Keywords
pengembangan tes, analisis hasil tes
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan program basis data untuk bank soal, membuat tes, dan menganalisis hasil tes secara terintegrasi. Lima paket tes matematika yaitu MAT-SK1, MAT-SK2A, MAT-SK2B, MAT-SK3A, dan MAT-SK3B dikembangkan dan kemudian diujicobakan kepada 1648 siswa dari delapan SMA di kabupaten Sukoharjo. Hasil ujicoba dianalisis dengan Bilog 3. Soal-soal tes tersebut kemudian dimasukkan ke basis data bank soal dan dibuat buku panduan untuk diujicobakan tahun berikutnya. Program komputer basis data bank soal yang dikembangkan memberikan beberapa keuntungan. Pertama, secara efektif dan optimal dapat memisahkan tabel-tabel kecil satu dengan yang lain. Kedua, proses entry data TrKerjaw dapat dilakukan secara acak dan serentak. Program komputer bekerja secara sistematis, cepat, tepat, dan akurat sehingga dapat mengatasi kerumitan dan kesulitan perhitungan, fungsi logistik, dan fungsi likelihood. Kata kunci: pengembangan tes, analisis hasil tes
First Page
40
Last Page
56
Issue
1
Volume
13
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v13i1.1401
Recommended Citation
Suwarto, Suwarto
(2009)
"PENGEMBANGAN TES DAN ANALISIS HASIL TES YANG TERINTEGRASI DALAM PROGRAM KOMPUTER,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 13:
Iss.
1, Article 4.
DOI: 10.21831/pep.v13i1.1401
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol13/iss1/4
References
Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2005). Hasil UN diumumkan hari ini. Diambil pada tanggal 1 September 2006, dari: http://www.depdiknas.go.id/go. php?a=1&to=f813.
Ghada K.Eid. (2005).The effects of sample size on the equating of test butirs [Versi elektronik]. Journal of Chula Vista. Vol. 126. Iss. 1; pg. 165, 16 pgs.
Hayat, B. (2006). Classroom assessment. Jakarta: Pusat Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Departemen Pendidikan Nasional. Diambil pada tanggal 11 April 2007, dari:http://www.duniaguru.com/index.php?option=com_content&task=view&id=104&Butirid=28.
Havelock, R.G. (1976). Planning for innovation through dissemination and utilization of knowledge. Michigan: Institute for Social Research The University of Michigan.
Linacre, J. M. (1999). Individalized testing in the classroom.New York: Pergamon.
Mislevy, R.J & Bock, R.D. (1990). Bilog 3. Mooresville: Scientific Software Inc.
Rogers Pakpahan.(2004). Surveipelaksanaan ebtanas SD, SLTP, SMU, dan SMK tahun pelajaran 1999/2000. Diambil pada tanggal 23 Desember 2004, dari http://www.pdk.go.id/jurnal/30/surveipelaksanaan ebtanassd.htm.
Suryabrata, S. (2000).Pengembangan alat ukur psikologis. Yogyakarta: Andi.
Umar, J. (1999). Butir banking. New York: Pergamon.
Van der Linden, W. J. (1999). Computerized educational testing. New York: Pergamon.
Wadrianto, G. K. (1 Juli 2005). Pemerintah prihatinkan hasil UAN. Kompas. Diambil pada tanggal 24 Mei 2007, dari: http://www.kompas.com/ utama/news/0507/01/140301.htm.