Keywords
model evaluasi; implementasi kebijakan; IP-SPM-SD
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan model evaluasi implementasi kebijakan standar pelayanan minimal (SPM) jenjang sekolah dasar (SD). Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan rekomendasi kepada Dinas pendidikan dan para praktisi pendidikan. Desain penelitian yang digunakan adalah non experimental. Desain penelitian ini terdiri dari 5 variabel laten dan 33 variabel manifest. Populasinya mencakup 307 SD di 11 Kecamatan wilayah Kabupaten Pesawaran. Sampel sebanyak 24 SD pada 4 Kecamatan diambil secara purposive. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner yang divalidasi dan conten validity melalui Focus Group Discucion (FGD). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Models (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi Lingkungan Sekolah (KLS), Pelaksana Kebijakan Sekolah (PKS), Kelompok Sasaran Kebijakan (KSK), dan Proses Pengelolaan Organisasi Sekolah (PPOS) merupakan faktor dinamis pembentuk model yang tepat untuk mengevaluasi IP-SPM SD.
Kata kunci: model evaluasi, implementasi kebijakan, IP-SPM-SD
EVALUATION MODEL OF MINIMUM SERVICE STANDARD POLICY IMPLEMENTATION AT ELEMENTARY EDUCATION LEVEL Abstract
The purpose of this research is to produce evaluation model of minimum service standard implementation at elementary education level. The evaluation results are expected to provide recommendations to education authorities and practitioners. The research employed non experimental design. This research design consisted of five latent variables and 33 manifest variables. Its population includes 307 elementary schools in 11 sub-districts of Pesawaran Regency. Purposive sampling technique was used to select 24 elementary schools in four sub-districts. The data collection instrument used in this study was questionnaire which was validated by content validity through focus group discussion (FGD). The collected data were analyzed using structural equation model (SEM). The results of the research show that the condition of school environment, school policy executors, policy-target group, and school organizational management process are the appropriate dynamic modeling factor to evaluate the achievement index of minimum service standard at elementary education level. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kondisi Lingkungan Sekolah (KLS), Pelaksana Kebijakan Sekolah (PKS), Kelompok Sasaran Kebijakan (KSK), dan Proses Pengelolaan Organisasi Sekolah (PPOS) merupakan faktor dinamis pembentuk model yang tepat untuk mengevaluasi IP-SPM SD Keywords: evaluation model, policy implementation, IP-SPM-S
First Page
70
Last Page
82
Issue
1
Volume
22
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v22i1.19638
Recommended Citation
Sabdaningtyas, Lilik
(2018)
"Model evaluasi implementasi kebijakan standar pelayanan minimal pada satuan pendidikan jenjang SD,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 22:
Iss.
1, Article 7.
DOI: 10.21831/pep.v22i1.19638
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol22/iss1/7
References
Adawiah, R. (2011). Standar pelayanan pendidikan di Kabupaten Balangan. Banjarmasin. Retrieved from http://eprints.ulm.ac.id/72/
Cheema, G. S., & Rondinelli, D. A. (1983). Policy implementation in developing countris, UNCRD. Baverly Hill, CA: Sage Publication.
Dunn, W. N. (1998). Pengantar analisis kebijakan publik (Terjemahan Samodra Wibawa, dkk) (2nd ed.). Yogyakarta: UGM Press.
Edwards III, G. C. (1980). Implementing public policy. Washington, D.C: Conggressional Quarterly.
Ferdinand, A. T. (2000). Structural equation modeling dalam penelitian manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, I., & Fuad. (2005). Structural equation modeling. Teori, konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 8.80. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Grindle, M. S. (1980). Polities and policy Implementation in the third world. New Jersey: Princeton University Press.
Hair, J. F., Tatham, R. L., Anderson, R. E., & Black, W. (1998). Multivariate data analysis (5th ed.). London: Prentice - Hall International.
Hermawan, K. D. (2011). Evaluasi Program SMP Standar Nasional Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 17(6), 619. https://doi.org/10.24832/jpnk.v17i6.54
Isaac, S., & Michael, W. B. (1981). Handbook in research and evaluation for education and behavioral Sciences (2nd ed.). San Diego, California 92107: EdITS Publishers.
Jones, C. O. (1994). An introduction to study of public policy. Montery-California: Brooks/Cole Publishing Company.
Joreskog, K. G., & Sarbon, D. (1996). Lisrel 8: User's reference guide. Chicago: Scientific Sofware International.
Khozin, M. (2010). Evaluasi implementasi kebijakan standar pelayanan minimal bidang kesehatan di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Studi Pemerintahan, 1(1). Retrieved from http://journal.umy.ac.id/index.php/jsp/article/view/177
Koster, W. (2000). Restrukturisasi penyelenggaraan pendidikan: studi kapasitas sekolah dalam rangka desentralisasi pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(26).
Mazmanian, D., & Sabatier, P. (1986). Effective olicy implementation. Lexington: D.C, Heath.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2013). Permendikbud No 23 Tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Pendidikan Dasar di Kabupaten/Kota.
Muhadjir, N. (2007). Metodologi keilmuan. paradigma kualitatif, kuantitatif, dan mixed (5th ed.). Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mustopadidjaja, A. R. (2002). Manajemen proses kebijakan publik. Formulasi, implementasi, dan evaluasi kinerja. Jakarta: Lembaga Administrasi Negara-RI.
Narimawati, U., & Sarwono, J. (2007). Structural equation model (SEM), dalam riset ekonomi menggunakan LISREL. Yogyakarta: Gava Media.
Rahayu, M. (2015). Pelaksanaan standar pengelolaan pendidikan di sekolah dasar kecamatan Ngemplak. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 8(1), 62-79.
Rossi, P. H., & Freeman, H. E. (1982). Evaluation a systematic approach. London: Sage Publication.
Sabdaningtyas, L. (2010). Model evaluasi implementasi kebijakan desentralisasi pendidikan pada satuan sekolah di Propinsi Lampung. Disertasi Tidak dipublikasikan.
Satori, D. (1999). Analisis kebijakan dalam konteks desentralisasi dan otonomi pendidikan. Jakarta: Biro Perencanaan Sekretariat Jendral Depdikbud.
Solongi, B. (2015, April 11). UN atau Pemenuhan SPM Pendidikan. Tribunnews. Retrieved from http://makassar.tribunnews.com/2015/04/06/un-atau-pemenuhan-spm-pendidikan
Sudjana, D. (2006). Evaluasi program pendidikan luar sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1973). The policy implementation process a conceptual framework in administration and society. Beverly Hills: Sage Publication.
Wibawa, S., Prabuningrat, Y., & Pramusinto, A. (1994). Evaluasi kebijakan publik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Worthen, B. R., & Sanders, J. R. (1973). Educational evaluation: theory and practice. Belmont, Calofornia: Wadsworth Publishing Company, Inc.