Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mengetahui tingkat relevansi Kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan kebutuhan dunia industri di DI Yogyakarta. Kedua mengetahui tingkat keterlaksanaan Kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian yaitu industri di DI Yogyakarta yang berjumlah 140 industri dan guru Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta yang berjumlah 9 orang. Sampel untuk industri diambil menggunakan teknik purposive random sampling dengan sampel 35 industri. Untuk guru, semua populasi diambil sebagai sampel. Instrumen untuk industri dan guru menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) relevansi antara kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan kebutuhan dunia industri dalam kategori sangat relevan; dan (2) keterlaksanaan Kurikulum kompetensi keahlian Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Yogyakarta dalam kategori sangat baik.
RELEVANCE OF BUILDING ENGINEERING CURRICULUM SMKN 3 YOGYAKARTA WITH THE NEEDS OF INDUSTRY
Abstract
This research has two purposes; first, to determine the level of curriculum relevance of Building Engineering of SMKN 3 Yogyakarta with the needs of industry in the region of Yogyakarta. Second, to determine the level of curriculum feasibility of Building Engineering of SMKN 3 Yogyakarta. This research is a descriptive study. The research population consists of two types, industries engaged in civil construction engineering in DI Yogyakarta, amounting to 140 industries and namely teachers of Building Engineering SMKN 3 Yogyakarta, amounting to 9 people. For industries, samples were taken using a purposive random sampling with a sample of 35 industries. For the teachers, all population was taken as the sample. Instruments for industries and teachers were a questionnaire which was sent directly and via post. Data analysis technique used is descriptive statistics with the help of Microsoft Excel package.The results show that: (1) the relevance of curriculum competencies building Engineering expertise SMKN 3 Yogyakarta with the needs of industry is in the very relevant category, and (2)curriculum feasibility of building Engineering SMKN 3 Yogyakarta based on Permendiknas number 41 of 2007 on a standard process is in very good category.
Page Range
359-372
Issue
3
Volume
3
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jpv.v3i3.1849
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1849
Recommended Citation
Suwarsono, S., & HP, S. (2013). Relevansi kurikulum teknik gambar bangunan SMKN 3 Yogyakarta dengan kebutuhan dunia industri. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3), 359-372. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1849
References
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah.
Depdiknas. (2007). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 41 tahun 2007 tentang standar proses
Depdiknas. (2006). Peraturan menteri pendidikan nasional republik indonesia nomor 22 tahun 2006 tentang standar isi
Saifuddin Azwar. (2012). Penyusunan skala psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. (2001). Metode penelitian administrasi. Bandung: Alfabeta
Wardiman Djojonegoro. (1998). Pengembangan sumber daya manusia melalui sekolah menengah kejuruan. Jakarta: Jayakarta Agung Offset
Winarno Surakhmad. (2001). Pengantar penelitian ilmiah, dasar, metoda, teknik (Rev.Ed). Bandung: Tarsito
Wonacott, ME. (2003). History and evolution a compilation of vocational and career technical education. Colombus: Center on Education and Training.