Faktor determinan pemanfaatan tik dan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul
Keywords
TIK, kinerja guru
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh faktor sosial terhadap pemanfaatan TIK; (2) pengaruh kemudahan penggunaan terhadap pemanfaatan TIK; (3) pengaruh kesesuaian tugas terhadap pemanfaatan TIK; (4) pengaruh harapan hasil terhadap pemanfaatan TIK; dan (5) pengaruh pemanfaatan TIK terhadap kinerja guru. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, dilaksanakan pada empat SMK yang sudah menerapkan Kurikulum 2013 di Kabupaten Gunungkidul. Teknik pengambilan sampel dengan proportionale random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Krejcie dan Morgan, untuk populasi sebanyak 377 maka sampel yang diambil sebanyak 191 guru. Validitas instrumen diketahui berdasarkan penilaian pakar dan analisis butir. Reliabilitas diketahui dengan menghitung koefisien Cronbach Alpha. Teknik analisis data dengan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor sosial berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; (2) kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; (3) kesesuaian tugas berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; (4) harapan hasil tidak berpengaruh terhadap pemanfaatan TIK; dan (5) pemanfaatan TIK berpengaruh terhadap kinerja guru.
DETERMINANT FACTORS OF ICT UTILIZATION AND THE EFFECT ON TEACHER PERFORMANCE OF SMK IN GUNUNGKIDUL DISTRICT
Abstract
This study aimed to determine: (1) the effect of social factor on the ICT utilization; (2) the effect of ease of use on the ICT utilization; (3) the effect of job fit on the ICT utilization; (4) the effect of outcome expectancy on the ICT utilization; and (5) the effect of ICT utilization on the teachers performance. This study was an ex-post facto research, conducted in four SMKs that have implemented 'Kurikulum 2013' in Gunungkidul district. The sampling technique was proportionale random sampling. Based on Krejcie and Morgan's table for determining sample size, for a population of 377 the sample could be taken as many as 191 teachers. The validity of the instrument was known based on expert judgment and item analysis. Reliability coefficient was determined by calculating Cronbach's Alpha. The data analysis technique used was Partial Least Square (PLS). The results of this research show that: (1) the social factor affects the ICT utilization; (2) the ease of use affects the ICT utilization; (3) the job fit affects the ICT utilization; (4) the outcome expectancy doesn't affect the ICT utilization; and (5)the ICT utilization affects the teachers performance.
Page Range
285-299
Issue
3
Volume
4
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jpv.v4i3.2555
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/2555
Recommended Citation
Destiana, B., & Soenarto, S. (2014). Faktor determinan pemanfaatan tik dan pengaruhnya terhadap kinerja guru SMK di Kabupaten Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 285-299. https://doi.org/10.21831/jpv.v4i3.2555
References
Referensi telah dirapikan dan nomor telah dihapus. Berikut daftar referensinya:
BTKP DIY. (16 Agustus 2012). Konsultan sosialisasikan hasil penilaian pemanfaatan program ICT EQEP. Diakses pada tanggal 26 Juli 2013, dari [tautan](http://btkp-diy.or.id/?act=hal_isi&hal=more_news&vi=395)
Bodnar, George H., & Hopwood, William S. (2012). Accounting information systems. New Jersey: Prentice Hall.
Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.
Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dikpora DIY. (10 Oktober 2012). Hasil penilaian ki hajar awards tingkat provinsi DIY tahun 2012. Diakses pada tanggal 20 Juli 2013, dari [tautan](http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/index.php?view=v_berita&id_sub=2763)
Dikpora DIY. (27 November 2012). DIY borong penghargaan di festival pendidikan ki hajar 2012. Diakses pada tanggal 20 Juli 2013, dari [tautan](http://www.pendidikan-diy.go.id/dinas_v4/?view=v_berita&id_sub=2794)
Fishbein, M., & Ajzen, I. (1975). Belief, attitude, intention, and behavior: an introduction to theory and research. Massachusetts: Addison-Wesley.
Goodhue, Dale L., & Thompson, Ronald L. (1995). Task-technology fit and individual performance. MIS Quarterly, Vol. 19, No. 2, pp. 213-236.
Imam Ghozali. (2011). Structural equation modeling: Metode alternatif dengan partial least square. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irma Salamah. (2012). Utilization of IT and the effect on individual performance of lecturers at state polytechnic Sriwijaya. Journal of Economics, Business, and Accountancy Ventura Volume 15, No. 1 (pp. 31-46)
Jogiyanto HM. (2008). Sistem informasi perilaku (edisi revisi.). Yogyakarta: Andi Offset.
Lin, L. R. (1988). Educational measurement. New York: Macmillan.
Republika. (14 November 2013). Pemkot Yogya peroleh Ki Hajar Award 2013. Diakses Pada 10 Februari 2014, dari [tautan](http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/11/14/mw8yxx-pemkot-yogya-peroleh-ki-hajar-award-2013)
Sidiknas. (26 Desember 2012). Keberhasilan Kurikulum 2013. Diakses pada tanggal 20 Juli 2013, dari [tautan](http://www.kemdik-nas.go.id/kemdikbud/uji-publik-kurikulum-2013-5)
Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal computing: toward a conceptual model of utilization. MIS Quarterly, Vol. 15, No. 1, pp. 125-143.
Triandis, H.C. (1980). Values, attitudes, and interpersonal behavior. In H. E. Howe & M. M. Page (Eds.), Nebraska Symposium on Motivation 1979, pp. 195-259.
Wagiran. (2013). Metodologi penelitian pendidikan: teori dan implementasi. Yogyakarta: Deepublish.