Keywords
modul, social life skill, prasekolah
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini dengan tujuan: (1) penyusunan modul "social life skill" bagi pendidik TK; (2) pengujian validitas modul, baik isi maupun keterbacaannya; (3) penyempurnaan modul atas dasar hasil ujicoba keterbacaan. Penelitian menggunakan pendekatan research and development. Modul yang disusun ada 3, dan masing-masing terdiri dari 3 sub modul. Subjek penelitian adalah pendidik TK di DIY dengan berbagai latar belakang, tingkat pendidikan dan lama pengalaman kerja. Validitas modul diuji dari segi isi oleh para pakar dalam bidangnya dan keterbacaannya oleh para pengguna dengan menggunakan teknik cloze. Modul dapat diterima dari sisi validitas isi melalui expert judgement; sedang validitas keterbacaan pada ujicoba kedua menunjukkan semua sub modul terkategori mudah, sehingga dapat dilepas untuk pembaca tanpa membutuhkan pendamping instruktur; (3) Penyempurnaan dilakukan dengan merevisi kata-kata yang masih dipandang cukup sulit dan menyertakan glosari pada sub modul yang bersangkutan. Kata kunci: modul, social life skill, prasekolah
First Page
213
Last Page
231
Issue
2
Volume
12
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v12i2.1428
Recommended Citation
Ayriza, Yulia
(2008)
"PENYUSUNAN DAN VALIDASI MODUL "SOCIAL LIFE SKILL" BAGI PENDIDIK ANAK-ANAK PRASEKOLAH,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 12:
Iss.
2, Article 4.
DOI: 10.21831/pep.v12i2.1428
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol12/iss2/4
References
Ancok, Dj.(2003). ”Modal sosial dan kualitas masyarakat”.Pidato Pengukuhan Guru Besarpada Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (tidak diterbitkan)
Borg, W.R.& Gall, M. D. (1983). Educational Research, An Intruduction, Fourth Edition, New York: Longman.
Brewer, J., A.(1995). Introduction to Early Childhood Education. Boston: Allyn& Bacon.
Cartledge, G.&Milburn, JF. (1995). Teaching social Skills to children and Youth.Massachusetts: Allyn and Bacon.
Curtis, A.(1988). A Curriculum for the Pre-school Child.New York: Routledge
Damaianti,V. (1991). Keterbacaan Buku-buku Teks SLTP. Tesis. Bandung: IKIP Bandung.
Depdiknas (Propinsi Jawa Barat).(2002). Life skill. Bandung: CV. Dwi Rama.
Depdiknas (Tim Broad Based Education). (2002). Kecakapan Hidup; Melalui Pendekatan Pendidikan Berbasis Luas. Surabaya: Penerbit SIC.
Harjasujana, A.S., Mulyati, Y., & Titin N. (1988). Materi Pokok Membaca. Jakarta:Depdikbud Universitas Terbuka.
Lawhon, T., & Lawhon, D., C. (2000). Promoting Social Skill in Young Children. Early Childhood Education Journal, Vol. 28, No. 2, 2000.
Ramdhani, N.(1991). “Standardisasi skala tingkah laku sosial”.Laporan Penelitian.
Reigeuth, C.M. (1983). Instructional Design Theories and Models, An Overview of Treir Current Status. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Publishers.
Tampubolon, D. P. (1990). Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien.Bandung: Angkasa.