•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Keywords

affective assessment; attitude; Krathwohl affective level; Bloom & Masia; exploratory factor analysis; confirmatory factor analysis

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen yang memenuhi syarat untuk mengukur afektif siswa kelas IV, dan mengetahui gambaran afektif siswa kelas IV tahun ajaran 2016/2017 di Kabupaten Klaten. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Developmentdengan Model Thiagarajan. Instrumen penilaian afektif telah dinyatakan valid dan reliabel. Validitas isi diuji oleh ahli dan diperoleh indeks Aiken sebesar 0,85. Validitas konstruk dilakukan dengan analisis faktor eksploratori dan konfirmatori. Hasil analisis faktor eksploratori menunjukkan nilai KMO sebesar 0,726 sedangkan Bartlett's Test sebesar Sig. 0,000. Hasil analisis faktor konfirmatori menunjukkan nilai Chi-Kuadrat sebesar 0,039; RMSEA= 0,012; GFI=0,93; SRMR=0,033; AGFI=0,90; CFI=1,00; RFI=1,00. Hasil reliabilitas menunjukkan bahwa koefisien Cronbach's Alpha sebesar 0,653 sedangkan pada reliabilitas konstruk menunjukkan bahwa pada sikap disiplin koefisien CR=0,99 dan VE=0,99; sikap jujur CR=0,99 dan VE=0,99; sikap peduli CR=0,99 dan VE=0,99; sikap percaya diri CR=0,94 dan VE=0,95; sikap santun CR=0,99 dan VE=0,81; sikap tanggung jawab CR=0,99 dan VE=0,79. Gambaran afektif siswa adalah (a) berdasarkan tingkatan afektif Krathwohl, Bloom & Masia pada tingkatan karakterisasi sebesar 42,9%, mengorganisasi sebesar 50,9 %, menilai 6,2% sedangkan tahapan merepon dan menerima sebesar 0%, (b) berdasarkan acuan Kurikulum 2013 pada kategori baik sekali sebesar 62%, kategori baik 38% dan kategori cukup 1%, kategori butuh bimbingan sebesar 0%.

Kata kunci: penilaian afektif, sikap, tingkatan afektif Krathwohl, Bloom & Masia, analisis faktor eksploratori, analisis faktor konfirmatori

DEVELOPING AFFECTIVE ASSESMENT INSTRUMEN OF FOURTH GRADE STUDENT IN KLATEN REGENCY

Abstract

This study aimed to: produce qualified instrument to measure an affective of grade IV students and find out the affective picture of fourth grade students in academic year 2016/2017 Klaten. This study used Research and Development approach by using Thiagarajan Model. Affective assessment instruments were stated as valid and reliable. Content validity was judged by experts. The Aiken index of instruments is 0.85. Construct validity was measured by using both exploratory and confirmatory factor analysis. The results of exploratory factor analysis showed that the KMO value is 0.726 while the Bartlett's Test is equal to Sig. 0,000. Confirmatory factor analysis showed that Chi-Square value is 0.039; RMSEA = 0.012; GFI = 0.93; SRMR = 0.033; AGFI = 0.90; CFI = 1.00; RFI = 1.00. Cronbach's Alpha coefficient is 0.653 while the construct reliability showed the coefficient of discipline CR = 0.99 and VE = 0.99; honest attitude CR = 0.99 and VE = 0.99; attitude caring about CR = 0.99 and VE = 0.99; self-confidence CR = 0.94 and VE = 0.95; polite attitude CR = 0.99 and VE = 0.81; the attitude of responsibility CR = 0.99 and VE = 0.79. The description of students' affective was (a) based on the affective level of Krathwohl, Bloom & Masia, level of characterization 42.9%, organizing 50.9%, assessing 6.2% while phoning and receiving 0%, (b) based on the 2013 Curriculum reference, it could be stated as excellent category 62%, favorable category 38% and fair category 1%, the category needs guidance at 0%.

Keywords: affective assessment, attitude, Krathwohl affective level, Bloom & Masia, exploratory factor analysis, confirmatory factor analysis

First Page

231

Last Page

242

Issue

2

Volume

22

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v22i2.16885

References

Adibatin, A. (2016). Pendidikan karakter bangsa berbasis strategi pembelajaran pakem melalui permainan cincin di jempol tangan (karya inovasi pembelajaran sekolah dasar). Scholaria, 6(1). Retrieved from http://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/download/180/168

Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik anak sekolah dasar melalui perancangan game simulasi “warungku.” Andharupa; Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(2). Retrieved from https://publikasi.dinus.ac.id/index.php/andharupa/article/view/963

Hendryadi, & Suryani. (2014). Structural equation modeling dengan lisrel 8.80 pedoman untuk pemula. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar. (2016). Buku panduan penilaian sekolah dasar. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar.

Krathwohl, D. R., Bloom, B. S., & Masia, B. B. (1973). Taxonomy of educational objectives. London: David McKay Company.

Mardapi, D. (2012). Teknik penyusunan instrumen tes dan non tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

McCoach, D. B., Gable, R. K., & Madura, J. P. (2013). Instrument development in the affective domain. New York: Springer New York. https://doi.org/10.1007/978-1-4614-7135-6

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (2015).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian (2016).

Samani, H., & Hariyanto. (2012). Pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Setyawan, H., & Dimyati, D. (2015). Model permainan aktivitas luar kelas untuk mengembangkan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa SMA. Jurnal Keolahragaan, 3(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/6230

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Bloomington: Indiana University.

Wagiran. (2015). Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Budi Utama.

Wening, S. (2012). Pendidikan karakter bangsa melalui pendidikan nilai. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(12). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/1452

Share

COinS