Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa PTIK STKIP PGRI PONTIANAK
Keywords
hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa, motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, fasilitas laboratorium komputer
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran tentang dosen, mahasiswa, dan fasilitas laboratorium komputer di STKIP PGRI Pontianak; (2) pengaruh motivasi mengajar dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (3) pengaruh kreativitas dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (4) pengaruh kompetensi dosen terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (5) pengaruh fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa; (6) pengaruh motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa secara bersama-sama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) motivasi mengajar dosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer termasuk dalam kategori baik; (2) motivasi mengajar dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2 =0,136; (3) kreativitas dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2=0,343; (4) kompetensi dosen berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2 =0,258; (5) fasilitas laboratorium komputer berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan r2=0,179; dan (6) motivasi mengajardosen, kreativitas dosen, kompetensi dosen, dan fasilitas laboratorium komputer secara bersamasama berpengaruh terhadap hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa dengan nilai p=0,000 dan R2=0,564.
Page Range
195-208
Issue
2
Volume
5
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jpv.v5i2.6392
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6392
Recommended Citation
Arpan, M., & Marpanaji, E. (2015). Faktor-faktor eksternal yang memengaruhi hasil belajar pemrograman komputer mahasiswa PTIK STKIP PGRI PONTIANAK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 195-208. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i2.6392
References
N/A