•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelidan ini bertujuan untuk mengungkapkan pengelolaan pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah Mujahidin yang terdiri dari beberapa unit pendidikan yaitu: TK, SD, SMP, MTs, SMA, dan MA.

Penelidan ini menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan memaparkan data yang disusun dalam instrumen dan data yang ditemukan di lapangan. Populasi penelidan ini adalah semua guru Pendidikan Agama Islam di sekolah-sekolah Mujahidin serta semua kepala sekolah, ketua yayasan, ketua majelis pendidikan, ketua jamaah tetap, dan Pengurus OSIS MA Mujahidin.

Dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa keberadaan sekolah-sekolah Mujahidin diawali dengan pendirian masjid Mujahidin Surabaya, kemudian berkembang menjadi sekolah-sekolah yang berdiri secara berurutan: TK, SD, SMP, PGAL, dan SMA. Pendirian sekolah-sekolah tersebut mendapatkan dukungan dari para jamaah Masjid. Dalam pengelolaan Pendidikan Agama Islam ditemukan segi kekuatan pada jumlah mated dan kemampuan pengetahuan agama Is­lam pada semua guru, baik guru agama maupun guru umum, sedangkan kelemahan terdapat pada segi aplikasi dan evaluasi. Oleh sebab itu, dalam pengelolaan Pendidikan Agama Islam pedu ditingkatkan segi kontrol dan pengamalan ajaran agama Islam dalam segala kegiatan. Kata Kunci: pengelolaan pendidikan agama Islam, yayasan masjid Mujahidin Surabaya.

First Page

60

Last Page

78

Issue

1

Volume

7

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v7i1.2030

Share

COinS