•  
  •  
 

Keywords

Karya seni lukis anak, teori Generalizability, teori G (Generalized study), dan D (Decision study)

Document Type

Article

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen penilaian yang sahih dan andal untuk mengukur hasil belajar seni lukis anak. Melalui instrumen tersebut para guru seni lukis pada pendidikan dasar dapat melakukan penilaian secara objektif. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penetapan konstruk instrumen penilaian proses dan produk dilakukan melalui pendapat pakar pendidikan seni, pakar seni lukis anak, pakar pengukuran, dan praktisi. Subjek penelitian adalah peserta didik sekolah dasar kelas satu, dua, dan tiga dan guru seni lukis di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta, MIN Tempel, dan SDN Langen Sari Yogyakarta. Penentuan koefisien reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan paket program genova berdasarkan teori Generalizability yang dikembangkan oleh Crick dan Brennan yang terdiri atas teori G (Generalized study) dan D (Decision study) yang komponen variansinya adalah person, rater, item, interaksi person dan rater, dan kesalahan, serta dengan koefisien interrater Cohen's Kappa. Validitas instrumen penilaian seni lukis anak di sekolah dasar telah teruji melalui focus group discussion sebanyak 3 kali dan sekali seminar. Reliabilitas instrumen diukur menggunakan koefisien genova dan koefisien cohen's kappa. Rata-rata koefisien Genova secara keseluruhan adalah 0,71. Adapun rata-rata koefisien Cohen's Kappa yaitu 0,82. Kedua nilai rata-rata ini telah memenuhi kriteria minimum yang disyaratkan yaitu 0,70. Kata kunci: Karya seni lukis anak, teori Generalizability, teori G (Generalized study), dan D (Decision study)

First Page

130

Last Page

149

Issue

1

Volume

13

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v13i1.1406

References

Asmawi, Zainul. (2005). Alternative assessment. Jakarta: Universitas Terbuka.

Berk, Ronald. A. (1986).Performance assessment. London: The John Hopkins Press Ltd.

Brennan, Robert L. (1983). Element of generalizability theory. Iowa City: ACT Publication.

BSNP. (2006). Standar nasional pendidikan. Jakarta: BSNP.

Conrad, George. (1964). The process of art education in the elementary school. New Jersey: Prentice Hall,Inc.

Cut Kamaril. (2005). Pendidikan seni rupa/kerajinan tangan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Linderman, Earl.W.(1984). Art & crafts for the classroom. New York: Macmillan Publishing Company.

Linn, Robert L. (1990). Measurement and Evaluation in teaching. New York: Macmillan Publising Company.

Pappas, George. (1970). Concepts in art and education. London: The Macmillan Company.

Peraturan Pemerintah RI. (2005). Peraturan pemerintah, Nomor 19, tahun 2005, tentang standar nasional pendidikan.

Ricci, Corrado. (1960). L’art de bambini.Leipzig. Pedagogical Sem.3 (1906);302-307.

Rohidi, Tjetjep Rohendi. (2000). Kesenian dalam pendekatan budaya. Bandung: STISI Press.

Salam, Sofyan. (2001). Pendekatan ekspresi diri, disiplin dan multikultural dalam pendidikan seni rupa. Makalah disajikan dalam Seminar & Lokakarya Nasional Pendidikan Seni, di Jakarta.

Soesatyo. (1994). Apresiasi seni lukis anak-anak. Yogyakarta: Sanggar Melati Suci.

Share

COinS