•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan proses dan media gambar di kelas II SD Negeri, Ngaglik, Sardonoharjo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Pengumpulan data melalui pengamatan dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi dengan wawancara, angket dan pengamat lain. Teknik analisis data untuk prestasi belajar menggunakan analisis deskriptif dan data tentang intensitas aktivitas menggunakan metode alur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis dengan menggunakan pendekatan proses dan media gambar berhasil meningkatkan : (1) keterampilan menulis siswa naik sebesar 17, 44 dari skor rata-rata 54,43 menjadi 71,87; (2) motivasi belajar naik sebesar 33,4 %, dari 63,3 % menjadi 96,7 %; (3) perhatian naik sebesar 30 %, dari 66,7 % menjadi 96,7%; (4) aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 56,6 %, dari 36,7 % menjadi 93,3 %. Kata kunci: keterampilan menulis, pendekatan proses, dan media gambar

First Page

128

Last Page

142

Issue

6

Volume

5

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v5i6.2063

Share

COinS