Document Type
Article
Abstract
Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam bahasa Inggris dengan memberdayakan objek yang sering dijumpai dan dilabikan siswa dalam kehidupan sehari-hari.
Penelitian tindakan kelas ini mempergunakan model Kemmis & McTaggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Kegiatan yang dilaksanakan setiap tahap mehputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang dikumpulkan adalah nilai kemampuan menulis yang didapatkan melalui observasi kelas, catatan lapangan, wawancara, petekaman, dan studi dokumenter.
Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa menjadi lebih aktif dalam mengekspresikan ide dan gagasan, baik secara lisan maupun tertulis, (2) motivasi dan gairah siswa dalam belajar bahasa Inggris meningkat, dan (3) keterampilan siswa dalam menciptakan teks berbahasa Inggris meningkat. Dengan demikian, melalui pengembangan keterampilan menulis dengan memberdayakan objek yang sering dijumpai siswa dalam kehidupan siswa sehari-hari, keterampilan menulis siswa dalam bahasa Inggris menjadi lebih baik.
Kata kunci: keterampilan menulis, objek nyata.
First Page
279
Last Page
291
Issue
2
Volume
10
Digital Object Identifier (DOI)
10.21831/pep.v10i2.1989
Recommended Citation
Pujiastuti, Ani
(2007)
"Meningkatan Keterampilan Menulis dalam Bahasa Inggris untuk Siswa SMP dengan Memberdayakan Objek Nyata yang Berada dalam Kehidupan Siswa Sehari-Hari,"
Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan: Vol. 10:
Iss.
2, Article 10.
DOI: 10.21831/pep.v10i2.1989
Available at:
https://scholarhub.uny.ac.id/jpep/vol10/iss2/10