Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan software PBK mata kuliah Landasan Kependidikan sebagai salah satu sumber media alternatif dalam rangka mencapai efektivitas, efisiensi dan daya tank untuk belajar; (2) menerapkan prinsip-prinsip desain pembelajaran (instructional design) dalam software pembelajaran Landasan Kependidikan; (3) Menentukan kelayakan produk pembelajaran landasan kependidikan berbantuan komputer agar dapat memfasilitasi active learning.
Subjek penelitian terdiri dari 2 orang, (1 orang ahli mated dan 1 orang ahli media), 6 orang mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan 20 orang mahasiswa untuk uji coba lapangan. Data yang dijaring sesuai dengan jenisnya. Data kuantitatif dianalisis dengan statistik deskriptif sedangkan data kualitatif dengan naratif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) Bahan PBK yang dirancang efektif digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran; (2) Bahan PBK memiliki efisiensi waktu yang tinggi dalam penyampaian isi pembelajaran; (3) Bahan PBK yang digunakan memiliki daya tarik yang tinggi; (4) isi program PBK sesuai dengan prinsip-prinsip desain pembelajaran; dan (5) program PBK ini dapat memfasilitasi strategi active learning.
Kata kunci: pembelajaran berbantuan komputer, strategi active learning.
First Page
143
Last Page
157
Issue
2
Volume
7
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v7i2.2017
Recommended Citation
Surtikanti, Surtikanti
(2005)
"Pengembangan bahan Pembelajaran Berbantuan komputer (PBK) untuk Memfasilitasi Active Learning dalam Mata Kuliah Landasan Kependidikan,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 7:
Iss.
2, Article 1.
DOI: 10.21831/pep.v7i2.2017
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol7/iss2/1