•  
  •  
 

Keywords

peranan orang tua, lingkungan, pembelajaran kewirausahaan, kesiapan berwirausaha

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peranan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa prodi Pend. Ekonomi, FKIP, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan. Populasi penelitian adalah 162 orang mahasiswa Prodi Pend. Ekonomi FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin Kalimantan Selatan. Sampel sejumlah 110 mahasiswa ditentukan menggunakan teknik proportional random sampling. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Sedangkan teknik yang digunakan adalah penelitian ex-post facto. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, untuk mengukur variabel pandangan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) peranan orang tua tidak memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,339, di mana nilai p > 0,05; maka hipotesis pertama yang diajukan ditolak; 2) lingkungan memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,000 , di mana nilai p < 0,05; maka hipotesis kedua yang diajukan diterima; 3) pembelajaran kewirausahaan memiliki pengaruh positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa, yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,000 , di mana nilai p < 0,05; maka hipotesis ketiga yang diajukan diterima; 4) pandangan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan secara bersama-sama memiliki peran positif terhadap kesiapan berwirausaha mahasiswa yang ditunjukkan oleh besarnya nilai p (sig) yaitu 0,000 , di mana nilai p < 0,05; maka hipotesis keempat yang diajukan diterima.

ROLES OF THE PARENTS, ENVIRONMENTS, AND ENTREPRENEURSHIP LEARNING ON THE ENTREPRENEURIAL READINESS

Abstract

This study aims to investigate the roles of the parents, environments, and entrepreneurship learning, on the entrepreneurial readiness of the students of the Study Program of Economics Education, the Faculty of Teacher Training and Educational Sciences, the Lambung Mangkurat University, Banjarmasin, South Kalimantan. The population comprised the students of the Study Program of Economics Education, the Faculty of Teacher Training and Educational Sciences, the Lambung Mangkurat University, Banjarmasin, South Kalimantan totalling 162 student. The student sample is 110 people was selected by means of the proportional random sampling technique. The study employed the quantitative approach and the technique was ex post facto. The research instruments included questionnaires to measure the variables of the parents' perceptions, environments, and entrepreneurship learning. The results of the study are as follows. 1) The parents' roles do not have a positive effect on the students' entrepreneurial readiness, indicated by the value of p (sig), namely 0.339, and p > 0.05; therefore the first hypothesis is rejected. 2) The environments have a positive effect on the students' entrepreneurial readiness, indicated by the value of p (sig), namely 0.000, and p < 0.05; therefore the second hypothesis is accepted. 3) The entrepreneurship learning has a positive effect on the students' entrepreneurial readiness, indicated by the value of p (sig), namely 0.000, and p < 0.05; therefore the third hypothesis is accepted. 4) The parents' perceptions, environments, and entrepreneurship learning as an aggregate have a positive effect on the students' entrepreneurial readiness, indicated by the value of p (sig), namely 0.000, and p < 0.05; therefore the fourth hypothesis is accepted.

Page Range

15-26

Issue

1

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v5i1.6058

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/6058

References

Badan Pusat Statistik. (2012). Pada Februari 2012, tingkat pengangguran terbuka 6.32 persen. Diakses tanggal 30 Juli 2012 dari [http://www.bps.go.id/?news=928](http://www.bps.go.id/?news=928)

Badan Pusat Statistik Kalimantan Selatan. (2012). Jumlah pegawai negeri sipil Kalimantan Selatan tahun 2012, tingkat pengangguran terbuka 6.32 persen. Diakses tanggal 30 Juli 2012 dari [http://www.kalsel.bps.go.id/?news=928](http://www.kalsel.bps.go.id/?news=928)

Calhoun, C. C. & Finch, A. V. (1982). Vocational education: concepts and operations. California: Wadsworth Publishing Company.

Darpujiyanto. (2010). Pembelajaran yang menumbuhkan minat mahasiswa berwirausaha. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi ASIA Vol. 5 No. 1. Desember 2010. Diakses tanggal 15 Nopember 2012 dari [http://www.scribd.com/document_downloads/direct/82223211?extension=pdf&ft=1351811495<=1351815105&source=read+page&uahk=qT Pcuhi0Qu0kSxnw8ADpIl4ES54](http://www.scribd.com/document_downloads/direct/82223211?extension=pdf&ft=1351811495<=1351815105&source=read+page&uahk=qT Pcuhi0Qu0kSxnw8ADpIl4ES54)

Departemen Keuangan Republik Indonesia. (2013). Rencana pembangunan menengah 2010-2014. Jakarta: Depkeu.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. (2013). Visi Misi FKIP Unlam. Diakses tanggal 24 Oktober 2013 dari [http://fkipunlam.ac.id](http://fkipunlam.ac.id)

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah. (2012). Bangun wirausaha idealnya Rp 5 miliar per tiap tahun. Diakses tanggal 30 Juli 2012, dari [http://epaper.danabergulir.com/wp-content/uploads/2012/04/Edisi-4-April-2012.pdf](http://epaper.danabergulir.com/wp-content/uploads/2012/04/Edisi-4-April-2012.pdf)

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Data tenaga keguruan tahun 2011. Diakses tanggal 6 Nopember 2012 dari [http://www.jpnn.com](http://www.jpnn.com)

Purwanto, N. (2006). Psikologi pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Priyanto, S. H. (2009). Mengembangkan pendidikan kewirausahaan di masyarakat. Jurnal Ilmiah Pendidikan Formal Dan Informal. Volume 1 / No 1 - Nopember 2009. Diakses tanggal 30 Juli 2012 dari [http://andragogia.p2pnfisemarang.org/wp-content/uploads/2010/11/andragogia1_4.pdf](http://andragogia.p2pnfisemarang.org/wp-content/uploads/2010/11/andragogia1_4.pdf)

Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Suharti, L. & Sirine, H. (2012). Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap niat kewirausahaan (entrepreneurial intention). (studi terhadap mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol 13, No 2 September 2011 Diakses tanggal 4 Januari 2013 dari [http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/viewFile/18329/18174](http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/viewFile/18329/18174)

Unesco. (1973). Technical and vocational teacher education and training. Paris: United Nations Educational.

Share

COinS