Document Type
Article
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan model pembelajaran penguatan vocational life skills mahasiswa berwawasan kewirausahaan; dan (2) mengimplementasikan model pembelajaran penguatan vocational life skills mahasiswa berwawasan kewirausahaan. (3) mengetahui efektivitas dan keunggulan model; dan (4) mengimplentasikan model. Metode penelitian dan pengembangan dengan Borg & Gall dan perencanaan strategi pembelajaran dalam pengembangan model dengan menggunakan rancangan Dick & Carey. Berdasarkan hasil dari validasi ahli pada: ahli bidang studi, ahli desain pembelajaran, ahli desain grafis semuanya menunjukkan bahwa model pembelajaran penguatan vocational life skill layak digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran pada mahasiswa jurusan teknik mesin. Juga pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan menunjukan kelayakan model yang dikembangkan dan dalam kategori baik. Uji efektivitas, dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan modul vocational life skills berwawasan kewirausahaan lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata hasil belajar yang diajar dengan menggunakan buku teks.
Kata kunci: model pembelajaran penguatan vocational life skills, kewirausahaan, teknik mesin
LEARNING MODEL DEVELOPMENT OF STUDENTS LIFE SKILLS VOCATIONAL STRENGTHENING INSIGHTFUL ENTREPRENEURSHIP IN MECHANICAL ENGINEERING
Abstract
Research and development is aimed at: (1) develop learning models strengthening vocational life skills, entrepreneurial-minded students; and (2) implement a reinforcement learning model vocational life skills, entrepreneurial-minded students. (3) evaluate the efficacy and advantages of the model; and (4) implementing the models. Methods of research and development with Borg & Gall and planning learning strategies in model development by using design Dick & Carey. Based on the results of the validation experts at: expert studies, expert instructional design, graphic design expert everything suggests that the reinforcement learning model vocational decent life skill used in the implementation of learning in students majoring in mechanical engineering. Also on individual testing, small group trial and field trials showed the feasibility of the model developed and in both categories. Effectiveness test, it can be concluded that the average value of learning outcomes are taught using modules vocational life skills, entrepreneurial-minded higher than the average value of learning outcomes are taught using textbooks. Keywords: reinforcement learning model vocational life skills, entrepreneurship, engineering
Page Range
110-122
Issue
1
Volume
7
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jpv.v7i1.12653
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/12653
Recommended Citation
Mursid, R. (2017). Pengembangan model pembelajaran penguatan vocational life skills mahasiswa berwawasan kewirausahaan di bidang teknik mesin. Jurnal Pendidikan Vokasi, 7(1), 110-122. https://doi.org/10.21831/jpv.v7i1.12653
References
Alma, B. (2002). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Anggraini, F., & Sukardi. (2016). Pengembangan modul pembelajaran kewirausahaan model student company di smk negeri 1 Godean. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(1). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/art icle/view/8113
Anwar. (2004). Pendidikan kecakapan hidup (life skills education) konsep dan aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Badan Pusat Statistik. (2016). Berita Resmi Statistik. BPS Provinsi Sumatea Utara. No. 65/11/12/Th. XIX, 7 November.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1989). Educational research: an introduction (4th ed.). New York: Longman.
Dick, W., & Carey, L. (1985). The systematic design of instruction. Glenview, Ill: Scott, Foresman.
Dick, W., & Carey, L. (1996). The systematic design of instruction. New York, NY: HarperCollins College Publishers.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2005). The systematic design of instruction (6th ed.). Boston: Pearson/Allyn and Bacon.
Gunter, M. A., Estes, T. H., & Schwab, J. H. (1990). Instruction: a models approach. Boston: Allyn & Bacon.
Joyce, B., & Weil, M. (2000). Model of teaching. Amerika: A. Pearson Education Company.
Joyce, B., Weil, M., & Beverly, S. (1996). Models of teaching. Boston: Allyn & Bacon.
Kementerian Pendidikan Nasional. (2002). Pedoman pelaksanaan program keterampilan hidup (life skills) oleh perguruan tinggi. Jakarta: Direktorat Pendidikan Masyarakat. Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah.
Kuratko, D. F., & Hodgetts, R. M. (2007). Entrepreneurship: theory, process, practice (7th ed.). Canada: Interactive Composition Corporation.
Mager, R. F., & Beach, J. K. (1967). Developing vocational instruction. Callifornia: Pearson Pitman.
Miarso, Y. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.
Murtini, W. (2016). Implementasi model “gepprak” dalam pembelajaran kewirausahaan untuk meningkatkan minat berwirausaha di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/art icle/view/11176
Nasution, A. H., & Suef, M. (2007). Entrepreneurship, membangun spirit teknopreneurship. Yogyakarta: Andi Offset.
Pebruanti, L., & Munadi, S. (2015). Peningkatan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran pemograman dasar menggunakan modul di SMKN 2 Sumbawa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(3). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/art icle/view/6490
Potter, J. (2008). Entrepreneurship and higher education (OECD). Paris.
Pribadi, B. A. (2010). Model desain sistem pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Richey, R. ., & Klein, J. . (2007). Design and development research. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology: the definition and domains of the field. Washington, DC: AECT.
Sugiyanto, Slamet, & Sugiyono. (2016). Pengembangan kompetensi profesional berkelanjutan dosen vokasi pada pendidikan vokasional di lampung. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3). Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/art icle/view/10967