Keywords
prasekolah, instrument, tes, keterampilan renang
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) mengembangkan instrumen tes keterampilan renang usia prasekolah, (2) mengetahui validitas dan mengestimasi reliabilitas instrumen tes keterampilan renang usia prasekolah, (3) menciptakan butir-butir instrumen tes keterampilan renang usia prasekolah yang valid. Metode penelitian menggunakan research and development. Subjek penelitian adalah 50 siswa prasekolah usia 4-6 tahun. Instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan kuesioner. Validitas diketahui dengan validitas isi dan reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan formula alpha dari cronbach. Hasil penelitian berupa instrumen tes keterampilan renang usia prasekolah yang valid. Hasil estimasi reliabilitas sebesar 0,0994, yang selanjutnya direvisi hingga memeroleh produk final. Kata kunci: prasekolah, instrument, tes, keterampilan renang
First Page
146
Last Page
165
Issue
2
Volume
14
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v14i2.1076
Recommended Citation
Susanto, Ermawan
(2010)
"Pengembangan Tes Keterampilan Renang Anak Usia Prasekolah,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 14:
Iss.
2, Article 1.
DOI: 10.21831/pep.v14i2.1076
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol14/iss2/1
References
Bichler, R.F., Snowman, J. (1984). Psycology Applied to Teaching (7th ed) Toronto: Houghton Mifflin Company.
Bompa, T.O. (2000). Theory and Methodology of Training. Dubuque Iowa: Kendal/Hut Publishing Company.
Borg, W.R. and Gall, Meredith, Damien. (1983). Educational Research: An Introduction Fourth Edition. New York: Longman Inc.
Cesari, Judy. (2001). Teaching Infant and Preschool Aquatics: Water Experiences the Australian Way. Victoria: AUSTSWIM Inc.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Pendidikan Anak Usia Dini. Taman Kanak-kanak dan Raudatul Athfal. Jakarta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Langendorfer J. Stephen & Bruya D. Lawrence. (1995). Aquatic Readinesss. Developing Water Competence in Young Children. California: Human Kinetics Publisher Inc.
Syamsu Yusuf. (2004). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja . Bandung: Remaja Rosadakarya.
Sugiyono. (2003). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: Kesuma Karya.
Sutrisno Hadi. (2004). Metodologi Riset, Jilid 2. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.
Thorndike, Robert L. (1982). Applied Psycometrics. Massachusetts: Houghton Mifflin Company.