•  
  •  
 

Keywords

perangkat pembelajaran, keterampilan generik komunikasi, negosiasi

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, mengembangkan dan menghasilkan perangkat pembelajaran yang mampu melatihkan keterampilan generik komunikasi bernegosiasi siswa SMK dengan menggunakan metode 4D. Penelitian R&D ini dilaksanakan di SMKN 4 Surakarta yaitu pada siswa kelas X Program Keahlian Tata Busana. Tahapan pengembangan perangkat terdiri dari empat fase yaitu define, design, develop, dan disseminate. Tahap define mencakup kegiatan studi pustaka dan survey lapangan untuk keperluan identifikasi masalah dan need analysis, tahap design mencakup kegiatan perancangan produk awal, tahap develop mencakup kegiatan validasi pakar, revisi produk, ujicoba satu-satu dan kelompok kecil, sedangkan tahap disseminate mencakup kegiatan sosialisasi lapangan dan revisi produk akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) metode 4D merupakan metode yang fisibel dan efektif untuk digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran keterampilan generik komunikasi bernegosiasi; dan (2) perangkat pembelajaran yang dihasilkan mampu mengajarkan dan melatih keterampilan generik komunikasi bernegosiasi siswa kelas X SMKN 4 Surakarta.

THE TEACHING DEVICES DEVELOPMENT OF GENERIC NEGOTIATION COMMUNICATION SKILL OF SMK STUDENTS USING 4D METHOD

Abstract

The study aims to describe, develop and produce teaching devices which will be able to teach and train the generic negotiation communication skills of SMK students using 4D methods. This study is carried out in SMK 4 Surakarta class X Fashion Design Study Program. The stages of development consist of four phases, namely the define, design, development, and dissemination. Define phase includes the activities of literature studies and field surveys for the purposes of identification of the problem and need analysis. Design phase includes the initial product design activities. Develop stage includes expert validation activities, product revision, one to one evaluation and small groups evaluation. Field disseminate phase include socialization and revision of the final product. The data collection techniques are observation, interviews, documentation, and questionnaires. The data analyses techniques use descriptive quantitative and qualitative analysis techniques. The results show: (1) 4D method is feasible and effective in developing the teaching devices of negotiation generic skills; and (2) the resulting teaching devices are able to teach and train the generic communication skills to negotiate class X SMK 4 Surakarta.

Page Range

379-390

Issue

3

Volume

4

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v4i3.2561

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2561

References

Referensi yang telah disebutkan:

Azwar, Saifuddin. (2012). Reliabilitas dan validitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Blank, W.E. (1982). Handbook for developing competency based training programs. USA: Prentice-Hall, Inc.

Dharma, S. et al. (2013). Tantangan guru SMK abad 21. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah.

Fells, Ray. (2009). Effective negotiation from research to results. New York: Cambridge University Press.

Nieveen, Nienke. (1999). Prototyping to reach product quality. In Jan Van den akker. RM, Branch, K. Gustafson, N, Nieveen & Tj Plomp (Eds) Design approaches and tools in education and training (pp 125-135) Kluwer Academic Publishers, Drordrecht, The Nederland.

Nitko, A.J., & Brookhart, S.M. (2007). Educational assessment of students. New Jersey: Pearson Merril Prentice Hall.

Norita. (2013). Penerapan pembelajaran kooperatif menggunakan hand out untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa SMP Monterado. Artikel penelitian. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Park, Man-Gon et al. (2009). Work, learning and sustainable development: opportunities and challenges. Sustainable development through a skilled, knowledge-based workforce. UNESCO-UNEVOC book series: technical and vocational education and training. Australia: Springer Science and Business Media B.V.

Robbins, S.P. (1996). Organizational behaviour: concepts, controversies, applications. New Jersey: Prentice Hall, Inc. Edisi terjemahan: Perilaku organisasi: konsep, kontroversi, aplikasi. Jakarta: Prenhallindo.

Rue, L.W. & Byars, L.L. (2000). Management skill and application. North America: McGraw-Hill Companies, Inc.

Suarta, I Made. (2012). Pengembangan konstruk sistem pembelajaran pada pendidikan vokasi. Jurnal pendidikan vokasi Vol.2 Nomor.1 Februari 2012. Yogyakarta: ADGVI.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. Bloomington: Indiana University.

Share

COinS