PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI PROVINSI BANTEN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Keywords
school-based management contribution
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) upaya peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah pada pen-didikan dasar dan menengah di Provinsi Banten, dan mengetahui, 2) Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Prestasi Ujian Nasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitif. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa; 1) upaya pe-ningkatanan mutu pendidikan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah pada pendidikan dasar dan menengah di Provinsi Banten, dapat dinyatakan bahwa secara keseluruhan telah menerapkan manajemen ber-basis sekolah dalam mengelola Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, yaitu rata-rata lima komponen (0,635), dari delapan komponen garapan MBS, dan 2) kontribusi manajemen berbasis sekolah terhadap prestasi ujian nasional pada pendidikan dasar dan menengah di Provinsi Banten, dinyatakan berpengaruh dengan besaran kontribusi adalah masing-masing 0,216 persen untuk sekolah dasar, dan 0,242 persen untuk sekolah menengah pertama serta 0,202 persen untuk sekolah menengah atas, atau rata-rata 0,229 persen untuk pendidikan dasar dan 0,202 persen untuk pendidikan menengah.
Kata kunci : kontribusi manajemen berbasis sekolah
______________________________________________________________
EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT OF BASIC AND SECONDARY IN THE BANTEN PROVINCE BY OPERATION MANAGEMENT SCHOOL
Abstract The objectives of this research are to know: 1) effort to improve the quality of education through school-based management in the primary and secondary education in Banten Province, and 2) contribution of school-based management toward the national test achievement for primary and secondary education in Banten Province. This research is explorative descriptive. Data were collected through interview, observation, and docu-mentation. Data were analyzed quantitavely and qualitavely. The result shows 1) effort to improve the quality of education through school-based management in the primary and secondary education has been implement-ted. The average of five components was 0.635. 2) School-based manage-ment contributed to the national test achievement as much as 0,216% for primary schools, 0,242% for junior high, and 0,202% for senior high schools. In average, it is 0,229% for primary schools and 0,202 for secon-dary schools.
Keywords: school-based management contribution
First Page
553
Last Page
573
Issue
2
Volume
16
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v16i2.1131
Recommended Citation
Sudadio, Sudadio
(2012)
"PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH DI PROVINSI BANTEN MELALUI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 16:
Iss.
2, Article 9.
DOI: 10.21831/pep.v16i2.1131
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol16/iss2/9
References
Bafadal, L. (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Bafadal, L. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Engkoswara. (2001). Paradigma Manajemen Pendidikan. Bandung: Yayasan Amal Keluarga.
Tilaar, H.A.R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jalal, Fasli, Supriadi, Dedi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Jogjakarta: Adicita.
Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.
Minarti, S. (2011). Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grasindo.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Umiarso & Gokali. (2011). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSdD.