Document Type
Article
Abstract
Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengembang-kan program pembelajaran fisika sekolah menengah atas berbantuan komputer dan kemudian mengevaluasi program tersebut pada sampel siswa dari populasi penelitian ini. Secara lebih luas, tujuan penelitian ini adalah: (1) mempelajari tanggapan siswa terhadap program tersebut, dan (2) mempelajari perbedaan antara prestasi hasil belajar siswa sebelum dan sesudah mereka menggunakan program tersebut (perbedaan antara skor pretest dan skotpost test).
Subjek uji coba meliputi 82 orang, terdiri atas seorang ahli mata pelajaran, seorang ahli media, 30 siswa untuk uji coba instrumen penelitian, 20 siswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Data penelitian ini dikumpulkan menggunakan angket pembelajaran dan tes fisika (tes awal dan tes akhir). Evaluasi program dilakukan berdasarkan aspek pembelajaran dan media. Kritik dan sa-ran dari responden digunakan untuk meningkatkan program tersebut
Temuan penelitian menunjukkan bahwa dari aspek pembelajaran dan media, program pembelajaran fisika sekolah menengah atas berbantuan komputer secara keseluruhan menarik, bisa meningkatkan motivasi belajar (diberi nilai B oleh responden), dan meningkatkan nilai rata-rata siswa 18%.
Kata Kunci: pengembangan program, model pengembangan, validasi program.
First Page
178
Last Page
198
Issue
2
Volume
8
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v8i2.2002
Recommended Citation
Wurdiyanti, Titi
(2006)
"Pengembangan Program Pemebelajaran Fisika SMA Berbantuan Komputer,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 8:
Iss.
2, Article 3.
DOI: 10.21831/pep.v8i2.2002
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol8/iss2/3