•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat siswa SMP Negeri dalam melanjutkan sekolah di SMK ditinjau dari sosial ekonomi keluarga di Kabupaten Bantul. Desain penelitian ini adalah ex post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri tahun ajaran 2012/2013 di Kabupaten Bantul. Dari populasi di atas diambil 17 SMP sebagai sampel penelitian, sehingga sampel penelitian menjadi 364 orang, yang diambil secara proporsional random sampling. Instrumen untuk pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji person correlation dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh antara lingkungan siswa dengan minat sebesar 0,627, kesejahteraan keluarga dengan minat siswa sebesar -0,227, informasi pendidikan dengan minat siswa sebesar -0,181, pemenuhan kebutuhan keluarga dengan minat siswa sebesar -0,156, dan nilai F sebesar 65,037 dengan nilai sig 0,000 dengan persamaan regresi Y = 44,623 + 0,533X1 - 0,113X2 - 0,122X3 - 0,089X4, Sumbangan variabel bebas mempunyai pengaruh 42% terhadap minat siswa SMP Negeri dalam melanjutkan sekolah di SMK.

CONTINUING PUBLIC INTEREST TO STUDENTS VOCATIONAL VIEWED FROM THE SOCIO ECONOMIC FAMILY IN THE DISTRICT BANTUL

Abstract

The aim of this study is to find out the effects between public junior high school students' interests in continuing their studies in vocational high schools and their families' socio-economic in Bantul Regency.This study employed the ex post facto design. The research population comprised 7718 Grade IX students of 48 public junior high schools in the academic year of 2012/2013 in Bantul Regency. From the population, 17 junior high schools were selected as the sample, consisting of 364 students, selected by means of the proportional random sampling technique. The data were collected through a questionnaire. The data analysis techniques, namely the Pearson's product moment correlation and multiple regression. The results of the study show that the correlation coefficient between the students environments and their interests is 0.627, the family welfare and their interests is -0.227, the educational information and their interests is -0.181, and the family need fulfilment and their interests is -0.156, and an F value of 65.037 at a significance value of 0.000 with the regression equation Y = 44.623 + 0.533X1 - 0.113X2 - 0.122X3 - 0.089X4. The independent variables have a contribution of 42% to public junior high school students' interests in continuing their studies in vocational high.

Page Range

103-116

Issue

1

Volume

3

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/jpv.v3i1.1585

Source

https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/view/1585

References

Dalyono. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang - Undang RI No. 20, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Depdiknas, Data Pokok SMK Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Departemen Pendidikan Nasional. (2009). Diambil pada tanggal 30 Agustus 2009 dari : http://datapokok.dtpsmk.net/index.php?nama=prop=04&kab=0402&dstatus=& kk

Depdiknas. (2010). Peraturan Pemerintah RI No. 17, tentang Pengelolaan dan Pe- nyelenggaraan Pendidikan. Jakarta.

Gerungan. 2004. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama.

Krejcie and Morgan. (1960). Educational and Psychological Measurement. Texas :The NEA Research Bulletin.

Pem. Kab. Bantul, Peta Kemiskinan Absolut dan Persentase di Kabupaten Bantul. Diambil pada tanggal 28 Agustus 2009 dari : http://www.bantulkab.go.id/data-gakin/index.php.

Sugiyono (2011). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sukardi. (2011). Statistika Pendidikan untuk Penelitian dan Pengelolaan Diklat. Yogyakarta : Usaha Keluarga

Sukardi. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Prakteknya. Jakarta : Bumi Aksara.

Wingkel, W. S. (1985). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: Gramedia.

Share

COinS