Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses pembentukan karakter, pengembangan kompetensi siswa, budaya kerja, dan TotalQuaBty Management (TQM) di SMK Katolik Santo Mikael (SMK Mikad) Surakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan sumber informasi para pengelola, pelaksana, dan pelanggan. Data penelitian ini dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen yang relevan.
Hasil analisis data menunjukkan pembentukan karakter dan pengembangan kompetensi di SMK Mikael dilakukan melalui empat hal. Pertamat pelaksanaan proses pendidikan dan pelatihan berbasis produksi atau Production Based Training (PBT) dan penerapan manajemen mutu ISO 9001:2000. Kedua, pelaksanaan kegiatan intrakurikuler (teori dan praktik) dan kegiatan ekstrakurikuler mencakup rekoleksi, retret rohani, oleh raga, musik, pecinta alam, dan bela diri. Ketiga, penerapan Kurikulum SMK 2004 diorientasikan kepada kebutuhan dunia usaha dan industri. Keempat, penerapan indikator mutu berbasis pada kepuasan pelanggan dan standar mutu dan persentase serapan dan evaluasi tiap tahun.
Kata kunci: pembangunan karakter, pengembangan kompetensi, TQM
First Page
167
Last Page
177
Issue
2
Volume
8
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v8i2.2001
Recommended Citation
Raharjo, FX. Supriyono
(2006)
"Pembentukan Karakter dan Pengembangan Kompetensi Siswa Pendidikan Teknik di SMK Katolik Santo Mikael Surakarta melalui Penerapan Total Quality Management,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 8:
Iss.
2, Article 2.
DOI: 10.21831/pep.v8i2.2001
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol8/iss2/2