Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar IPS dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Penelitian tindakan kelas ini dengan subjek penelitian siswa kelas VIII F SMP N 2 Kedungbanteng. Data diperoleh melalui pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Pembelajaran IPS dengan pengamatan lingkungan sekitar secara langsung dilanjutkan dengan diskusi kelompok, dapat meningkatkan minat siswa belajar IPS; siswa yang memiliki minat belajar sangat tinggi dan tinggi pada siklus I hanya 22.4% meningkat menjadi 78% pada siklus IV. Kepala Sekolah, guru pelaksana, kolaborator dan siswa menanggapi positif terhadap pelaksanaan pembelajaran IPS dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar.
Kata kunci: minat belajar ips, lingkungan sumberpembelajar ips.
First Page
89
Last Page
104
Issue
1
Volume
9
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v9i1.1996
Recommended Citation
Prihantoro, Prihantoro
(2007)
"Penignkatan Minat Belajar IPS dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar sebagai Sumber Belajar di SMPN 2 Kedungbanteng Kabupaten Banyumas,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 9:
Iss.
1, Article 6.
DOI: 10.21831/pep.v9i1.1996
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol9/iss1/6