Keywords
cultural arts
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya di SMA Kabu-paten Lombok Timur. Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dideskripsikan sesuai Permendiknas No.41 Tahun 2007, yang meliputi empat komponen, yaitu perencanaan, pelaksanaan, penilaian, dan pengawasan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif deskriptif menggunakan Model Evaluasi Kesenjangan terdiri dari tiga tahap yaitu tahap telaah standar, tahap deskripsi penampakan di lapangan, dan tahap komparasi penampakan dengan standar yang ditetapkan. Sampel penelitian terdiri dari 5 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta di Kabupaten Lombok Timur, dengan jumlah responden 256 orang, terdiri atas 8 guru Seni Budaya, 8 Kepala Sekolah, dan 240 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket, dan analisis dokumen. Instrumen pengumpulan data terdiri dari lembar observasi, angket, dan lembar dokumentasi. Validasi instrumen dilakukan dengan metode Expert Judgement, dan uji reliabilitas instrumen angket menggunakan estimasi Alpha Cronbach dengan koefisien sebesar 0,725. Data yang terkumpul dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian ini sebagai berikut. (1) Perencanaan proses pembelajaran kurang baik; (2) Pelaksanaan proses pembelajaran kurang baik; (3) Penilaian proses pembelajaran cukup baik; (4) Pengawasan proses pembelajaran kurang baik; (5) Secara keseluruhan, ada kesenjangan antara pelaksanaan proses pembelajaran Seni Budaya SMA di Kabupaten Lombok Timur dengan standar minimal Permendiknas No.41 Tahun 2007.
Kata kunci: seni budaya
______________________________________________________________
AN EVALUATION OF CULTURAL ARTS LEARNING PROCESS AT SENIOR HIGH SCHOOLS IN LOMBOK TIMUR REGENCY, NTB
Abstract This study aims at describing the Cultural Arts learning at senior high schools in East Lombok district. The Cultural Arts learning was described based on the Decree of Minister of National Education No. 41 of 2007, which involves four components, i.e. planning, implementation, assessment, and supervision of the learning process. The study was an evaluation research using a quantitative descriptive approach. The evaluation model used in this research was discrepancy evaluation model with three phases: standard analysis, description of the actual performances in the field, and comparison between the actual performances and the established standards. The samples were 5 public and 3 private schools in East Lombok Regency with 256 respondents, consisting of 8 Cultural Art teachers, 8 school principals, and 240 students. The data were collected by using observation technique, questionnaire, and documentation. The data collection instruments were observation sheets, questionnaires, and documentation sheets. Validation of the instrument was conducted by using expert judgement. To test the questionnaire reliability, this study used Alpha Cronbach estimation with a coefficient of 0.725. The collected data were analyzed using quantitative descriptive techniques. The results are as follows. (1) The planning of learning is not yet maximum; (2) The learning process is not yet maximum; (3) The assessment of the learning processes is quite good; (4) The supervision of the learning process also is not yet optimal; (5) In general, there is a discrepancy between the implementation of the learning process and the minimum standards which have been set in the Decree of the Minister of National Education No.41 of 2007.
Keyword: cultural arts
First Page
287
Last Page
303
Issue
2
Volume
17
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v17i2.1701
Recommended Citation
Raharja, Jien Tirta and Retnowati, Trie Hartiti
(2013)
"EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA SMA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR, NTB,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 17:
Iss.
2, Article 7.
DOI: 10.21831/pep.v17i2.1701
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol17/iss2/7
References
Azwar, Saifudin. 2012. Tes prestasi: fungsi dan pengembangan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Badan Pusat Statistik. (2011). Statistik krimi- nal 2011. Jakarta: BPS
Ghazali, Imam. 2010. Kompetensi guru seni budaya dalam pembelajaran seni mu- sik di SMA Kota Pontianak Kaliman- tan Barat. Tesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia, diunduh 18 Juli 2012 pkl. 21.30 WIB melalui www.repository.upi.ac.id
KPP dan PA., Badan Pusat Statistik. (2011). Profil anak 2011. Jakarta: CV. Miftahur Rizky
Kementerian Pendidikan Nasional. (2006). Buku standar isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: BSNP
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional no. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.