Keywords
model evaluasi, kualitas pembelajaran, output pembelajaran
Document Type
Article
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model evaluasi program pembelajaran IPS di SMP. Model yang dikembangkan disebut dengan model evaluasi kualitas dan output pembelajaran (model EKOP). Subjek uji coba berjumlah 736 responden. Uji coba dilaksanakan di wilayah propinsi DIY dan Jawa Tengah. Proses pengembangan dilakukan melalui tiga tahap. Pengumpulan data menggunakan metode inventori sikap dan rating scale. Analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Analisis kecocokan model pengukuran menggunakan confirmatory factor analysis (CFA). Kecocokan model pengukuran menggunakan empat indikator, yaitu: 1) Chi-Square; 2) Ï-value; 3) RMSEA; dan 4) GFI. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa: a) model EKOP merupakan salah satu model evaluasi yang baik. Hal ini didasarkan pada hasil penilaian pakar, pemakai, maupun praktisi pembelajaran IPS; b) model pengukuran kualitas dan output pembelajaran IPS sudah sesuai dengan data lapangan, dan c) hasil penilaian pakar, pemakai, maupun praktisi pembelajaran IPS menunjukkan bahwa panduan evaluasi dinilai cukup baik sebagai acuan implementasi evaluasi model EKOP. Kata kunci: model evaluasi, kualitas pembelajaran, output pembelajaran
First Page
40
Last Page
54
Issue
1
Volume
11
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v11i1.1417
Recommended Citation
Widoyoko, Sugeng Eko Putro
(2008)
"PENGEMBANGAN MODEL EVALUASI KUALITAS DAN OUTPUT PEMBELAJARAN IPS DI SMP,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 11:
Iss.
1, Article 3.
DOI: 10.21831/pep.v11i1.1417
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol11/iss1/3
References
Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research: An Introduction. NewYork & London: Longman
Djemari Mardapi. (2000). Evaluasi pendidikan. Makalah disampaikan pada Konvensi Pendidikan Nasional tanggal 19 –23 September 2000 di Universitas Negeri Jakarta.
Imam Ghozali & Fuad. (2005). Structural equation modeling: Teori, konsep dan aplikasi dengan program Lisrel 8,54. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Joreskog, K. & Sorbom, D. 1996. Lisrel 8: User reference guide. Chicago. Scientific Software International.
Kirkpatrick, D.L. 1998. Evaluating training programs, The four levels(2nded.). San Francisco: Berrett-Koehler Publisher, Inc
Plomp,T. (1997). Development research on/in educational development. Netherlands: Twente University.
Solimun. (2002). Structural equation modeling (SEM) Lisrel dan Amos. Malang: Fakultas MIPA Universitas Brawijaya
Stufflebeam, D.L. & Shinkfield, A.J. 1985. Systematic evaluation. Boston: Kluwer Nijhof Publishing.
Sudiyono, A. (2003). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada