•  
  •  
 

Keywords

media pembelajaran, simulasi, CNC virtual

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan prototype tampilan lingkungan fisik sebuah mesin bubut CNC (Virtual Reality CNC) pada layar komputer yang dapat menerima masukan dan dioperasikan sebagaimana suatu mesin CNC dan (2) menguji keefektifan prototype mesin CNC Virtual tersebut sebagai media interaktif pembelajaran pemrograman CNC. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Obyek penelitian adalah rekayasa pemrograman dengan bahasa Visual Basic 6 guna menghasilkan mesin CNC Virtual. Subjek penelitian ini adalah dosen dan mahasiswa peserta kuliah CNC di FT UNY, guru dan siswa pebelajar CNC di SMK, ahli teknologi pembelajaran, dan ahli media pendidikan. Data dikumpulkan dengan observasi, kusioner, dan tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1) prototype media interaktif mesin CNC virtual berhasil diwujudkan sesuai perencanaan, yaitu dapat menghadirkan lingkungan fisik mesin CNC yang terdiri, kontrol panel, layar komputer, dan sistem penjepitan benda kerja, (2) prototype media dapat menyimulasikan fungsi komponen virtual seperti saklar utama, saklar pemutar spindel utama, dan tombol-tombol pada mode pengoperasian CNC dengan baik dan mampu menampilkan simulasi gerakan pahat meskipun sebatas pada kode program tertentu, dan (3) prototype mesin CNC virtual efektif untuk digunakan sebagai media interaktif pembelajaran pemrograman CNC. Kata kunci: media pembelajaran, simulasi, CNC virtual

First Page

165

Last Page

181

Issue

2

Volume

13

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v13i2.1408

References

Agung, Novian. (2004). Panduan microsoft visual basic. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Emco Meier. (1992). Manual programing CNC TU-2A. Austria: Emco Meier.

Groover, Mikel P.,&Zimmers, Emory W. Jr. (1984). Computer design and manufacturing. New York: Prentice-Hall International, Inc.

Sidi,I. D.(2001). Menuju masyarakat belajar, menggagas paradigma baru pendidikan. Jakarta: Paramadina kerjasama Logos Wacana Ilmu.

Pannen, P., dkk. (1999). Cakrawala pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Soenarto. (2005). Metodologi Penelitian Pengembangan Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran.Departemen Pendidikan Nasional: Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Pendidikan Tinggi (PPTK dan KPT).

Sommerville, Ian. (2003). Software engineering, rekayasa perangkat lunak. Jakarta: Penerbit Erlangga

Team. (2004). Software testing guide book part 1: Fundamentals of software testing. Software Testing Research Lab: http://www.SofTReL.org

Wen-Chai Song & Shih-Ching Ou. (2003). Using virtual reality modelling to improve training techniques. Taiwan: National Central University

Williams, Laurie. (2004). Testing overview and black-box testing techniques.

Share

COinS