Keywords
evaluation of curriculum implementation, process skill approach, biologi learning, mixed-method
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi program pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Bone Bolango berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model Countenace Stake. Pengumpulan data menggunakan teknik, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran IPA termasuk kategori cukup (68%), ditemukan belum adanya kesesuaian antara RPP dengan standar proses pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran IPA termasuk kategori cukup (57%), belum adanya kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan standar proses pelaksanan pembelajaran; dan (3) hasil belajar peserta didik belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan aktualitas ketercapaian 65% kategori cukup. 4) terdapat contingency antara perencanaan, pelaksanaan dengan hasil belajar IPA, yang perencanaan pembelajaran dengan kategori yang cukup menyebabkan guru melaksanakan pembelajaran belum sesuai standar proses sehingga hasil belajar peserta didik belum memenuhi KKM.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Countenance Stake, Pembelajaran IPA
______________________________________________________________
THE EVALUATION OF SCIENCE TEACHING ON JUNIOR HIGH SCHOOL USING STAKE'S COUNTENANCE MODEL
Abstract The purpose of the study was to describe the science learning program on junior high school in Bone Bolanga district based on the Regulation of Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia, Number 65 of 2013 about Processing Standard of Primary and Secondary Education. This study used Stake's Countanance evaluation model. The data were collected using observation, interview and documentation techniques. The conclusion was: (1) the planning of science learning was categorized fair (68%), it was found that lesson plan was not in accordance with the learning processing standard. (2) The implementation of science learning was categorized fair (57%), that unconformitted with learning processing implementation standard. (3) Student learning outcomes have not met the completeness of minimum criteria (KKM) that categorized enough (65%) and (4) There were the contingency of planing learning proces and outcome. Keywords: Program Evaluation, Stake's Countenance, Science Learning
First Page
25
Last Page
37
Issue
1
Volume
19
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v19i1.4552
Recommended Citation
Lukum, Astin
(2015)
"EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN IPA SMP MENGGUNAKAN MODEL COUNTENANCE STAKE,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 19:
Iss.
1, Article 3.
DOI: 10.21831/pep.v19i1.4552
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol19/iss1/3
References
Alfiero, L., Apanovitch, C., Bearor, J., McNulty, G., Michaud, J., & Simmonds, S. (2008). Cape Elizabeth Schools Curriculum Management Plan. Towson: Baltimore County Public Schools.
Arikunto, S., & Jabar, C. S. A. (2004). Evaluasi Program Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Praktisi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Brannen, J. (2005). Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Cetakan ke VI. Yogyakarta: Penerbit Fakultas Tarbiyah IAIN Antasari Samarinda bekerjasama dengan Pustaka Pelajar. ISBN: 979-8581-107-9.
BSNP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.
Carin, A. A., & Sund, R. B. (1989). Teaching Science Through Discovery. Sixth Edition. Melbourne: Merrill Publishing Company.
Claeys, C., Neve, J., Tulkens, P. M., Spinewine, A. (2012). Content Validity and Inter-rater Reliability an Instrument to Characterize Unintentional Medication Discrepancy. Original Research Article. Drugs Aging. Springer International Publishing, A.G., 20(7), 577-591.
Creswell, J. W. (2008). Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Third Edition. Pearson International Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
Djohar. (15 Mei 2003). Gambaran Umum Program Pembaharuan Pendidikan MIPA dan Bahasa Inggris. Makalah disampaikan pada Penataran Guru Penelitian di YAMB, Yogyakarta.
Setiadi, H., Ghani, A. R. A., & Suyatno. (2006). Evaluasi Pendidikan: Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Uhamka Press.
Hayat, B. (2006). Prinsip-prinsip dan Strategi Penilaian Kelas. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional.
Kemendiknas. (2006a). Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas RI.
Kemendiknas. (2006b). Peraturan Mendiknas No. 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan Tingkat Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas RI.
Kemendiknas. (2007). Peraturan Mendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Pelaksanaan Kurikulum pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas RI.
Madaus, G. F., Scriven, M., Stufflebeam, D. L. (1986). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Boston: Kluwer Nijhoff Publishing.
Martin, R., Sexton, C., Franklin, T., & Gerlovich, J. (2005). Teaching Science for All Children: Inquiry Methods for Constructing Understanding. New York: Pearson Education, Inc.
OECD. (2010). PISA 2009 Result: Executive Summary. 1-21.
Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan. (2007). Naskah Akademik Kebijakan Kurikulum Mata Pelajaran IPA. Jakarta: Depdiknas RI.
Smith, T. M., Desimone, L. M., Zeidner, T. L., Dun, A. C., Bhatt, M., & Rumiyanseva, N. L. (September 2007). Educational Evaluation and Policy Analysis. Inquiry-oriented Instruction in Science: Who Teaches That Way? Pro-Quest Education Journals, 29(3), 169-199.
Steinmetz, A. (2000). The Discrepancy Evaluation Model. Evaluation Models: Evaluation in Education and Human Services. In: Stufflebeam, D. L. (Ed.), Madaus, G. F., Kellaghan, T. (Eds.), Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. ISBN: 978-0-7923-7884-6 (Print) 978-0-306-47559-7 (Online), 49, 127-143.
Stufflebeam, D. L.; Madaus, G. F.; Kellaghan, T. (2002). Evaluation Models: Viewpoints on Educational and Human Services Evaluation. Second Edition. Kluwer Academic Publishers. New York. 509 pgs.
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003.
Wheeler, S. L. (2012). From Discrepancy Evaluation to Response to Intervention (RTI): Are We Ready in Higher Education? Dissertation. Published by ProQuest LLC (2012). UMI 3544014. Microform Edition © Pro-Quest LLC.
Widoyoko, S. P. (2008). Peranan Evaluasi Program Pembelajaran dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Makalah penyerta disampaikan dalam Seminar Strategi Peningkatan Kualitas Pendidikan pada tanggal 22 Maret 2008, di PPS UNY, Yogyakarta. Kerjasama PPS UNY-HEPI.
Worthen, B. R., & Sanders, J. R. (1981). Educational Evaluation: Theory and Practice. Washington: Charles A. Jones Publishing Company.