•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pengalaman diklat guru secara bersama-sama maupun secara parsial terhadap kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Madura di SD Negeri Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Madura.

Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif ekplanatoris. Populasi penelitian adalah seluruh guru bahasa Madura di SDN se Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan Madura sebanyak 164 orang. Sampel diambil sebanyak 113 orang. Sampel ditentukan dengan cara proportional random sampling. Data primer dikumpulkan dengan invented berskala Likert Analisis data dilakukan dengan regresi berganda dan korelasi parsiaL

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara deskriprif pembinaan kepala sekolah terhadap guru menurut persepsi guru tergolong baik, demikian juga motivasi kerjanya. Pengalaman diklat juga tergolong baik. Kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Madura juga tergolong baik. (2) Secara bersama-sama pembinaan kepala sekolah, motivasi kerja, dan pengalaman diklat berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Madura di SDN. (F = 347.0546; R2 = .905; df = 3:109; p < .05). Sumbangan efektimya terhadap kinerja guru sebesar 90.5%. Secara parsial pembinaan kepala sekolah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = .236; t = 2.543; p < .05). Sumbangan efektimya 23.6%. Motivasi kerja guru juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = .456; t = 5.355; p < .05). Sumbangan efektif 45.6%. Pengalaman diklat juga berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru (r parsial = .521; t = 6.381; p < .05). Sumbangan efektif 52.1%.

Kata kunci: kinerja guru bahasa madura.

First Page

125

Last Page

138

Issue

1

Volume

6

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v6i1.2044

Share

COinS