Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah memperoleh gambaran tentang usaha Dinas Pendidikan Kota Salatiga dalam mengelola pendidikan di era otonomi, persepsi sekolah terhadap kebijakan otonomi pendidikan di beberapa aspek, usaha yang sudah dilakukan, masalah yang dihadapi, dan strategi mengatasinya dalam upaya menuju otonomi pendidikan yang diharapkan.
Sumber informasinya adalah pihak-pihak yang terkait, terutama pejabat Dinas Pendidikan, warga sekolah, dan pengurus komite sekolah. Data dikumpulkan melalui wawancara dan studi dokumen. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif dan dianalisis secara kualitatif.
Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa dalam rangka mengelola pendidikan di era otonomi Pemerintah Kota Salatiga telah merumuskan kebijakan umum bidang pendidikan. Berdasarkan temuan tersebut pemberdayaan terhadap para aktor perencana pendidikan dan organisasi pendukung otonomi pedu dilakukan oleh pemerintah kota bekerjasama dengan Perguruan Tinggi dan LSM sehingga pendidikan menjadi tanggung jawab bersama stakeholders. Kata kunci: otonomi daerah bidang pendidikan.
First Page
24
Last Page
42
Issue
1
Volume
6
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v6i1.2037
Recommended Citation
Wasitohadi, Wasitohadi
(2004)
"Otonomi Daerah Bidang Pendidikan di Kota Salatiga (Profil, Problematika, dan Strategi Mengatasinya),"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 6:
Iss.
1, Article 3.
DOI: 10.21831/pep.v6i1.2037
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol6/iss1/3