Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan siswa secara aktif dan menyenangkan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Salah satu alternatif pendekatan itu adalah pembelajaran kontekstual.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersifat partisipatif dan kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar (SD) Piyungan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, dan guru kelas sebagai kolaboratornya. Instrumen penelitian berupa format lembar pengamatan untuk guru dan siswa selama proses pembelajaran IPS. Kemudian, data pengamatan tersebut ditabulasikan dan dianalisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual sebagai berikut: putaran 1, adanya peningkatan yang tajam (>75%) pada fokus perhatian, kegiatan belajar dan pencatatan dibandingkan dengan pengamatan awal; putaran 2, menunjukkan keterlibatan belajar siswa yang dikategorikan pasif tidak ada (0%), dan pada putaran 3, menunjukkan hasil kerja kelompok siswa yang berkategori benar meningkat (>90%) dan tagihan akhir, menunjukkan adanya konsistensi kualitas pembelajaran IPS. Kesimpulannya, pem-belajaran IPS dengan pendekatan kontekstual di sekolah dasar menjadikan keterlibatan belajar siswa meningkat jauh lebih baikjdan guru menjadi lebih siap dalam proses pembelajaran di kelas.
Kata kunci: pembelajaran kontekstual, penilaian alternatif
First Page
225
Last Page
240
Issue
2
Volume
7
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v7i2.2022
Recommended Citation
Isyanti, Isyanti
(2005)
"Penerapan Pembelajaran Kontekstual dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 7:
Iss.
2, Article 6.
DOI: 10.21831/pep.v7i2.2022
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol7/iss2/6