•  
  •  
 

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Keywords

madrasah teachers, the program for improving teacher qualifications

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program peningkatan kualifikasi guru, khususnya yang dilaksanakan oleh Kementerian Agama terhadap guru madrasah, dan untuk me-nilai apakah program yang berjalan telah memberikan dampak yang diharapkan. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif evaluatif menggunakan model evaluasi konteks, input, proses dan produk (context, input, process, product, CIPP), dan difokuskan pada evaluasi proses dan produk. Penelitian dilaksanakan di provinsi Sumatera Selatan. Responden pe-nelitian ini adalah guru madrasah yang menjadi peserta program kualifikasi angkatan pertama. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik angket dan wawancara, sedang analisis data menggunakan teknik analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program peningkatan kuali-fikasi guru madrasah sebagian besar telah berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Namun, bila dilihat satu per satu, khusus pada proses pelaksanaannya masih ada beberapa hal yang belum sepenuhnya sesuai dengan yang direncanakan. Dampak yang dirasakan oleh guru dengan diterapkannya program ini terlihat pada peningkatan kompetensi mengajar, peningkatan karir, serta peningkatan kesejahteraan, tapi dampaknya pada kemungkinan penerapan materi perkuliahan yang diperoleh masih belum optimal.

Kata kunci: guru madrasah, program peningkatan kualifikasi guru

______________________________________________________________

EVALUATION OF MADRASAH TEACHERS' QUALIFICATIONS IMPROVEMENT PROGRAM IN SOUTH SUMATRA

Abstract

This study aimed to evaluate the program of improving teacher qualifications, especially those implemented by the Ministry of Religious Affairs of the madrasah teachers, and to assess whether the program has given the expected impact. The study was conducted by using descriptive evaluative method. The research was conducted in South Sumatra province. The respondents were all madrasah teachers who became the first group participants in that program. Data collection techniques used were questionnaire and interview, data analysis techniques used are of quantitative analysis. The results showed that the program for improving teacher qualifications had been running largely as planned. However, when viewed one by one, specifically on the implementation process there are still many things that are not completely as planned. Moderate impact felt by the teachers can be seen at improving teaching compe-tencies, improving careers, as well as improving the welfare, but still less on the possibility of applying materials obtained from lecturing.

Keywords: madrasah teachers, the program for improving teacher qualifications

First Page

348

Last Page

364

Issue

1

Volume

16

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v16i1.1121

References

Daradjat, Z., et al. (1996). Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara Bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, Departemen Agama RI.

Djamas, N. (2005). ′′Posisi Madrasah Di Tengah Perubahan Sistem Pendidikan Islam′′. Jurnal Edukasi, 3(1), 23-29.

di, A. (2006). ′′UU No. 14/2005 Tentang Guru/Dosen: Antara Cita dan Fakta′′. Intizar: Jurnal Kajian Agama Islam dan Masyarakat, 12(2), 133-148.

Kementerian Agama RI. (2007). Buku Statistik Pendidikan Islam TP 2006/2007. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Kunandar. (2007). Guru Profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Stufflebeam, Daniel L., & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic Evaluation. USA: Kluwer-Nijhoff Publishing.

Share

COinS