Keywords
problem based learning, diskusi kelompok
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, mengurangi kesalahan penguasaan konsep pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian tindakan kelas pendekatan problem based learning berlangsung selama tiga siklus. Penelitian dilakukan pada mata kuliah Pendidikan Kesegaran Jasmani Program Studi D2-PGSD Penjaskes, Jurusan POR FIK-UNY, pada semester genap tahun ajaran 2007/2008. Disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan keaktifan, pemahaman materi, prestasi belajar, dan kemampuan mahasiswa untuk menyelesaikan tugas individu.
Kata kunci: problem based learning, diskusi kelompok
First Page
285
Last Page
301
Issue
2
Volume
12
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v12i2.1432
Recommended Citation
Suharjana, Suharjana
(2008)
"PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH PENDIDIKAN KESEGARAN JASMANI,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 12:
Iss.
2, Article 8.
DOI: 10.21831/pep.v12i2.1432
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol12/iss2/8
References
Mudjiman, H. (2007). Belajar mandiri (self motivated learning). Solo: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNS.
Savoi, J.M.dan Hughes, A.S. (1994). Problem Based Learning as Classroom Solution. Educational Leadership. November 1994, pp.54-57.
Slameto. (1995). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suparman, A.(2002). Active learning, greating excitement in the classrom. www.udel/cte/tabook/patric/htm.
Suparno.(2005). Miskonsepsi dan perubahan konsep pendidikan fisika. Jakata: PT. Grafindo.
Pannen, P. (2001). Kontruktivisme dalam pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti. Departemen Pendidikan Nasional.
Wagiran.(2007).Peningkatan keaktifan mahasiswa dan reduksi miskonsepsi melalui pendekatan problem based learning. Laporan Penelitian. Yogyakarta:UNY.
Wilson B.G. & Cole,P.(1996). Cognitif Teaching Models. In Jonassen, H.H. (ed.)Hanbook of Reshearch for Educational, Communication and Technology. New York: Macmilan.