Keywords
evaluasi, pemanfaatan laboratorium, pembelajaran biologi
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pemanfaatan laboratorium pembelajaran biologi di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model CIPP (Contex, Input, Process, Product). Subjek penelitian meliputi 5 Kepala Madrasah, 12 guru biologi dan 400 siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Sleman. Data dikumpulkan dengan angket, observasi dan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan (1) dukungan kepala madrasah terhadap program kegiatan laboratorium cukup tinggi, (2) ketersediaan sarana prasarana dalam kategori cukup, (3) pengelolaan laboratorium dalam kategori cukup, (4) pemanfaatan laboratorium dalam kategori cukup, (5) kendala-kendala yang dihadapi guru cukup tinggi, (6) minat siswa terhadap kegiatan laboratorium dan manfaat kegiatan laboratorium bagi siswa pada kategori tinggi. Kata kunci: evaluasi, pemanfaatan laboratorium, pembelajaran biologi
First Page
196
Last Page
212
Issue
2
Volume
12
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v12i2.1427
Recommended Citation
Sundari, Retna
(2008)
"EVALUASI PEMANFAATAN LABORATORIUM DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SEKABUPATEN SLEMAN,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 12:
Iss.
2, Article 3.
DOI: 10.21831/pep.v12i2.1427
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol12/iss2/3
References
Ade Kusnandar. (26 April 2007). Guru dan media pembelajaran. Diambil pada tanggal 26 April 2007, dari http://www.mediapembelajaran.com/index.php? option=com_content&task=view&id=7&Itemid=2.
Djemari Mardapi. (2005). Pengembangan instrumen penelitian pendidikan. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.
Freedman, M. P. (1997). Relationship among laboratory instruction, attitude toward sciense, and achievement in science knowledge. Journal of Research in Science Teaching(vol: 34).New York: John Willey & Sons.
Moh. Chabib Thoha. (2001). Teknik evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Nason. A. (1966). Textbook of modern biology. New York: John Willey & Sons, Inc.Nuryani, et al. (2003). Strategi belajar mengajar biologi, Bandung: Jurdik Biologi FPMIPA, Universitas Pendidikan Indonesia.
Piaget, J. (1950). The language and thought of the child. London: Routledge & Kegan Paul Ltd.
Richardson, J. S. (1957). Science teaching in secondaryschools. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.
Stufflebeam, D. L. & Shinkfield, A. J. (1985). Systematic evaluation, a self-instructional guide to theory and practice. Boston: Kluwer-Nijhoff Publishing.
Sund, R. B. (1976). Piaget for educators. Ohio: A Bell & Howell Company.
Worthern, B. R. & Sanders, J. R. (1973). Educational evaluation: Theory and practice, Belmont: Wodsworth Publishing Company Inc.