•  
  •  
 

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata dan mengevaluasi pembelajaran di pesantren mahasiswa, terutama mengenai: 1) kondisi lingkungan pesantren baik fisik dan sosial budaya yang dapat menumbuhkan iklim pembelajaran yang kondusif, 2) proses seleksi santri, 3) kualifikasi dan rekrutmen tenaga kependidikan yang sesuai dengan pesantren mahasiswa, 5) pelaksanaan proses belajar mengajar, dan 6) manajemen pembelajaran di pesantren mahasiswa.

Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang bersifat kualitatif. Pendekatan evaluasi yang digunakan untuk mengembangkan knteria adalah gabungan pendekatan proses dm fidelity, sedang metode yang digunakan adalah metode etnografi. Penelitian ini dilaksanakan di Pesantren Aji Mahasiswa Al Muhsin Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan terlibat, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah menggunakan model analisis interaktif. Pemeriksaan keabsahan penelitian dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber data dan metode.

Berdasarkan pembahasan yang dilakukan, hasil penelitian yang dapat dikemukakan adalah: 1) Santri yang belajar adalah mahasiswa yang belajar di perguruan tinggi. Seleksi yang diadakan terhadap calon santri tidak mampu mengungkap seluruh aspek santri, yaitu dengan ditunjukkan santri keluar bukan karena lulus dari perguruan tinggi. 2) Rekrutmen ustadz berdasar atas kompetensi profesional. 3) Kurikulum yang digunakan mengikuti perkembangan masyarakat, sehingga bermanfaat untuk kehidupan santri. 4) Tempat tinggal dan lingkungan belajar cukup kondusif untuk belajar. 5) Proses belajar mengajar sudah berjalan baik dan berkualitas karena ustadz menguasai materi, menggunakan berbagai macam metode dan model-model pembelajaran dan dilakukan dengan penuh keikhlasan dan tanggung jawab. 6) Manajemen pesantren cukup baik, karena pengasuh sebagai manajer yang mengorganisir seluruh kegiatan pesantren dan pengasuh dijadikan panutan dalam bimbingan santri. Berdasarkan temuan hasil penelitian, pembelajaran mempengaruhi pola sikap dan pola fikir santri, baik yang belajar formal di perguruan tinggi umum maupun di perguruan tinggi agama.

First Page

157

Last Page

170

Issue

3

Volume

2

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v2i3.2092

Share

COinS