Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi perangkat lunak multimedia pembelajaran bahasa Inggris untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, desain dan pengembangan. Tahap perencanaan meliputi penentuan ruang lingkup, identifikasi karakteristik siswa dan pengumpulan bahan ajar. Tahap desain meliputi analisis konsep materi, pembuatan flowcharts dan storyboards. Tahap akhir yakni proses pengembangan meliputi penyiapan komponen multimedia, pembuatan program, dan evaluasi. Evaluasi terdiri atas uji alpha oleh ahli materi dan ahli media, uji beta oleh siswa dan uji sumatif melalui pretes dan postes. Multimedia pembelajaran yang telah dikembangkan ini terdiri atas materi bahasa Inggris dengan topic personality traits, people dan compliments. Menurut ahli materi, media ini termasuk sangat baik dalam aspek pembelajaran dan baik dalam aspek materi. Sedangkan menurut ahli media, media ini termasuk sangat baik. Siswa yang belajar menggunakan media ini mencapai tingkat ketuntasan 70%, sedangkan yang belajar menggunakan media cetak mencapai ketuntasan 50%.
THE DEVELOPMENT OF MULTIMEDIA LEARNING FOR ENGLISH SUBJECT FOR VOCATIONAL SCHOOL
Abstract
This study aims to develop and evaluate software of multimedia learning for English subject for vocational students. The development steps are: plan, design and development. The plan includes determining the scope, identifying student, and gathering resources. The design includes analyzing, making flowcharts and storyboards. The development includes creating multimedia components, programming, and evaluating. The evaluation includes alpha testing, beta testing, and summative evaluation. The developed software of multimedia learning for English subjects contains topics of personality traits, people and compliments. According to a subject expert, this software is very good in aspect of learning and good in aspect of material. According to a media expert, the software quality is very good. Students who used this software reached 70% mastery learning.
Page Range
45-52
Issue
1
Volume
3
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/jpv.v3i1.1576
Source
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1576
Recommended Citation
Surjono, H. D., & Susila, H. R. (2013). Pengembangan multimedia pembelajaran bahasa inggris untuk SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 45-52. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1576
References
AECT. (1977). The definition of educational technology. Washington, D.C. Associ- ation for Education Communication and Technology.
Blackwell, John. (1997). Multimedia applica- tion in education. Diambil pada tanggal 26 mei 2009, dari http://web.viu.ca/seeds/mm/index.html.
Agnew, P.W., Kellerman, .A.S., & Meyer, J.M. (1996). Multimedia in the class- room. Massachutsetts: Allyn & Bacon.
Alessi, S.M. & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning : methods and development (3th ed.). Massachusetts : Ally & Bacon A Pearson Education Company
Asri Budiningsih. (2005). Belajar dan pembelajaran. Yogyakarta: FIP UNY.
Azhar Arsyad. (2007). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Brown, H.D. (2001). Teaching by principles an interactive approach to language pedagogy. New York: Longman.
Bormann, E.G. & Borman, N.G. (1981). Speech communication. New York: Harper & Row.
Eggen, P & Kauchak, D. (2004). Educational psychology: Windows on classroom (6th edition). New Jersey: Prantice Hill Inc
Kurikulum. (2003). Kurikulum 2004 standar kompetensi Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah: pedomam khusus mata pelajaran Bahasa Inggris. Jakarta: Dharma Bhakti.
Lee, W.W., & Owens, D.L. (2004). Multimedia based instructional design (2th ed.). San Francisco: Pfeiffer.
Liu,Yuliang. (2005). Effects of online instruction vs traditional instruction on student’s learning. International journal of instructional technology and distance learning. Diambil tanggal 3 May 2009, dari http://itdl.org/Journal/ Mar_05/article06.htm.
Seels, B. B., & Richey, R. C. (1994). Instructional technology; The definition and domain of the field. Washington DC: Association for Education Com- munication and Technology.
Sukardjo. (2008). Desain pembelajaran: evaluasi pembelajaran. Handout perkuliahan : PPs Universitas Negeri Yogyakarta
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuatitatif, kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta
Suyanto, M. (2003). Multimedia: Alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Yogyakarta: Andi Offset.
Yusufhadi Miarso. (2005). Menyemai benih teknologi pendidikan. Jakarta: Kencana.