•  
  •  
 

Keywords

manajemen, sertifikasi guru, profesi

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan sertifikasi jalur portofolio bagi guru Sekolah Dasar di Kota Semarang. Peneliti-an ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan di Di-nas Pendidikan Kota Semarang. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pen-didikan, kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi proses pembelajar-an, penelusuran dokumen perencanaan pembelajaran dan por-tofolio. Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis kualititatif melalui langkah pengumpulan, penyajian, reduksi, dan penarik-an kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peren-canaan sertifikasi jalur portofolio tidak berjalan dengan baik, dari aspek sosialisasi prosedur tidak tuntas dan data tidak valid, (2) Pengorganisasian sertifikasi jalur portofolio tidak berjalan dengan baik, dari aspek penyusunan dan verifikasi dokumen portofolio tidak sesuai dengan buku panduan, (3) Pelaksanaan sertifikasi guru jalur portofolio tidak berjalan dengan baik, (4) Pengawasan sertifikasi jalur portofolio tidak berjalan dengan baik.

Kata Kunci: manajemen, sertifikasi guru, profesi

______________________________________________________________

THE MANAGEMENT OF THE CERTIFICATION THROUGH THE PORTFOLIO SYSTEM FOR ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS IN SEMARANG CITY

Abstract This study aims to investigate the planning, organizing, actuating and controlling functions in the certification through the portfolio system for elementary school teachers in Sema-rang City. This study employed the qualitative approach, con-ducted in the Office of Education of Semarang City. The research subjects consisted of the Head of the Educator and Educational Personnel Section in the Office of Education, principals, and teachers. The data collecting techniques included interviews, observations, and document tracing. The data were collected through interviews, supported by observations on learning processes and tracing documents of lesson plans and portfolio. The collected data were analyzed using the qualitative technique involving steps of collection, display, reduction, and conclusion drawing. The results of the study are as follows: (1) the planning of the portfolio system certification does not run well; from the aspect of socialization, procedures are income-plete and the data are invalid, (2) organization of portfolio system certification does not run well; from the aspects of portfolio preparation and verification, the documents are not in accordance with the guide books, (3) the actuation of the portfolio system certification does not run well, (4) the control of the portfolio system certification does not run well.

Keywords: management, teacher certification, profession

First Page

215

Last Page

231

Issue

2

Volume

15

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v15i2.1094

References

Depdiknas. (2005). Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005, tentang Guru dan Dosen.

Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 14 Tahun 2007, tentang Standar Proses.

Depdiknas. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 10 Tahun 2009, tentang Sertifikasi Guru dalam Jabatan.

Farisi, Muhammad Iman. (2007). Refleksi professional: sertifikasi pendidik dan standarisasi profesionalitas guru. Artikel majalah Pamerte, dari http://utsurabaya.files.wordpress.com. Diambil tanggal 27 April 2011.

Kemendiknas. (2010). Buku 1 pedoman penentuan peserta sertifikasi guru dalam jabatan. Direktorat Jenderal Profesi Pendidik Dirjen PMPTK Kemendiknas.

Kemendiknas. (2009). Buku 3 pedoman penyusunan portofolio sertifikasi guru dalam jabatan. Direktorat Jenderal Profesi Pendidik Dirjen PMPTK Kemendiknas.

Kemendiknas. (2009). Buku 2 Petunjuk Teknis Pelaksanaan Sertifikasi Guru dalam Jabatan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas.

Kemendiknas. (2010). Pedoman pelaksanaan penyaluran tunjangan profesi melalui dana dekonsentrasi. direktorat Jenderal Profesi Pendidik Dirjen PMPTK Kemendiknas.

Miles, Matthew B. & Huberman, A. Michael. (1994). Qualitative data analysis. New York: Sage Publications.

Moleong, Lexy J. (1998). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Rusman. (2008). Manajemen kurikulum. Bandung: Sekolah Pascasarjana UPI.

Share

COinS