Keywords
pengukuran kualitas layanan tridharma perguruan tinggi
Document Type
Article
Abstract
Paper ini mengemukakan hasil penelitian yang mengembangkan dan memvalidasi skala pengukuran kualitas layanan pendidikan tinggi, yang merupakan penjabaran dari tridarma perguruan tinggi. Berdasarkan adaptasi model Service Quality 5-dimensi sebagaimana dalam Parasuraman, Zeithaml dan Barry (1993), instrumen 16-butir kualitas layanan pengajaran (teacbqnal), 14-butir kualitas layanan penelitian (resqual), dan 11-butir kualitas layanan pengabdian masyarakat (p/tbqual) dibuat untuk menilai kualitas layanan pendidikan. Masing-masing istrumen menggambarkan sikap dan perilaku mahasiswa mengenai kinerja layanan perguruan tinggi. Instrumen tersebut menilai kualitas secara fungsional (process) maupun teknikal (output-outcome). Tiga ratus sebelas mahasiswa program sarjana tahun terakhir sebagai responden intsrumen. Unidimensional, reliabilitas, validitas isi, validitas terkait-kriterion, validitas konvergen, validitas diskriminan, dan validitas nomologikal diperiksa dengan menggunakan Structural Equation Modeling. Instrumen KLTPT telah dikembangkan dan berpotensi aplikasi untuk ekplorasi bagi para praktisi dan peneliti.
Kata kunci: pengukuran kualitas layanan tridharma perguruan tinggi
First Page
37
Last Page
61
Issue
1
Volume
14
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v14i1.1975
Recommended Citation
Ihsan, Hisyam and Ruslan, Ruslan
(2010)
"Pengemabnagn dan Validasi Skala Pengukuran Kualitas Layanan Tridarma Perguruan Tinggi,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 14:
Iss.
1, Article 3.
DOI: 10.21831/pep.v14i1.1975
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol14/iss1/3