Keywords
Implementasi, Statistika, modul, berbasis spreadsheet
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil penilaian ahli terhadap draf modul-modul mata kuliah statistika berbasis spreadsheet untuk mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik yang telah dihasilkan pada penelitian tahap sebelumnya (tahap pertama), untuk mengetahui bagian dari modul yang perlu direvisi, dan untuk mengetahui hasil uji coba terbatas dari draf modul-modul tersebut. Instrumen yang digunakan untuk penilaian terdiri atas lima aspek yaitu aspek pendahuluan, pembelajaran, isi, tugas, evaluasi, penilaian, dan rangkuman. Uji coba terbatas dilakukan pada dua kelompok mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Bali. Hasil penelitian menunjukkan penilaian ahli materi yaitu secara keseluruhan modul-modul dikategorikan baik dan tiap-tiap modul dari tujuh modul dikategorikan baik. Bagian dari modul-modul yang perlu direvisi terutama dalam hal kecukupan contoh yang disertakan pada aspek isi, tingkat kesulitan soal pada aspek tugas, evaluasi, penilaian, dan ketepatan dalam penjelasan materi teoritis pada aspek pembelajaran. Hasil uji coba secara keseluruhan modul-modul mata kuliah statistika ini memberikan nilai yang lebih baik secara signifikan bagi mahasiswa yang menggunakan modul dibandingkan mahasiswa yang tidak menggunakan modul. Semua modul memberikan nilai yang lebih baik secara signifikan kecuali modul Regresi dan Korelasi.
Kata kunci: Implementasi, Statistika, modul, berbasis spreadsheet
TRIALS IMPLEMENTATION OF SPREADSHEET BASED STATISTICS COURSE MODULES FOR ACCOUNTING DEPARTMENT OF POLYTECHNIC STUDENTS
Abstract
This research aims to know the results of the expert assessment on the module drafts that have been generated in the previous research stage (first stage), to determine which part of modules need to be revised, and to know the results of trials implementation of the module drafts. The instrument used for assesment covering five aspects: the introduction, learning, content, task,evaluation, assessment, and a summary. The trials implementation involving two groups of students from the Accounting Department Bali State Polytechnic. The results of the research show assessment of the expert is the overall modules are categorized good and all of the seven modules are also categorized good. Part of the modules need to be revised, especially in terms of examples adequacy, difficulty level of problems, and explanation accuracy in theoretical materials are included in the aspects of content, task/evaluation/assessment, and learning. The trials implementation of the overall statistical modules provide better results significantly for students who used the modules compared to students who did not use the modules. Every module provide better results signifcantly except on Regression and Correlation module.
Keywords: statistics, implementation, module, spreadsheet-based
Page Range
272-280
Issue
3
Volume
6
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jpv.v6i3.11148
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/11148
Recommended Citation
Wijana, I. M., & Suardani, A. A. (2016). Implementasi uji coba modul-modul statistika berbasis Spreadsheet untuk mahasiswa jurusan akuntansi politeknik. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 272-280. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11148
References
Admadja, I.P. dan Marpanaji, E. 2016. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Praktik Individu Instrumen Pokok Dasar Siswa SMK Di Bidang Keahlian Kerawitan. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol. 6, No. 2, pp 173-183. Ali, R. Dan Ghazi, S.R. 2010. Effectiveness of Modular Teaching in Biology at Secondary Level. Asian Social Science, Vol. 6, No. 9; September 2010, p.53. Danuri. 2015. Pengembangan Modul Matematika 3 dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Memfasilitasi Pemahaman Konsep dan Kemandirian Belajar Mahasiswa PGSD. Seminar Nasional Universitas PGRI Yogyakarta 2015, pp. 36-46. Laviolette, M. 1994. Linear Regression: The Computer as a Teaching Tool. Journal Of Statistics Education, Vol. 2, No. 2, pp. 1-13. Martin, D. And College, D. 2008. Spreadsheet Tool for Learning the Multiple Regression F-test, t-tests, and Multicollinearity. Journal Of Statistics Education, Vol. 16, No. 3, pp. 1-37. May. T. 2015. Using spreadsheets to develop applied skills in a business math course: Student feedback and perceived learning. Spreasheets In Education (eJSiE), Vol. 8, No. 3, pp. 1-16. Mujiati. 2013. Pengembangan Modul Bercirikan Work-Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Smk Pada Materi Matematika Keuangan. KNPM V Himpunan Matematika Indonesia, Juni 2013, pp. 390-39. Nash, J.C. And Quon, T.K. 1996. Issues in Teaching Statistical Thinking with Spreadsheets. Journal Of Statistics Education, Vol. 4, No. 1, pp 1-2. Politeknik Negeri Bali. 2015. Buku Pedoman Pendidikan. Denpasar: Politeknik Negeri Bali, , pp. 1-146. Rhosyda, M. dan Jailani, 2015. Pengembangan Modul Matematika SMK Bidang Seni, Kerajinan, dan Pariwisata Berbasis Open-End Problem Sebagai Implementasi KTSP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 1, pp 34-47. Rizkiawan, E.M. 2014. Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Sistem Starter. Departemen Pendidikan Teknik Mesin. FPTK-UPI. http://repository.upi.edu/ (diakses 14 Mei 2016), pp. 1-2. Santoso, E.S. 2008. Pengunaan Spreadsheet Dalam Pengajaran Sistem Pendukung Keputusan. Jurnal Fasilkom, Vol. 6, No. 1, pp 110-116. Sungkono, 2016. Pengembangan Instrumen Evaluasi Media Modul Pembelajaran. http:// staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sungkono,%20M.Pd./Instrumen%20Modul-Isi%20Untuk%20Ahli%20Materi.pdf (diakses 2 Juni 2016) Wicaksono, A.R., Widoretno, R. dan Nurmiyati 2015. Pengembangan Modul Berbasis Riset pada Pembelajaran Think Pair Share dan Group Investigation pada Pemahaman Konsep dan Kemampuan Peserta Didik SMA Negeri 1 Boyolali Tahun Akademik 2013/2014 . Jurnal Bioedukasi, Vol. 8, No. 1, pp 60-66. Wijana, I.M. dan Suardani, A.P. 2015. Pengembangan Modul Mata Kuliah Statistika Berbasis Spreadsheet Untuk Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik (Analisi Kurikulum dan Kebutuhan. Jurnal Teknodik, Vol. 19, No. 2, pp 173-182.