Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh pendekatan pembelajaran, gaya belajar siswa, dan interaksi keduanya terhadap prestasi belajar kimia.
Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Ngaglik, Sleman terhadap siswa kelas I semester 2 tahun pelajaran 2003/2004. Penelitian ini adalah eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini berjumlah 220 siswa dengan sampel sejumlah 125 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal kemampuan awal kimia, angket gaya belajar siswa, dan soal prestasi belajar kimia, yang sudah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Koefisien reliabilitas masing-masing instrumen lebih dad 0,7. Sebelum data dianalisis dilakukan pengujian prasyarat analisis dengan Kolmogorov-Smirnov untuk menghitung normalitas; serta F-ratio untuk menghitung homogenitas. Data dianalisis dengan menggunakan analisis variansi dua jalur, dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian pembelajaran kimia menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa: (1) lebih tinggi pada pembelajaran konstruk-tifistik daripada pembelajaran konvensional, (2) lebih tinggi dengan gaya belajar visual dibanding gaya belajar auditorial, (3) tidak berbeda antara gaya belajar visual dengan kinestetik dan antara gaya belajar auditorial dengan kinestetik.
Kata kunci: honstruktivistik, gaya belajar siswa, prestasi belajar kimia.
First Page
128
Last Page
150
Issue
1
Volume
8
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v8i1.2016
Recommended Citation
Waluyo, Waluyo
(2006)
"Pengaruh Pendekatan Konstruktivistik dan Gaya Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa Kelas I Semester 2 SMA Negeri 1 Ngaglik Sleman Tahun Pelajaran 2003/2004,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 8:
Iss.
1, Article 9.
DOI: 10.21831/pep.v8i1.2016
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol8/iss1/9