tahapan. Hasil penelitian pengembangan adalah: (1) perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang layak digunakan dalam pembelajaran biologi; (2) perangkat pembelajaran biologi dengan model PjBL yang efektif untuk untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa pada aspek berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 8 Yogyakarta; dan (3) tidak ada perbedaan antara pembelajaran yang menggunakan perangkat dengan model PjBL dengan pembelajaran perangkat konvensional dalam meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas siswa.

Kata Kunci: perangkat pembelajaran, model project based learning, keterampilan proses sains, kreativitas

Developing a Learning Kit with Project Based Learning Model (PjBL) to Improve Scientific Process Skills and Creativity

Abstract

The aims of this research are to: (1) produce an appropriate biology learning kit with PjBL model for learning activities; (2) produce an effective biology learning kit with PjBL model that can be used to improve scientific process skills and creativity; and (3) investigate the difference between the biology learning kit with PjBL model and conventional learning kit in improving scientific process skills and creativity. This research method was adapted from Borg & Gall which consisted of nine steps. The results of this research are: (1) an appropriate biology learning kit with PjBL model which consists of syllabus, lesson plans, student's worksheet, and authentic assessment based on validation result of expert judgments and biology teachers, and also field test result; (2) an effective biology learning kit with PjBL model that can be used to improve scientific process skills and creativity especially on creative thinking aspect; and (3) there is no difference between PjBL model and conventional learning kit in improving students' scientific process skills and creativity.

Keywords: learning kit, project based learning model, scientific process skills,creativity

First Page

241

Last Page

251

Page Range

241-251

Issue

2

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jipi.v2i2.5557

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jipi/article/view/5557

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Aktamis, H. & Omer E. (2008). The Effect of scientific process skills education on students' scientific creativity, science attitudes and cademic achievements. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, Volume 9, Issue 1, Article 4, p.1.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (1983). Educational research. New York: Longman.

Borg, W. R. & Gall, M. D. (2007). Educational research 8th edition. New York: Longman.

Borich, G. D. (1994). Observation skill for effective teaching (2nd ed). New York: Mcmilan Publishing Company.

Educational Technology Division Ministry of Education of Malaysia. (2006). Project based learning handbook. Kuala Lumpur: Communications and Training Sector Smart Educational Development Educational Technology Division Ministry of Education.

Hayati, M. N., Kasmadi I. S., Siti S. M. (2013). Pengembangan pembelajaran IPA SMK dengan model kontekstual berbasi proyek. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology, 2 (1), 2252 - 7125.

Hwang W. Y., Nian-Shing C., Jian-Jie D., Yi-Lun Y. (2007). Multiple representation skills and creativity effects on mathematical problem solving using a multimedia whiteboard system. Educational Technology & Society, 10 (2), 191-212.

Isa, A. & Jamil A. (2012). How to measure students' creativity. Journal of The Asian Conference on the Social Sciences Official Conference Proceedings, 2186-2303

Karamustafaoglu, S. (2011). Improving the science process skill abylity of science student teachers using i diagram. Eurasian J. Phys. Chem. Educ, 3(1), 26-38

Kaufman, J.C., Jonathan C. P. & John B. (2008). Essentials of creativity assessment. John Wiley & Sons, Inc., Hoboken, New Jersey.

Kemendikbud. (2013). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia nomor 54, tahun 2013, tentang standar kompetensi lulusan.

Kemendikbud. (2013a). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no 60 tahun 2013 tentang kerangka dasar dan struktur kurikulum.

Kemendikbud. (2013b). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no. 64 tahun 2013, tentang standar isi.

Kemendikbud. (2013c). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no. 65 tahun 2013, tentang standar proses.

Kemendikbud. (2013d). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no. 66 tahun 2013, tentang standar penilaian.

Kemendikbud. (2013e). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no. 81a tahun 2013, tentang implementasi kurikulum 2013.

Kemendikbud. (2013f). Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia no. 103 tahun 2014, tentang pembelajaran pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.

Ozgelen, S. (2012). Students' science process skills within a cognitive domain framework. eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 8(4), 283-292.

Prasetyo, Z. K., et.al. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP. Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Siwa, I. B., I. W. Muderawan, & I. N. Tika. (2013). Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kimia terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.

Thomas, J. W. (2000). A review of research on project based learning. Diambil pada tanggal 11 Juli 2015, dari http://www.bobpearlman.org/BestPractices /PBL_Research.pdf

Share

COinS