•  
  •  
 

Keywords

school-based management contribution

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) upaya peningkatan mutu pendidikan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah pada pen-didikan dasar dan menengah di Provinsi Banten, dan mengetahui, 2) Kontribusi Manajemen Berbasis Sekolah Terhadap Prestasi Ujian Nasional pada Pendidikan Dasar dan Menengah di Provinsi Banten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif eksploratif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik kualitatif dan kuantitif. Dari hasil penelitian dapat dinyatakan bahwa; 1) upaya pe-ningkatanan mutu pendidikan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah pada pendidikan dasar dan menengah di Provinsi Banten, dapat dinyatakan bahwa secara keseluruhan telah menerapkan manajemen ber-basis sekolah dalam mengelola Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Atas, yaitu rata-rata lima komponen (0,635), dari delapan komponen garapan MBS, dan 2) kontribusi manajemen berbasis sekolah terhadap prestasi ujian nasional pada pendidikan dasar dan menengah di Provinsi Banten, dinyatakan berpengaruh dengan besaran kontribusi adalah masing-masing 0,216 persen untuk sekolah dasar, dan 0,242 persen untuk sekolah menengah pertama serta 0,202 persen untuk sekolah menengah atas, atau rata-rata 0,229 persen untuk pendidikan dasar dan 0,202 persen untuk pendidikan menengah.

Kata kunci : kontribusi manajemen berbasis sekolah

______________________________________________________________

EDUCATION QUALITY IMPROVEMENT OF BASIC AND SECONDARY IN THE BANTEN PROVINCE BY OPERATION MANAGEMENT SCHOOL

Abstract The objectives of this research are to know: 1) effort to improve the quality of education through school-based management in the primary and secondary education in Banten Province, and 2) contribution of school-based management toward the national test achievement for primary and secondary education in Banten Province. This research is explorative descriptive. Data were collected through interview, observation, and docu-mentation. Data were analyzed quantitavely and qualitavely. The result shows 1) effort to improve the quality of education through school-based management in the primary and secondary education has been implement-ted. The average of five components was 0.635. 2) School-based manage-ment contributed to the national test achievement as much as 0,216% for primary schools, 0,242% for junior high, and 0,202% for senior high schools. In average, it is 0,229% for primary schools and 0,202 for secon-dary schools.

Keywords: school-based management contribution

First Page

553

Last Page

573

Issue

2

Volume

16

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v16i2.1131

References

Bafadal, L. (2008). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Bafadal, L. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Engkoswara. (2001). Paradigma Manajemen Pendidikan. Bandung: Yayasan Amal Keluarga.

Tilaar, H.A.R. (2002). Manajemen Pendidikan Nasional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Jalal, Fasli, Supriadi, Dedi. (2001). Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Jogjakarta: Adicita.

Mulyasa. (2002). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Rosdakarya.

Minarti, S. (2011). Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurkolis. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah: Teori, Model dan Aplikasi. Jakarta: PT. Grasindo.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Umiarso & Gokali. (2011). Manajemen Mutu Sekolah di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSdD.

Share

COinS