Keywords
hasil belajar ekonomi, tes formatif, kemandirian belajar
Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji ada tidaknya pengaruh tes formatif dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Ekonomi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Eksperimen dilaksanakan pada tahun pelajaran 2004/2005. Subjek penelitian adalah siswa Kelas II semester I SMA Negeri 63 dan 29 di Jakarta Selatan. Jumlah sampel 104 siswa dipilih secara acak bertahap. Eksperimen dilakukan melalui pemberian tes formatif bentuk esai dan pilihan ganda sebanyak 7 kali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan tes formatif bentuk esai dalam proses pembelajaran dapat memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan penggunaan tes formatif bentuk pilihan ganda. (2) Bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar tinggi, penggunaan tes formatif bentuk esai dalam evaluasi formatif dapat memberikan hasil belajar yang lebih tinggi dibanding dengan penggunaan tes formatif bentuk pilihan ganda. (3) Bagi siswa yang memiliki kemandirian belajar rendah, penggunaan tes formatif bentuk esai dan bentuk pilihan ganda tidak memberikan hasil belajar yang berbeda. (4) Efektivitas penggunan tes esai dan pilihan ganda dalam evaluasi formatif sangat tergantung pada tingkat kemandirian belajar siswa, pada tingkat kemandirian belajar tinggi lebih efektif digunakan tes formatif bentuk esai dan pada tingkat kemandirian belajar rendah lebih efektif digunakan tes formatif bentuk pilihan ganda. Kata kunci: hasil belajar ekonomi, tes formatif, kemandirian belajar
First Page
162
Last Page
176
Issue
2
Volume
12
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v12i2.1425
Recommended Citation
Ghani, Abdul Rahman A.
(2008)
"PENGARUH TES FORMATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 12:
Iss.
2, Article 2.
DOI: 10.21831/pep.v12i2.1425
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol12/iss2/2
References
Depdiknas.(2003). Peringkat Nilai Ujian Akhir Nasional SMU/MA Tahun Pelajaran 2002/2003.Jakarta: Depdiknas.
Badger, Elizabeth. (2002). Open-Ended Questions in Reading.Massachusetts Department of Education. Diakses 14/2-2002 darihttp://ericae.net/pare/ getvn. asp?v=3&n=4.
Bailey, Larry J(2002). The Role of Formative Evaluation. Diakses 14/2-2002 darihttp://www.siu.edu/~wed08/vitae.html.
Biggs, J.B. and P. J. Moore.(1993). The Process of Learning.Sydney: Prencite Hall.
Boston, Carol .(2002). The Concept of Formative Evaluation. University of Maryland, College Park. Diakses 20/3-2002 darihttp://ericae.net/pare/getvn. asp?v =8&n=9.
Brueckner, Leo J., Foster E. Grossnickle, and John Reckzeh (1961). Developing Mathematical Under-standing in the upper Grades. New York: Holt, Rinehart and Winston
Cardy, Philip C.(1991). What is Self-Directed Learning, in Self Direction for Longlife Learning. San Francisco: Jossey-Bass.
Clardy, Alan.(2002). Understanding Self-Directed Learning.Diakses 2/5-2002 darihttp://www.training-universitas.Com/magazine /self2.html.
Dali S. Naga.(1992). Pengantar Teori Sekor: pada Pengukuran Pendidikan. Jakarta: Gunadarma.
Ferguson, George A. and Yoshio Takane(1989). Statistical Analysis In Psycohology and Education.New York: McGraw-Hill Book Company.
Fraenkel, Jack R(1980). Helping Students Think and Value Strategies for Teaching the Social Studies. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, inc.
Gronlund, Norman E.(1985). Measurement and Evaluation in Teaching.Fifth Edition New York: Macmillan Publishing Company.
Hari Setiadi.(2001). “Studi Analisis Kemampuan Guru Mengajar dan Faktor lain yang Mempengaruhi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa-siswa di Indonesia.” Matahari. Jurnal Pendidikan dan Manajemen PPs UHAMKA, Vol. 1 No. 4. UHAMKA.
Knowles, Malcolm S.(1975). Self-Directed Learning: What is Self-Directed Leaning?New York: The Adult Education Company.
Nitko, Anthony J.(1996). Educational Assessment of Student. Second Edition. EnglewoodCliffs, New Jersey: A Simon & Scuster Company, Prentice-Hall, Inc.
Popham, W. James.(1995). Classroom Assessment, What Teachers Need to Know.Needham Heights: Allyn and Bacon, A Simon & Schuster Company.
Sudjana.(1996). Metode Statistika. Bandung: Arsito.
Sumedi, Pudjo.(2002). Mengenal Belajar Siswa untuk Mengatasi Kegagalan.Jakarta: Universitas Terbuka.
Wiersma, William and Stephen G. Jurs.(1990). Educational Measurement and Testing.Massachusetts: Allyn & Bacon.