•  
  •  
 

Keywords

model evaluasi, kualitas pembelajaran, output pembelajaran

Document Type

Article

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi program pembelajaran IPS di SMP. Model yang dikembangkan disebut dengan model evaluasi kualitas dan output pembelajaran (model EKOP). Subjek uji coba berjumlah 736 responden. Uji coba dilaksanakan di wilayah propinsi DIY dan Jawa Tengah. Proses pengembangan dilakukan melalui tiga tahap. Pengumpulan data menggunakan metode inventori sikap dan rating scale. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kecocokan model pengukuran menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Kecocokan model pengukuran menggunakan empat indikator, yaitu: 1) Chi-Square; 2) ρ-value; 3) RMSEA; dan 4) GFI. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) model EKOP merupakan salah satu model evaluasi yang baik. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian pakar, pemakai, maupun praktisi pembelajaran IPS; b) model pengukuran kualitas dan output pembelajaran IPS sudah sesuai dengan data lapangan, dan c) hasil penilaian pakar, pemakai, maupun praktisi pembelajaran IPS menunjukkan bahwa panduan evaluasi dinilai cukup baik sebagai acuan implementasi evaluasi model EKOP. Kata kunci: model evaluasi, kualitas pembelajaran, output pembelajaran

First Page

40

Last Page

54

Issue

1

Volume

11

Digital Object Identifier (DOI)

10.21831/pep.v11i1.1417

References

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An Introduction. NewYork & London: Longman

Djemari Mardapi. (2000). Evaluasi pendidikan. Makalah disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19 –23 September 2000 di Universitas Negeri Jakarta.

Imam Ghozali & Fuad. (2005). Structural equation modeling: Teori, konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 8,54. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Joreskog, K. & Sorbom, D. 1996. Lisrel 8: User reference guide. Chicago. Scientific Software International.

Kirkpatrick, D.L. 1998. Evaluating training programs, The four levels(2nded.). San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc

Plomp,T. (1997). Development research on/in educational development. Netherlands: Twente University.

Solimun. (2002). Structural equation modeling (SEM) Lisrel dan Amos. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya

Stufflebeam, D.L. & Shinkfield, A.J. 1985. Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.

Sudiyono, A. (2003). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Share

COinS